Jenis Bensin di Indonesia – Bensin merupakan komponen penting kendaraan. Tanpa bensin kendaraan tidak dapat berfungsi ataupun berjalan. Sering kehabisan bensin, juga dapat merusak mesin kendaraan.

Bensin digunakan sebagai sumber bahan bakar dalam pengapian dalam menggerakkan piston kemudian dilanjutkan oleh tangkai rod dalam memutar crankshaft. Di mesin 4 tak, proses tersebut berturut-turut adalah hisap, pemampatan, bakar, dan buang Bensin akan masuk dari karburator saat proses hisap, yang selanjutnya akan dibakar setelah dimampatkan guna menghasilkan tenaga dalam menggerakkan mesin.

Indonesia merupakan salah satu yang memiliki jenis bensin terbanyak. Jenis bensin di Indonesia dibedakan atas segi harga, oktan, dan komposisinya. Sehingga, pastikan bahwa Anda telah memilih jenis yang tepat untuk kendaraan Anda.

Mesin kendaraan dengan kompresi tinggi sebaiknya juga menggunakan bensin oktan tinggi. Sebab, jika menggunakan bensin oktan rendah dapat menimbulkan efek samping. Efek yang ditimbulkan antara lain terjadi lost power. Karena bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna. Selain itu, emisi gas buang menjadi lebih tinggi dan secara keseluruhan performa mesin akan merosot.

Sebaliknya, mesin kendaraan kompresi rendah juga tak disarankan menggunakan bahan bakar oktan tinggi. Efek negatifnya antara lain mesin cepat panas, bahan bakar menjadi boros, dan terjadi pre-ignition (waktu pembakaran yang tidak tepat).

Oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi.

Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi, maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus dihindari.

Namun, seringnya masyarakat kita hanya menggunakan bensin yang sesuai dengan anggaran bensin yang dimiliki. Sehingga terjadi kesesuaan dengan mesin kendaraan. Padahal masing – masing kendaraan harus disesuaikan dengan jenis bensin. Biasanya pihak penjual motor juga akan memberikan saran untuk bensin yang baik digunakan.

Bensin yang sering di dengar oleh masyarakat ada tiga jenis. Namun taukah kalian, bahwa Indonesia mempunyai enam jenis bensin?. Meskipun pemerintah saat ini judah mulai mengurangi bahkan menghentikan penggunaan bensin dengan angka oktan di bawah 90.

Tiga Jenis Bensin di Indonesia

jenis bensin di indonesia
jenis bensin di indonesia_The Zebra

Bagi Anda yang belum mengetahui jenis bensin yang ada di Indonesia, berikut adalah ulasan mengenai jenis- jenis bensin di Indonesia.

Premium

Pertama adalah jenis premium. Sebenarnya sudah banyak negara yang tidak menggunakan jenis ini. Sebab RON nya dibawah 90. Premium sendiri merupakan bensin dengan RON 88. Premium dapat digunakan pada kendaraan bermotor bensin dengan risiko kompresi rendah (dibawah 9:1). Premium adalah bahan bakar mesin bensin dengan angka oktan minimal 88. Harga Premium yang beredar saat ini adalah Rp6.460 per liternya.

Premium memiliki warna kuning cerah. Premium Dikutip dari laman resmi Pertamina, BBM jenis ini diproduksi sesuai dengan Keputusan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Np.3674/K24/DJM/2006 tanggal 17 Maret 2006 tentang Spesifikasi Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 88. Namun belakangan ini bensin jenis ini mulai ditarik daripasaran. Terkadang masih di jual di jam tertenu dan hari tertentu. Hal ini terjadi di beberapa wilayah.

Pertalite

Jenis selanjutnya adalah pertalite. Angka oktan dari jenis BBM Pertalite adalah 90. Sehingga biasa disebut dengan bensin RON 90. Hal ini dua angka lebih tinggi dibandingkan Premium. Dengan begitu, harganya pun lebih tinggi, yaitu seharga RP7.650 per liternya. Berbeda dari Premium, BBM pertalite cenderung berwarna hijau terang dan jernih. Dengan tambahan additive, kendaraan yang menggunakan Pertalite mampu menempuh jarak yang lebih jauh. Dibandingkan dengan Premium dan Pertamax, jenis BBM Pertalite terbilang masih baru, yaitu diluncurkan pada akhir Juli 2015.

Pertamax

Jenis bensin di Indonesia yang ketiga adalah Pertamax. Untuk pertamax sendiri memunyai tiga jenis dengan angka oktan yang berbeda. Oktan dari pertamax tentu lebih tinggi jika dibandingkan dengan premium dan pertalite. Sehingga, sudah dapat dipastikan bahwa harga untuk pertamax juga jauh lebih tinggi. Harganya sekitar Rp9.000.

Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI). Walaupun harga yang relatif lebih tinggi, Pertamax menerapkan ecosave technology, yaitu teknologi yang mampu membersihkan bagian dalam mesin. Selain itu, Pertamax mampu menjaga kemurnian bahan bakar dari campuran air. Dengan begitu, pembakaran mesin akan menjadi lebih sempurna.

jenis bensin di indonesia
Jenis Bensin di Indonesia_Manila Bulletin

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Instagram Tanpa Ribet Untuk Sementara dan Permanen

Jenis pertamax yang pertama adalah pertamax dengan angka ontan 92. Pertamax ini banyak dipilih oleh masyarakat. Selain kwalitasnya yang sudah baik, harganya juga lebih murah jika dibandingkan dengan jenis pertamax yang lain.

Nilai oktan 92 membuatnya cocok untuk digunakan pada mobil-mobil modern yang memiliki rasio kompresi mesin antara 10:1 sampai 11:1. Selain Pertamax, bahan bakar dengan nilai oktan sejenis lainnya ialah Shell Super atau Total Performance 92.

Pertamax yang ke dua adalah pertamax turbo. Pertamax Turbo lahir dari kerjasama antara Pertamina dan Lamborghini. Pada 2016, Pertamax Turbo diluncurkan sebagai bahan bakar resmi event Lamborghini Supertrofeo European Series. Diketahui, nilai oktan Pertamax Turbo mencapai 98, cocok untuk mobil dengan rasio kompresi mesin antara 11:1 hingga 13:1.

Baca Juga: Membeli HP Di Pegadaian: Cara Mengikuti Lelang Barang Pegadaian

Yang ketiga adalah Oktan Pertamax Racing 100. Tidak banyak yang tahu bahwa Pertamina juga menyediakan bahan bakar untuk kebutuhan balap yang dinamakan Pertamax Racing. Bahan bakar tersebut memiliki nilai oktan 100 yang hanya bisa dipakai mobil-mobil dengan mesin berkompresi di atas 13:1.

Enam jenis bensin di Indonesia merupakan yang terbanyak dibandingkan dengan negara lainnya. negara lain seperti Singapura, Australia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam hanya memiliki dua jenis bensin dengan RON di atas 90. Singapura hanya menjual bensin RON 92 dan 98. Sedangkan Australia RON 91 dan 98. Untuk Malaysia RON 95 dan 97. Serta Thailand RON 91 dan 95, dan yang terakhir Vietnam menjual RON 92 dan 95.

Sementara untuk negara India dan Myanmar memiliki tiga jenis bensin di atas RON 90. Yaitu RON 91, RON 92, RON 98 (Myanmar) dan RON 99 (India). Sedangkan China dan Filipina memiliki empat jenis bensin, di mana Filipina menjual bensin RON 91, RON 95, RON 97, dan RON 100, sementara China dimulai dari RON 89, 91, 95, dan 98.

Pastikan bahwa kendaraan Anda menggunakan bensi yang tepat. Sehingga tidak akan merusak mesin kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *