7 Jenis Airbag Pada Mobil yang Jarang Diketahui

Airbag pada mobil merupakan salah satu fitur keselamatan yang disediakan produsen mobil. Sehigga Anda juga akan merasa aman dan nyaman ketika berkendara. Perlu diketahui ada beberapa macam airbag pada mobil.

Dimana, setiap airbag mobil memiliki fungsinya tersendiri. Selain itu, jumlah airbag yang tersedia pada mobil juga berbeda- beda. Tergantung dari jenis dan kelas mobilnya. Namun, ada bebrapa tipe airbag yang pasti terpasang pada semua jenis mobil.

Untuk itu, pastikan saat membeli mobil untuk menanyakan jenis airbag mobil yang ada. Sehingga, Anda dapat mengetahui bagaimana perlindungan yang diberikan apabila terjadi kecelakaan.

Tentu kita tidak mengharapkan terjadinya kecelakaan, namun hal ini sebagai antisipasi kita juga apabila terjadi hal buruk seperti kecelakaan.

Jenis Airbag Pada Mobil

Saat ini teknologi airbag terus berkembang sehingga tingkat keamanan pegendara dan penumpang pun semakin tinggi. Sehingga, jenis airbag pada mobil juga terus bertambah.

Sebab, airbag kini sudah menjadi fitur keamanan yang wajib ada di mobil keluaran terbaru. Fitur ini bisa mencegah pengendara dan penumpang mengalami cedera serius saat mobil mengalami benturan kecelakaan.

Artikel kali ini akan membahas semua jenis airbag pada mobil. Sehingga, jika Anda akan membeli mobil, hal ini dapat dipertimbangkan, kira- kira jenis airbag apa saja yang sangat penting.

Berikut adalah ulasan mengenai bermacam-macam airbag pada mobil yang perlu diketahui. Selamat membaca!

Baca: Fungsi airbag mobil

1. Front Airbag

Jenis airbag pada mobil yang pertama adalah front airbag. Dimana airbag yang satu ini merupakan jenis yang paling umum. Sebab, semua mobil pasti memiliki jenis yang satu ini. Front airbag berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang yang duduk di kursi depan.

Biasanya, orang juga menyebut jenis ini driver airbag untuk airbag yang berfungsi melindungi mobil dan pesengger airbag untuk melindungi penumpang saat terjadianya benturan.

Peletakan front airbag untuk pengemudi umumnya terletak di bagian kemudi, sedangkan peletakan front airbag untuk penumpang depan biasanya berada di bagian dashboard mobil.

Jenis Airbag Pada Mobil
Airbag Pada Mobil (Sumber Gambar: Google)

Pastikan Anda tidak menaruh benda yang dapat melukai di dekat airbag penumpang, sebab hal ini dapat melukai penumpang apabila airbag mengembang. Beberapa mobil dengan fasilitas front airbag terintegrasi dengan sensor pada sabuk pengaman.

Sehingga sensor ini dapat memberi tanda jika pengemudi dan penumpang depan mengenakan sabuk pengaman atau tidak. Selain itu di beberapa mobil juga tersedia sensor pada front airbag yang dapat mendeteksi jika terdapat anak-anak yang duduk di kursi penumpang depan.

2. Side Torso Airbag

Jenis airbag pada mobil yang selanjutnya adalah side tirso airbag atau biasnaya orang hanya meneyebutnya sebagai side airbag. Jenis airbag yang satu ini terpasang di samping pengemudi mobil.

Fungsinya adalah melindungi pengemudi ketika terjadi kecelakaan tabrakan mobil dari arah samping. Dengan begitu, tubuh pengemudi tidak terbentur ke samping saat kecelakaan terjadi.

Side torsi airbag ini akan sangat membantu jika sewaktu-waktu mobil mengalami kecelakaan pada bagian sisi samping saja, seperti tabrakan pada bagian samping mobil.

Biasanya side torso airbag ini hanya tersedia di bagian kursi depan saja. Namun, pada beberapa mobil kini mulai menyematkan side torso airbag di bagian kursi belakang juga.

3. Side Curtain Airbag

Side curtain airbag merupakan jenis airbag pada mobil yang selanjutnya. Peletakan airbag ini sama dengan side torso airbag, yakni di bagian samping mobil. Biasanya airbag jenis ini posisinya di bagian pilar atau dekat kaca samping.

Yang mana dengan adanya airbag ini, maka seluruh penumpang bisa terlindung dari pecahan kaca atau terbentur ke bagian samping kendaraan secara langsung. Umumnya pemasangannya pada sisi kanan dan kiri jendela mobil pada seluruh kaca.

Ketika terjadi benturan, side curtain airbag akan membentuk seperti sebuah tirai untuk melindungi penumpang dan pengemudi dari benturan ataupun pecahan kaca ke bagian kepala atau leher.

Jenis Airbag Pada Mobil
Airbag Pada Mobil (Sumber Gambar: Google)

4. Knee Airbag

Jenis airbag pada mobil yang selanjutnya adalah knee airbag. Sesuai dengan namanya, airbag satu ini berfungsi untuk melindungi kaki pengemudi dan penumpang mobil dari benturan sehingga terhindar dari risiko cedera di bagian kaki akibat kecelakaan.

Namun, biasanya jenis ini hanya diberikan pada mobil premium yang sudah memiliki ketiga jenis airbag yang telah disebutkan di atas. Posisinya di bawah dashboard mobil, harapannya airbag ini bisa memberikan perlindungan pada kaki supaya tidak terjadi patah tulang ketika mobil mengalami kecelakaan.

5. Seatbelt Airbag

Jenis airbag pada mobil yang selanjutnya adalah seatbelt airbag. Seatbelt airbag ini memiliki fungsi yang sama pada kebanyakan airbag, hanya posisi dari airbag ini khusus diletakkan di bagian sabuk pengaman.

Airbag yang mulai diperkenalkan pada tahun 2011 ini dapat berfungsi saat ada benturan keras dari berbagai sisi dengan kecepatan 40 detik. Airbag satu ini sangat berguna untuk melindungi pengendara dan penumpang dari cedera di bagian kepala, leher, hingga dada saat terjadi benturan.

Namun, sayangnya sama dengan knee airbag, seatbelt airbag juga belum tersedia dalam smeua series mobil.

Jenis Airbag Pada Mobil
Airbag Pada Mobil (Sumber Gambar: Google)

6. Rear Curtain Airbag

Jenis airbag pada mobil yang selanjutnya adalah rear curtain airbag. Airbag yang satu ini memiliki fungsi dan bentuk yang sama dengan curtain airbag, namun posisi dari rear curtain airbag ini terletak di bagian belakang dekat kaca mobil. Peletakan airbag ini berfungsi untuk melindungi penumpang mobil jika terjadi benturan atau tabrakan dari arah belakang mobil.

7. Seat Cushion Airbag

Jenis airbag yang terakhir adalah seat cushion airbag. Airbag ini berfungsi untuk melindungi bagian panggul penumpang dan pengemudi saat terjadi benturan agar terhindar dari risiko cedera.

Itulah jenis- jenis airbag pada mobil. Setiap mobil pasti memiliki airbag, setidaknya jenis front dan side airbag. Selebihnya biasanya hanya tersedia pada mobil menengah keatas. Sehingga, Anda dapat mempertimbangakan jenis airbag mana yang harus ada pada mobil Anda. Dan pilihlah mobil yang memiliki jenis airbag tersebut.

Editted by UN.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *