Dikarenakan sepeda motor banyak digunakan dalam banyak medan jalan dan fungsi sepeda motor banyak, maka ban sepdea motorpun dibuat menyesesuakan. Ya, ada beberapa jenis ban sepeda motor yang harus Anda sesuaikan dengan jenis motor Anda.

Tentu jenis ban sepeda motor untuk harian akan berbeda dengan sepeda motor untuk balap, bukan? Sehingga dalam memilih ban sepeda motor, ada baiknya mempertimbangkan jenis motor yang dimiliki serta tujuan penggunaan motor itu sendiri.

Untuk itu ada baiknya jika Anda mengetahui jenis ban sepeda motor, sehingga Anda tidak salah pilih. Mengingat begitu banyak jenis ban sepeda motor yang ada dipasaran.

Jenis Ban Sepeda Motor

Ban sendiri tentu mempunyai fungsi yang sangat vital untuk sebuah kendaraan. Selain digunakan untuk menggerakkan motor, banpada sebuah kendararan juga berfungsi untuk menyangga beban berat pada kendaraan baik itu berupa penumpang maupun barang bawaan. Selain itu, adanya ban juga akan membantu pengendara dalam memudahkan untuk berubah arah.

Melihat dari fungsinya yang cukup vital membuat para pengendara motor harus senantiasa memberikan perhatian lebih pada komponen yang satu ini. Salh satunya adalah dengan menggunakan jenis yang tepat untuk kendaraan Anda, termasuk sepeda motor.

Jenis ban motor cukup banyak. Berbagai jenis ini dibuat sesuai kebutuhan setiap motor dengan menyesuaikan karakteristiknya.Berikut adalah ulasan mengenai jenis ban sepeda motor dan fungsinya.

Baca Juga: Memastikan Komponen Mobil Klasik Sebelum Membelinya!

Jenis Ban Skuter

Jenis ban sepeda motor yang akan kita bahas pertama adalah jenis ban skuter. Mungkin, diantara jenis ban yang lain, jenis ini akan paling sering kita temui. Ya, seperti namanya tentu ban ini digunakan untuk jenis motor scooter.

Jenis Ban Sepeda Motor
Jenis Ban Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Namun, ban jenis ini didesain untuk ramah digunakan pada motor jenis matic maupun bebek. Sehingga jenis motor ini masih bisa menggunakan ban skuter. Ban jenis ini mempunyai ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan ban motor pada umumnya. Akan tetapi, dari sisi cengekeramannya, ban ini memiliki kualitas yang sama baiknya dengan ban cruiser.

Thread yang terdapat pada ban ini dibuat sesuai standar keamanan. Perlu diingat bahwa ban ini cocok digunakan untuk bersantai saja sehingga tidak pas bila digunakan dalam kecepatan tinggi dan berisiko selip dan tergelincir.

Jenis Ban Sport Touring

Jenis ban sepeda motor yang selanjutnya adalah Sport Touring. Darinamanya saja sudah jelas, bahwa jenis ban yang satu ini akan mendukung kegiatan touring Anda dengan sepeda motor.

Ban jenis sport touring lebih ditujukan untuk kemampuan jarak tempuh yang cukup jauh. Ban ini bisa digunakan untuk memacu motor dengan cepat. Sport touring dibentuk dengan thread yang memiliki alur cukup banyak.

Jenis Ban Sepeda Motor
Jenis Ban Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Meskipun demikian, kemampuan daya cengkram ban ini masih kalah jika dibanding dengan ban racing. Begitu pula dengan daya cengkram ban jenis ini. Namun, keunggualnnya adalah alur ban ini cukup tahan lama. Sehingga sangat cocok untuk dipasangkan pada motor yang sering digunakan untuk menempuh jarak jauh.

Namun, untuk jenis motor sport dan kegiatan touring Anda, ada baiknya memakai tipe ban yang tepat. Jadi, jangan hanya membeli ban berdasarkan ukuran, harga maupun pattern nya saja.

Jenis Ban Dry Racing

Jenis ban sepeda motor selanjutnya adalah ban dry racing. Perlu dikethui bahwa harga ban yang satu ini cenderung lebih mahal dibandingkan dengan harga jenis ban sepeda motor yang lain. Sehingga, jenis ban sepeda motor yang satu ini tidak cocok digunakan untuk motor yang digunakan sehari- hari.

Ban ini didesain untuk dapat digunakan di medan berupa area balap. Permukaannya memiliki alur thread yang tidak begitu banyak. Pada jenis dry racing, ban tersebut lebih cocok digunakan untuk medan jalanan yang kering atau terik. Alur yang minim pada ban jenis ini didesain agar ban ini dapat digunakan untuk kecepatan tinggi.

Jenis Ban Sepeda Motor
Jenis Ban Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Meski demikian, penyesuaian alur ini tetap diadaptasikan dengan kemampuan ban balap dengan risiko selip yang rendah. Ban jenis dry racing dapat dikategorikan menjadi jenis yang paling lunak. Ban ini dibuat agar tahan dalam kondisi medan berkendara yang licin sekaligus.

Jenis Ban Wet Racing

Jenis ban sepeda motor selanjutnya adalah wet racing. Ya jika jenis ban sepeda motor drry racing untuk medan jalanan yang kering atau terik, Wet Racing sebaliknya. Dimana ban ini sangat direkomendasikan untuk berkendara di arena balap yang basah atau sedang turun hujan.

Sebab ban ini memiliki permukaan dengan pola yang minim, membuat cengkraman ban ini akan sangat kuat untuk bermanuver di jalan. Selain itu, banyak kemiripan dengan ban dry racing. Dimana harga ban cenderung mahal dan bukan untuk digunakan dalam kegiatan sehari- hari.

Jenis Ban Sepeda Motor
Jenis Ban Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Jenis Ban Offroad

Selanjutnya ada jenis ban offroad yang secara visual saja sudah terlihat berbeda dengan jenis ban pada umumnya. Fungsi dari ban offroad ini adalah untuk menjelajahi medan-medan yang sulit dijangkau motor biasa. Mulai dari jalanan berbatu, berlumpur, sungai, pegunungan, bukit dan lain sebagainya.

Seperti yang kita tahu, motor off road adalah jenis motor yang digunakan di medan yang terjal. Ban jenis offroad juga disesuaikan dengan medan tersebut sehingga memiliki thread dengan bentuk yang istimewa.

Jenis Ban Sepeda Motor
Jenis Ban Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Dimana ban jeni ini terbuat dari bahan dasar karet yang keras, ban ini memiliki ketahanan yang cukup bagus. Sayangnya, karena diperuntukkan menempuh jalanan yang bermedan sulit, jenis ban ini memiliki daya cengkram yang sangat kurang jika untuk melewati jalanan aspal yang mulus.

Baca Juga: Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Injak Kopling

Tidak cukup dengan alur, ban jenis ini seakan memiliki ukiran di bagian threadnya. Ini disesuaikan dengan medan yang memang sulit seperti sungai, bebatuan terjal, maupun tanah berlumpur.

Ban jenis ini berbeda dengan ban balap bahkan perbedaannya hampir berlawanan. Ban balap dibuat dengan karakter lembut dan halus, sedangkan ban offroad dibuat dengan karakteristik yang keras.

Itulah jenis ban sepeda motor yang perlu Anda ketahui. Masih ada beberapa jenis lainnya, namun ban ditaslah yang paling umum digunakan untuk sepeda motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *