Cover mobil merupakan aksesoris yang penting. Meskipun begitu, cover mobil memiliki sejumlah kekurangan yang harus kalian ketahui. Sebab, kekurangan dari cover mobil ini akan merusak cat mobil Anda.

Untuk menghindari kerusakan dari kekurangan cover mobil, maka Anda perlu hati- hati dalam memilih cover mobil. Sebaiknya, ketahui jenis cover mobil agar Anda tidak salah memilihnya. Dengan mengetahui jenis cover mobil, Anda juga dapat mengetahui cara perawatan cover untuk mobil tersebut.

Ada banyak jenis cover mobil dipasaran, sehingga Anda harus mengetahuinya agar tidak salah memilih untuk mobil Anda. Cover mobil memiliki fungsi untuk melindungi mobil dari berbagai kondisi yang dapat menyebabkan kerusakan pada mobil Anda seperti air hujan, terik sinar matahari, debu serta goresan. Ini juga akan sangat membantu mempertahankan warna asli cat mobil Anda.

Jenis cover mobil pun bermacam-macam, ada cover mobil untuk dalam ruangan/indoor dan luar ruangan/outdoor. Selain itu, beberapa jenis kain yang menjadi material pembuatan cover mobil. Sebab, dibutuhkan serat kain yang licin dan halus untuk meminimalisir risiko timbulnya goresan pada saat pemasangan sarung mobil maupun saat melepasnya.

Jadi, pahami dulu untuk apa cover mobil digunakan, apakah untuk indoor atau outdoor. Sebab, hal ini akan mempengaruhi jenis kain yang dipilih untuk mobil Anda. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai jenis cover mobil.

Jenis Cover Mobil: Bahan Parasut

Jenis Cover Mobil
Jenis Cover Mobil (Sumber Ga,bar: Google)

Jenis cover mobil ini merupakan yang termurah dibandigkan dnegan yang lain. Sehingga tidak heran, jika banyak yang menggunakan bahan parasit ini untuk cover mobil. Kain ini juga bertekstur halus dan licin. Umumnya cover mobil ini berwarna silver. Sayangnya, ketahanan terhadap air kurang terjamin. Jika, tidak memiliki garasi.

Apalagi menggunakan cover mobil yang satu ini saat musim hujan. Sebab, apabila terkena air akan membuat cover ini menempel pada bodi sehingga berpotensi merusak cat. Selain itu, bahannya yang terlalu ringan juga sering membuat cover ini terlepas sendiri akibat tertiup angina.menggunakan cover ini tidak disarankan disarankan.

Kekurangan lainnya dari bahan parasut adalah bahannya yang tipis. Sehingga, jenis cover mobil ini hanya bisa sebatas menutupi mobil dari debu. Penggunaan cover ini sebaiknya dilakukan di lokasi yang berada di dalam ruangan, karena tidak memiliki sifat anti air. Di pasaran, cover mobil dengan bahan parasut tipis ditawarkan di kisaran Rp100 ribuan.

Baca Juga: Kekurangan & Kelebihan Cover Mobil Ketika Sering Digunakan

Jenis Cover Mobil: Bahan PVC

Jenis cover mobil yang selanjutnya adalah bahan PVC. Cover berbahan PVC lebih baik dibandingkan dengan Parasut. Aman digunakan diluar ruangan karena, sudah dilengkapi dengan pelindung air dan hujan. Adapun merek cover mobil berbahan PVC yang cukup populer di pasaran adalah Urban.

Namun penggunaan cover ini harus dilakukan dengan sedikit hati-hati karena bagian dalamnya yang agak kasar. Bila tidak hati-hati dalam menggunakannya, bisa jadi, menimbulkan lecet. Untuk amannya, sebaiknya pilih cover mobil berbahan PVC yang bagian dalamnya dipadukan dengan bahan halus. Jangan khawatir, saat ini sudah ada bahan PVC yang di bagian dalamnya sudah di tambah dengan bahan halus. Sehingga, cukup aman digunakan untuk mobil Anda.

Sedangkan untuk harganya, jenis cover mobil yang satu ini tentu lebih mahal dari jenis parasut. Dimana jenis cover mobil PVC yang dipadu bahan halus di bagian dalamnya dihargai di kisaran Rp500 ribuan. Sedangkan untuk yang varian biasa ditawarkan di rentang Rp300 ribuan.

Jenis Cover Mobil
Jenis Cover Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jenis Cover Mobil: Bahan Milky

Jenis cover mobil yang selanjutnya adalah bahan milky. Di pasaran, cover mobil berbahan milky ditawarkan di kisaran Rp250-300 ribuan. Milky merupakan produk yang diproduksi oleh industri rumahan. Jenis bahan ini memiliki berbagai macam warna menarik.

Sehingga dapat disesuaikan dengan penampilan Mobil. Selain itu kualitas yang ditawarkan juga terbilang baik karena cukup tangguh dipakai di luar ruangan.Sehingga sangat berbahaya bagi cat mobil, apalagi yang berwarna putih.

Hampir mirip dengan PVC hanya berada di bawah satu tingkat. Karena, tidak memiliki kekuatan menahan air hujan. Sehingga untuk jenis cover mobil berbahan milky tidak disarankan untuk musim hujan. Selain itu, warna pada cover bisa luntur bila terkena air hujan, dan mempengaruhi cat Mobil Anda.

Hal ini, karena bahan milky tidak memiliki sifat anti air yang kuat. Sehingga sangat berbahaya bagi cat mobil, apalagi yang berwarna putih. Ya, pasti tampilannya pasti jadi sangat buruk Terutama bagi Anda yang mempunyai mobil berwarna putih.

Jenis Cover Mobil: Bahan Taslan

Bahan taslan juga merupakan cover mobil yang diproduksi oleh industri rumahan. Sama dengan Milky yang juga merupakan produksi industri rumahan. Sehingga, bahan taslan juga hadir dengan beragam pilihan warna dan motif. Dibanding milky, bahan taslan lebih tebal dan lebih tahan terhadap cuaca seperti musim hujan.

Kain taslan tergolong ke dalam jenis bahan kain yang spesial, terbuat dari serat sintetis yang berkualitas tinggi. Lapisan luarnya mengkilat dan nampak seperti sarung mobil yang premium dan eksklusif. Selain itu, durabilitas dan ketahanannya terhadap air membuat sarung mobil ini unggul. Sarung mobil taslan juga mampu memproteksi permukaan bodi mobil dari goresan, debu dan kotoran.

Dalam pemilihan cover bodi mobil, pertimbangan yang terpenting adalah kesesuaian jenis materialnya dengan kondisi lingkungan sekitar serta penggunaannya, apakah outdoor ataukah indoor. Untuk harga, cover mobil berbahan taslan ditawarkan tidak berselisih jauh dengan yang berbahan milky yakni berada di rentang Rp300 ribuan.

Jenis Cover Mobil
Jenis Cover Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jenis Cover Mobil: Bahan Krisbow

Jenis bahan untuk cover mobil yang akan terakhir kita bahas adalah bahan krisbow. Ini adalah cover mobil produk lokal. Namun, kualitasnya jangan diragukan. Bahan krisbow terkenal tebal, dan cukup halus. Yang paling penting yaitu, bahan jenis ini tahan terhadap seluruh kondisi Outdoor. Bahkan kondisi ketika diguyur oleh air hujan, loh. Selain itu, bahan ini juga dapat melindungi dari sinar matahari.

Bahan yang halus tersebut membuat banyak pemilik roda empat mulai membelinya. Bahannya sendiri tidak membuat luntur ketahanan dan keawetannya memang nomor satu. Selain itu, bahannya yang halus juga tak akan merusak cat pada mobil. Selain itu, cover mobil ini menggunakan warna asli bahan yang digunakan sehingga tak mengalami luntur.

Baca Juga: Tips Membawa Bayi Berpergian Jauh Agar Tidak Rewel

Banyak pemilik mobil yang mengakui kualitas dan ketahanan cover mobil Krisbow yang disebut sangat baik. Meski begitu harga yang ditawarkan memang tak murah. Untuk ukuran terkecil yang ditujukan untuk mobil jenis city car, cover mobil Krisbow ditawarkan mulai dari Rp700 ribuan dan bisa mencapai 1,5 juta untuk ukuran terbesar bagi mobil jenis SUV. Maka jika dilihat dari segi kualitasnya sepertinya, bahan Krisbow sebanding dengan harganya.

Itulah jenis cover mobil yang dapat Anda pilih sesuai dengan kondiis mobil Anda. Ya, aksesoris mobil yang satu ini harus dimiliki oleh Anda yang mobilnya sering diparkir ditempat terbuka. Sebab, dapat melindungi dari kerusakan yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *