Beda jenis filter udara mobil maka berbeda pula cara perawatannya. Belum lagi, beda jenis filter udara mobil tentu akan beda pula harga perawatannya. Apakah Anda sudah tahu jenis filter udara pada kendaraan yang Anda gunakan dalm keseharian.

Artikel kali ini akan mengupas tuntas mengenai perbedaan dari setiap jenis filter udara mobil. Selain itu kita juga akan membahas perkiraan harga untuk setiap penggantian filter udara mobil. Sehingga, Anda dapat memperkirakan kapan dan berapa biaya untuk ganti filter udara mobil.

Walau fungsinya sama, namun ternyata ada beberapa jenis bahan filter udara mobil yang tersedia dipasaran. Masing-masing bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Saat ini, dipasaran sendiri ada tiga jenis filter udara mobil.

Apa saja jenis filter udara mobil tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

Jenis Filter Udara Mobil

Ada tiga jenis filter udara mobil yang ada saat ini. Yaitu kertas, busa, dan juga kain. Yang memebedakan dari ke-tiga filter ini selain bahannya adalah kelebihan dan kekurangan masing- masing jenis.

Namun, pada sejatinya tetap memiliki fungsi yang sama. Yaitu sebagai penyaring debu dan juga partiel kotoran yang sangat halus ke dalam mesin mobil. Dimana proses penyaringan ini dilakukan untuk menghalau kotoran masuk ke ruang pembakaran.

Sebab, seiring berjalannya waktu, debu dan juga kotoran yang sudah disaring akan menumpuk dan menyumbat pori-pori filter. Dari ke- tiga jenis filter udara mobil ini hanya cara membersihkannya yang berbeda.

Baca Juga: Membersihkan Mesin Mobil: Tips Mudah & Lebih Awet

Filter Udara Berbahan Kertas

Jenis filter udara mobil yang paling umum adalah terbuat dari material kertas. Filter jenis ini mempunyai julukan dry paper filter. Filter jenis ini menggunakan bahan kertas sebagai elemen saring utamanya.

Keunggulan jenis ini adalah daya saring kertas untuk menangkal debu dan kotoran jangan sampai masuk ke ruang mesin amat ampuh. Bahkan sampai partikel dengan ukuran amat kecil bisa disubat oleh filter berbahan kertas.

Jenis Filter Udara Mobil
Jenis Filter Udara Mobil (Sumber Gambar: Google)

Sedangkan kekurangan dari filter udara berbahan kertas adalah tidak boleh dibersihkan menggunakan air, air sabun, atau bahkan sampai disikat. Karena jika hal tersebut dilakukan maka akan membuat sobek elemen filter.

Cara membersihkannya, cukup menyemprotkan udara bertekanan tinggi untuk mengusir debu maupun kotoran halus yang menempel. Anda dapat menggunakan bantuan kompresor untuk membuatnya semakin bersih.

Filter Udara Berbahan Busa

Filter udara berbahan busa adalah jenis filter udara mobil yang selanjutnya. Pada filter berbahan busa ada lapisan busa yang diberi oli, sehingga filter yang satu ini juga mendapatkan julukan wet foan filter. Nah, nantinya oli inilah yang akan menagkanp kotoran yang berukuran sangat kecil.

Sehingga debu dan kotoran berukuran sangat kecil tidak ikut masuk ke ruang mesin. Kekurangan dari filter jenis ini adalah filter ini tidak memiliki umur yang panjang. Jadi kemampuan untuk digunakan berulang-ulang sangat rendah.

Karena ketika filter jenis ini sudah dipenuhi oleh debu, lapisan oli pada busa filter akan amat suit dibersihkan. Karena itulah, seringkali filter seperti ini digunakan dalam sekali pakai. Lalu bagimana cara memebrsihkan ilter ini?

Jenis Filter Udara Mobil
Jenis Filter Udara Mobil (Sumber Gambar: Google)

Caranya adalah dengan menggunakan campuran air dan deterjen untuk merendam filter udara berbahan spons. Goyang-goyang spons agar kotoran terlepas. Karena mudah sobek, spons jangan diperas terlalu keras, secukupnya saja. Keringkan spons dengan cara diangin-anginkan.

Filter Udara Berbahan Kain

Jenis filter udara mobil yang terakhir adalah filter udara berbahan kain. filter jenis ini sangat baik digunakan untuk menyaring kotoran dan sangat mudah untuk dibersihkan. Selain itu, bahan kain juga bisa digunakan dalam jangka waktu cukup lama dibanding kertas atau busa.

Sehingga usia penggunaan filter yang satu ini jika mendapatkan perawatan yang baik akan lama, sebab dapat digunakan berulang- ulang. Cara memebrsihkannya juga mudah. Dimana Anda dapat menggunakan sabun cuci dan air untuk mencuci dan membilas penyaring udara berbahan kain.

Gunakanlah cairan cleaner atau degreaser khusus filter udara agar debu dan kotoran yang menempel pada permukaan elemen filter dapat dilepaskan.Untuk membersihkan sisa-sisa debu atau kotoran halus, semprot filter dengan udara bertekanan dari kompresor.

Jenis Filter Udara Mobil
Jenis Filter Udara Mobil (Sumber Gambar: Google)

Harga Filter Udara Mobil

Meskipun Anda rajin mebersihkan debu atau kotoran pada folter, pada jarak tertentu Anda tetap harus mengganti filter udara mobil Anda. Kapan waktu untuk mengganti filter udara mobil?

Sangat disarankan untuk menggunakan patokan jarak bukan waktu. Dimana Waktu penggantian filter ketika mobil sudah menempuh jarak 30 ribu hingga 40 ribu kilometer. Namun, Anda juga harus memperhatikan medan jalan yang sering dilewati, Apabila kendaraan sering melewati jalan yang berdebu, maka ada baiknya ganti setiap jarak 20 ribu hingga 25 ribu kilometer.

Sedangkan untuk harga pengantian setiap filetr tentu berbeda. Ya, hal ini tergantung jenis filter udara mobil yang akan Anda pilih. Namun, ada beberepa estimasi yang dapat Anda gunakan sebagain acuan.

Baca Juga: Yuk Kenali Jenis Ban Sepeda Motor & Fungsinya!

Dimana, pada umumnya, harga filter jenis kertas berkualitas baik dikisaran Rp100 ribu – Rp200.000. Dan untuk berbahan busa kualitas baik Rp200 ribu – Rp350 ribu, lalu kain Rp300 ribu – Rp450 ribu. Ya, harga dari filter kain sendiri lebih mahal dikarenakan kualitasnya yang jauh lebih baik dibandingkan kertas dan juga busa.

Dan itu dia jenis filter udara mobil yang perlu kamu ketahui beserta harga dan juga kualitasnya. Perlu diingat, pilihlah filter udara yang berkualitas dan cocok untuk kondisi medan jalan yang sering kamu lalui.

Filter udara adalah Satu dari beberapa komponen pada mobil yang wajib untuk rutin dibersihkan. Selain itu perawatan komponen ini juga cukup mudah sehingga dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Kenalilah jenis filter udara mobil yang Anda gunakan. Sehingga, Anda tidak akan salah dalam cara membersihkannya.

Sama halnya dengan komponen lain yang mendapatkan perawatn rutin. Filter uadar juga akan berpengaruh pad performa mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *