Mengenal 3 Jenis Atap Mobil

  • by
  • 6 min read

Ada tiga jenis atap mobil yang saat ini digunakan. Jenis atap mobil tersebut adalah sunroof, moonroof, dan panoramic roof. Wah, apa bedanya? Ya, tentu saja masing- masing jenis atap mobil ini berbeda. Selain itu, tentu saja setiap jenis atap mobil ini memiliki kelebihannya masing- masing.

Mungkin dari ketiga jenis atap mobil yang telah disebutkan, sunroof adalah jenis yang paling kalian sering dengar bukan? Padahal keuda jenis atap mobil yang lainnya juga tidak kalah populer, namun namanya saja yang jarang didengar.

Perlu diketahui bahwa ketiga jenis kaca atap ini memiliki fungsi yang sama, yakni agar penumpang dapat menikmati pemandangan di luar mobil. Namun jika dilihat dari segi cara kerja, masing-masing memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Bahkan banyak juga yang mengatakan bahwa Sunroof adalah moonroof. Padahal ketiganya berbeda dari sisi penggunaan dan manfaatnya. Ya, Tidak sedikit masyarakat menginginkan mobil yang ada atapnya ada kaca tersebut.

Artikel kali ini akan membahas secara lengkap mengenai jenis atap mobil. Jadi, selama mebaca!

Jenis Atap Mobil: Sunroof

Jenis atap mobil yang akan kita bahs pertama adalah sunroof. Ya, namanya pasti sudah snagat familiar. Bahkan banyak orang yang menginginkan atap mobil dengan jenis ini. Lalu apa sih atap sunroof itu? Apa hanya sekdar atap kaca yang bisa dibuka?

Ya, sunroof adalah jenis atap mobil yang menanamkan fitur panel kaca pada atap mobil. Dimana, model kaca ini dapat dibuka dan ditutup menggunakan sisitem elektrik. Sehingga, Mobil beratap sunroof memungkinkan cahaya, udara segar, atau keduanya masuk ke dalam kabin mobil. Selain itu, karena kaca maka Anda juga dapat melihat langit luar.

Terkait:  Kap Mobil Mengeluarkan Asap: Kenali 5 Penyebabnya

Sistem ini dahulu digunakan sebagai teknologi ventilasi bus kota, dimana udara dapat mengalir bebas melalui ventilasi tersebut. Biasanya Biasanya sunroof mengusung dua jenis panel yakni terbuat dari logam padat yang sama dengan eksterior langit-langit mobil dan dapat ditarik dengan tangan untuk membuka panel kaca.

Di atasnya terdapat kaca yang berwarna dapat dimiringkan ke belakang sehingga memungkinkan udara dari luar masuk ke dalam kabin. Jadi, sunroof bukan menggunakan kaca seperti pada kaca atap mobil moonroof. Untuk lebih gampang, bisa dikatakan bahwa sunroof adalah jendela namun letaknya diatap mobil.

Jenis Atap Mobil
Jenis Atap Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jenis Atap Mobil: Moonroof

Banyak orang yang mengira jenis atap yang satu ini sama dengan sunroof. Namun faktanya jenis atap mobil sunroof beberbeda dengan moonroof. Ya, meskipun perbedaannya tidak jauh.

Lalu apa perbedaan kedua jenis atap ini? Perbedaannya terletak pada rel yang mengarahkan atap bergerak ke arah mana. Bila sunroof mengangkat kaca atap mobil, sebaliknya, moonroof justru memasukkan kaca atap mobil ke dalam atap sehingga tidak mengganggu aliran udara.

Karena menggunakan rel maka kaca ini akan rawan macet. Ketika sudah macet maka akan sulit diperbaiki. Oleh karena itu, kaca atap mobil ini biasa digerakkan secara otomatis dengan tombol tertentu sehingga tidak membuat rel mudah macet.

Moonroof mengusung panel kaca berwarna sehingga memungkinkan cahaya dan udara masuk tanpa harus menggeser visor-nya. Tapi di jaman sekarang, moonroof juga dibekali pelapis logam untuk menghalau cahaya matahari masuk langsung ke dalam kabin terutama di siang hari.

Biasanya atap moonroof terbuka sedikit agar udara dan cahaya bisa masuk tak selebar sunroof. Namun ada juga beberapa pabrikan yang sekarang membuat moonroof dapat terbuka lebar layaknya sunroof.

Terkait:  Lamborghini Huracan Performante 2018! Hanya Dua Unit Di Indonesia!

Moonroof dibuat agar si pemilik mobil dapat menikmati pemandangan di malam hari di atap tanpa harus keluar mobil ataupun membuka atap mobil. Bagimana, apa sudah jelas perbedaannya dengan sunroof?

Sekedar informasi tambahan mengenai asl usul atap jenis ini. Bahwa, kaca atap mobil moonroof adalah istilah yang dibuat oleh John Atkinson pada tahun 1970 dimana manager marketing dari Ford ini menamakan panel kaca atap mobil Lincoln Mark IV sebagai moonroof untuk membedakan dengan sunroof yang sudah pernah ditemukan sebelumnya.

Jenis Atap Mobil
Jenis Atap Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jenis Atap Mobil: Panoramic Roof

Panoramic Roof adalah jenis atap mobil yang akan terakhir kita bahas. Yang membedakan jenis atap mobil yang satu ini adalah ukuran kacanya yang cukup besar jika dibandingkan dnegan dua jenis sebelumnya.

Bahkan ukuran kacanya hampir sebesar atap mobil itu sendiri. Lalu kaca atap mobil tersebut tidak bisa bergerak, yang bergerak justru kaca atap mobil yang ada di bawahnya alias penutupnya. Dengan begitu, penumpang dapat memilih suasana pemandangan yang disukai.

Berbedaan lainnya adalaah jenis atap mobil ini tidak memiliki fungsi sebagai ventilasi udara. Hal ini karena memang tujuan utamanya adalah untuk memberi pengalaman menarik bagi pengguna mobil untuk mengendarai mobil sambil menikmati pemandangan luar.

Jika sedang tidak ingin melihat pemandangan luar atau matahari sedang sangat terik, panoramic roof bisa ditutup dengan lapisan atap mobil sehingga tak lagi berupa kaca besar, namun kembali seperti atap mobil pada umumnya. Oh ya, todak perlu khawatir sebab panoramic roof juga memiliki kerai pelapis agar kabin tetap dingin ketika lapisan kacanya ditutup, tapi pemandangan di langit tetap terlihat.

Jenis Atap Mobil
Jenis Atap Mobil (Sumber Gambar: Google)

Saat ini panoramic roof semakin populer terpasang SUV berlabel premium. Panoramic roof menawarkan tampilan berbeda pada interior mobil sehingga menjadi lebih mewah. Jadi, dapat dipastikan bahwa jenis atap mobil ini akan membuat mobil juga terlihat elegan.

Terkait:  Balik Nama Mobil: Berapa Estimasi Dana yang Harus Disiapkan?

Itulah tiga jenis atap mobil yang perlu Anda ketahui. Tren memasang jendela pada atap mobil memang sudah lama dilakukan oleh produsen-produsen mobil. Bahkan, membuat jendela pada atap mobil sudah dilakukan sejak tahun 1937 oleh Nash Motor Company.

Selanjutnya, teknologi tersebut berkembang pesat hingga muncul wujud yang lebih inovatif dari kaca atap mobil ini seperti sunroof mobil murah, moonroof, dan panoramic roof.

Tentu saja jenis atp tersebut juga membutuhkan perawatan khususa. Sehingga, sesuai dengan fungsinya. Jadi, sebelum memilih mobil dengan jenis atap tersebut maka ada baiknya jika mengetahui cara perawatannya. Jadi, dari ketiga jenis atap mobil diatas, mana yang paling Anda sukai?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *