Selain ban serep, dongkrak juga peralatan wajib yang kamu bawa ketika akan melakukan perjalanan jauh. Sebab, alat ini akan sangat membantu ketika ban mobil bermasalah dan harus diganti. Bisa dikatakan alat ini satu paket dengan ban.

Perlu diketahui bahwa dongkrak memiliki berbagai jenis, loh. Dimana setiap jenis dongkrak mobil memiliki caranya sendiri untuk digunakan. Yups, meskipun jika dilihat sepertinya cara menggunakan dongkrak sepertinay sama saja, namun jangan sampai ketika Anda mencobanya malah kebingungan.

Biasanya ketika Anda membeli mobil baru, maka mobil sudah dilengkapi dengan dongkrak. Dongkrak yang disertakan biasnaya adalah dongkrak ketupat. Dimana dongkrak ini ukurannya lebih ringkas, murah, dan mudah digunakan.

Dongkrak mobil biasanya disimpan di bagian bawah jok penumpang depan atau di bagasi mobil. Selain dongkrak ketupat masih ada beberapa jenis dongkrak mobil yang perlu Anda ketahui.

Saat ini dongkrak dihadirkan dengan berbagai macam jenis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini jenis-jenis dongkrak mobil bagaimana cara menggunakannya dengan benar.

Jenis Dongkrak Mobil: Dongkrak Ketupat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jenis dongkrak mobil yang satu ini biasanya akan Anda dapatkan ketika membeli mobil baru. Dongkrak yang satu ini juga biasa disebut dnegan dongkrak jembatan atau bahkan dongkrak gunting.

Saat Anda membeli kendaraan roda empat baru, maka Anda akan diberikan dongkrak gunting. Jadi, dapat dikatakan bahwa dongkrak ketupat merupakan sebuah peralatan standar yang harus ada di setiap kendaraan roda empat seperti mobil.

Jenis Dongkrak Mobil
Jenis Dongkrak Mobil (Sumber Gambar: Google)

Keunggulan jenis dongkrak mobil yang satu ini adalah perawatan mudah, penggunaan praktis, dan harganya terjangkau. Ukurannya yang lebih kecil, sehingga sangat mudah untuk menyimpannya.

Baca Juga: 5 Jenis Suspensi Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Lalu bagimana cara menggunakan dongkrak yang satu ini? Putar poros ulir searah jarum jam guna menaikkan bagian berat pada kendaraan. Putaran tersebut menghasilkan daya angkat. Sedangkan untuk menurunkannya atau mengendorkannya Anda cukup memutar poros ulir berlawanan arah jarum jam.

Jenis Dongkrak Mobil: Dongkrak Botol

Jenis dongkrak mobil yang selanjutnya adalah dongkrak botol. Diberi nama dongkrak botol memang karena bentuknya yang menyerupai sebuah botol. Dimana jenis dongkrak mobil yang satu ini terdiri dari bagian tabung di bagian bawah dan tabung lebih kecil di bagian atas yang mirip leher botol.

Sedangkan untuk cara kerjanya adalah dengan dipompa menggunakan tuas yang sudah tersedia pada alatnya untuk bisa mengangkat mobil. Sementara itu, apabila Anda ingin menurunkannya, caranya adalah dengan mengendorkan katupnya. Dongkrak botol mempunyai beberapa ukuran kapasitas pengangkatan beban.

Mulai dari dua ton, lima ton, lima belas ton, dua puluh tujuh ton, hingga seratus ton. Berbagai ukuran kapasitas tersebut, mempermudah teknisi untuk melakukan pengangkatan terhadap kendaraan sesuai dengan bobot yang dimiliki. Dalam pengoperasiannya sendiri tidak membutuhkan tenaga yang banyak.

Dengan berbagai keunggulan tersebut maka tidak mengherankan jika banyak pemilik kendaraan yang menyediakannya sebagai alat bantu andalannya.

Jenis Dongkrak Mobil: Dongkrak Buaya

Jenis dongkrak mobil selanjutnya hampir sama dengan dongkrak botol. Dimana dongrak yang satu ini juga mempunyai kapasitas beban. Yups, dongkrak yang satu ini diberi nama dongkrak buaya.

Nama ini diambil karena pada bagian depannya yang terbuka saat digunakan, dimana hal ini menyerupai bentuk layaknya mulut buaya yang sedang menganga. Kapasitas jenis dongkrak mobil yag satu ini tidak sebesar dongkrak botol.

Jenis Dongkrak Mobil
Jenis Dongkrak Mobil (Sumber Gambar: Google)

Dimana penggunaan dongkrak buaya sangat cocok untuk mobil berkapasitas kecil seperti sedan. Kapasitas kekuatan dongkrak buaya bervariasi, mulai dari 1,5 ton, 2 ton, 2.5 ton, 3 ton, sampai dengan 20 ton.

Keunggulan dari dongkrak buaya bisa dimanfaatkan di berbagai tempat. Misalnya saja di tempat yang memiliki permukaan miring ataupun tidak rata. Hal ini dikarenakan dongkrak buaya memiliki bentuk yang panjang dan empat roda. Hal ini merupakan keunggulan, sebab dengan adanya roda, dongkrak buaya pun mudah dipindahkan atau digeser tempatnya.

Jenis Dongkrak Mobil: Dongkrak Botol Buaya

Jenis dongkrak mobil yang terakhir akan kita bahas adalah dongkrak botol buaya. Dari namanya saja kita bisa memastikan bahwa jenis ini merupakan gabungan dari dongkrak botol dan dongkrak buaya.

Dimana dongkrak ini mempunyai kapasitas pengangkatan yang besar sama halnya dengan dongkrak botol. Keunggulan lainnya adalah dilengkapinya dengan dua roda di masing masing sisinya, sehingga memudahkan teknisi untuk digerakkan maupun dipindahkan di berbagai tempat.

Jenis Dongkrak Mobil
Jenis Dongkrak Mobil (Sumber Gambar: Google)

Peranannya yang sangat penting tersebut, membuat dongkrak menjadi peralatan wajib di setiap tempat servis maupun bengkel. Hal ini adalah kelebihan dari dongkrak buaya. Karena itulah dongkrak botol digabung dengan dongkrak buaya yang mudah digeser namun tidak memiliki daya angkat yang kuat.

Itulah jenis dongkrak mobil yang paling umum digunakan. Sebenarnya ada belasan jenis dongkrak yang ada dipasaran. Namun, ke- empat dongkrak diatas adalah yang paling sering digunakan.

Dongkrak mobil tentunya sangat membantu Anda atau para teknisi untuk melakukan pekerjaannya dengan mudah tanpa harus bersusah payah. Fungsi utama dari car jack atau dongkrak yaitu untuk mempermudah teknisi dengan cara mengangkat bagian berat suatu kendaraan roda empat.

Biasanya dongkrak dimanfaatkan sebagai alat bantu penggantian ban. Saat roda pada kendaraan kesayangan Anda mengalami kerusakan secara tiba tiba, maka Anda harus menggantinya dengan ban cadangan.

Proses penggunaan dongkrak tersebut dikenal dengan istilah jacking, yang merupakan sebuah tindakan untuk mengangkat atau menaikkan bagian tertentu mobil menjadi lebih tinggi dari posisi semula.

Baca Juga: Cara Membersihkan Filter Udara Motor dengan Benar

Meskipun masing- masing dari jenis dongkrak menawarkan kemudahan dalam penggunaan, namun pada faktanya penggunaan dongkrak tidaklah semudah yang dilihat. Saat penggunaan dongkrak, Anda tidak dapat melakukannya secara sembarangan.

Sebab Anda harus menggunakannya sesuai prosedur agar keselamatan diri tetap terjaga. Adapun sebelum mulai mendongkrak, pastikan rem tangan sudah diaktifkan. Tambahkan juga pengganjal di setiap roda jika ingin lebih pasti mobil tidak bergerak.

Jadi, pastikan dongkrak berada dalam kabin Anda terutama saat perjalanan jauh. Sehingga, dapat membantu Anda memperbaiki kerusakan pada kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *