5 Jenis Ban Motor dan Fungsinya

Meski bentuknya sama- sama bulat, ternyata ada banyak jenis ban motor, loh. Ya dalam dunia otomotif baik motorpun sama seperti mobil yang mempunyai banyak jenis ban. Jenis ban motor ini juga mempunyai fungsi spsesifiknya masing- masing.

Pada umumnya, ban motor sendiri memiliki peran yang cukup penting dalam operasional sebuah kendaraan. Selain digunakan untuk menggerakkan motor, komponen ini juga berfungsi untuk menyangga beban berat pada kendaraan baik itu berupa penumpang maupun barang bawaan.

Dikarenakan fungsinya yang menyangkut kemanan dan keselamatan selama berkendara, maka jangan sampai ban Anda terlalu halus. Sebab, hal ini akan membahayakan ketika motor digunakan, apalagi ketika Anda mengerem.

Baik, artikel kali ini akan membahas lebih detail mengenai jenis ban dan fungsinya. Jenis ban ini bentuknya disesuaikan dengan kegunaan motor sekaligus medan yang akan dilalui jenis motornya.

Sedangkan segi harga pun juga berbeda. Maka, dalam memilih ban motor, ada baiknya mempertimbangkan jenis motor yang dimiliki serta tujuan penggunaan motor itu sendiri. Jadi, langsung saja berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Jenis Ban Motor: Ban Semi Slick

Jenis ban motor yang akan pertama kita bahas bernama ban Semi Slick. Apa itu ban semi slick? Jadi, ban jenis ini biasanya digunakan pada motor supersport. Ban Semi Slick memiliki komposisi karet yang tipis.

Namun, jangan salah meskipun komposisi ban tipis namun Semi Slick ini memiliki daya cengkram yang cukup baik. Maka tidak heran jika jenis ban motor semi slick cenderung lebih sering digunakan dalam arena balapan.

Perlu diketahui juga jika ban ini cenderung lebih cepat habis daipada ban normal pada umumnya. Hal tersebut bisa terjadi karena komposisi ban ini tipis dari buatan pabrikanya jika dibandingkan dengan ban jenis lainnya.

Sehingga terlihat lebih cepat habis. Untuk jarak tempuhnya bisa mencapai 1000 mil atau 1.600 km. Ban jenis ini tidak direkomendasikan untuk jalan umum. Hal ini dikarenakan daya cengeramnya hanya akan efektif pada suhu tinggi atau saat suhu ban menjadi panas.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil Listrik di Indonesia

Jenis Ban Motor: Ban Sport Touring

Jenis ban motor yang selanjutnya adalah ban sport touring. Seperti namanya, maka ban ini sangat cocok untuk touring. Jadi, bagi Anda yang suka sekali touring maka bisa mencoba ban jenis ini. Jadi, setiap ban memiliki peruntukan serta teknologi yang berbeda.

Untuk jenis motor sport dan kegiatan touring Anda, ban sport touring sangat cocok untuk digunakan. Intinya, untuk tipe ban sport touring yang satu ini memang lebih tepat digunakan pada motor yang sering menjelajah jarak jauh dan melintasi jalanan dalam berbagai medan.

Jenis Ban Motor
Jenis Ban Motor (Sumber Gambar: Google)

Ban ini bisa digunakan untuk memacu motor dengan cepat. Hal ini karena ban jenis ini lebih stabil dan tidak mudah cepat panas. Sehingga jauh lebih awet jika dibandingkan dengan ban motor semi slick. Jenis ban ini dapat digunakan oleh kendaraan ber-cc menengah ke atas. Namun ban ini juga memiliki sisi kekurangannya.

Yaitu apabila dibandingkan dengan ban sport, ban touring, jenis ban ini ini tidak memiliki daya cengkeram yang lebih baik. Selain itu untuk daya tikungnya pun tidak akan lebih baik pada ban sport. Penggunaannya yang paling banyak ditemukan pada motor sport dengan cc menengah hingga besar.

Jenis Ban Motor: Ban Offroad

Jenis ban motor yang selanjutnya adalah ban offroad. Ban offroad ini memiliki fungsi untuk untuk menjelajahi medan-medan yang sulit dijangkau motor biasa dan juga jalan terjal. Misalnya jalan berbatu, berlumpur, sungai, pegunungan, bukit dan lain sebagainya.

Jenis Ban Motor
Jenis Ban Motor (Sumber Gambar: Google)

Jadi, secara visual saja sudah terlihat berbeda dengan jenis ban pada umumnya. Sebab, ban jenis offroad juga disesuaikan dengan medan tersebut sehingga memiliki thread dengan bentuk yang istimewa.

Terbuat dari bahan dasar karet yang keras, ban ini memiliki ketahanan yang cukup bagus. Kelebihan ban yang satu ini adalah tidak cukup dengan alur, ban jenis ini seakan memiliki ukiran di bagian threadnya.

Ini disesuaikan dengan medan yang memang sulit seperti sungai, bebatuan terjal, maupun tanah berlumpur. Ban jenis ini berbeda dengan ban balap bahkan perbedaannya hampir berlawanan.

Salah satunya adalah karena diperuntukkan menempuh jalanan yang bermedan sulit, jenis ban ini memiliki daya cengkram yang sangat kurang jika untuk melewati jalanan aspal yang mulus.

Jenis Ban Motor: Ban Tubeless

Jenis ban motor yang selanjutnya kita akan bahas pasti sudah sering Anda dengar, bahkan mungkin Anda gunakan untuk kendaraan Anda. Jenis ban yang satu ini sudah banyak pengendara motor yang menggunakan jenis ban ini untuk kendaraan motor.

Yups, ban tubles namanya. Ban ini juga cocok untuk menemani pengalaman berkendara Anda kemana pun dan cocok digunakan pada motor yang digunakan untuk menunjang kegiatan sehari- hari.

Terlebih jika Anda ingin berkendara jarak jauh yang mana faktor ban bocor seringkali menjadi momok bagi para pengendara. Ban tubeless sendiri sebenarnya merupakan jenis ban yang tidak menggunakan ban dalam lagi.

Sehingga usia pakai ban jenis ini jauh lebih awet dibandingkan ban biasa pada umumnya. Ban tubeless juga digadang-gadang cukup stabil untuk menempuh perjalanan dengan kecepatan tinggi serta cocok untuk digunakan berkendara di musim penghujan.

Jenis Ban Motor
Jenis Ban Motor (Sumber Gambar: Google)

Jenis Ban Motor: Ban Dry Racing dan Wet Racing

Jenis ban motor yang akan terakhir kita bahas adalah ban dry racing dan wet racing. Jenis ban ini khusus digunakan untuk area balap motor saja. Sehingga sangat tidak cocok untuk digunakan dalam rutinitas harian.

Pada jenis dry racing, ban tersebut lebih cocok digunakan untuk medan jalanan yang kering atau terik. Sedangkan wet racing adalah ban yang direkomendasikan untuk berkendara di arena balap yang basah atau sedang turun hujan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Motor Listrik di Indonesia!

Kelebihan ban motor ini adalah memiliki permukaan dengan pola yang minim, membuat cengkraman ban ini akan sangat kuat untuk bermanuver di jalan. Ban jenis ini cenderung dibandrol dengan harga yang cukup mahal selain itu juga memiliki usia pakai yang cukup singkat.

Itulah jenis- jenis ban motor yang perlu Anda ketahui. Ada yang khusu untuk touring bahakan balap motor. Namun, ada juga yang digunakan untuk kegiatan sehari- hari. Untuk harga ban tersebut sangat beragam sekali di pasaran.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.