Jam Tangan Kemasukan Air – Jam tangan merupakan aksesoris yang banyak dipakai oleh orang. Beberapa jam tangan bahkan dilengkapi fitur anti air. Sehingga, dapat digunakan meskipun sedang hujan. Namun, meskipun anti ar, jam tagan tersebut tidak mejamin jika terkena air dalam kadar tertentu.

Jam tangan anti air lebih banyak diminati. Meskipun harganya lebih mahal, namun biasanya jam air lebih awet. Selain itu, jika tidak sengaja kena air, jam tangan anti air tidak mudah rusak. Namun perlu diingat jam tangan yang dilengkapi dengan teknologi anti air atau tahan air, kemungkinan jam tangan kemasukan air atau berembun masih tinggi. Selain itu, biasanya walaupun berembun jam tangan juga tetap berfungsi.

Namun, jam tangan yang berembun maupun terkena air pasti akan membuat kita khawatir akan terganggunya fungsi jam. Eits… jangan khawatir dan panik. Kami akan memberikan tips bagaimana mengatasi jam tangan yang kemasukan air sehingga menimbulkan embun. Jadi jangan langsung beli jam baru. Sebab hal ini dapat diatasi sebelum jam tangan rusak.

Berikut adalah tips dan trik mengatasi jam tangan yang terkena air dan mengakibatkan embun.

Jam Tangan Kemasukan Air: Terendam

jam tangan kemasukan air
jam tangan kemasukan air

Jam tangan kemasukan air adalah salah satu sebab jam berembun. Meskipun bayak sekali penyebab jam tangan berembun. Alasan jam tangan kemasukan air adalah hal yang paling kita sering temui.

Biasanya jam tangan terkena air hujan secara berlebihan akan membuat air masuk ke dalam jam tangan. Selain itu, jam tangan kadang jam juga tidak sengaja terendam dala waktu yang lama. Jika jam tersebut anti air, biasanya tidak akan langsung mati. Tapi akibatnya, jam tangan akan berembun, Jika jam tangan berembun maka dapat menghalangi pandangan dalam melihat jam.

Kemungkinan hal yang terjadi di atas memang menakutkan dan sangat disayangkan. Tapi bukan berarti jam tidak dapat diperbaiki. Kunci dari mengatasi jam tangan kemasukan air atau berembun adalah melakukan tindakan dengan cepat.

Jika HP terendam air maka pertama bongkar dulu arloji atau jam tangan anda, tentunya bongkar bagian penutup mesinnya alias tempat dimana baterai terpasang. Buka baterai dari tempat baterai tersebut terpasang. Buka pula penutup jarumnya, karena biasanya akan banyak embun di dalamnya. Untuk membukanya Anda bisa menggunakan alat yang tipis namun contohnya pisau dapur, tapi harus hati2 karena sangat berbahaya.

Kedua, tempat baterai (mesin arloji) tersebut anda keringkan, tempat jarum terpasang serta kaca penutupnya juga anda keringkan. Baik itu dikeringkan di bawah terik matahari atau dikipas angin. Tahap akhir, Setelah anda merasa semuanya sudah kering, coba pasang kembali yang telah anda buka tadi. Tes arlojinya, apakah jarumnya bisa bergerak tau tidak, jika tidak coba ganti baterainya.

Cara Mengatasi Jam Tangan Kemasukan Air karena Berembun

Namun, jika jam tangan tidak terlalu banyak dan menimbulkan embun maka ada beberapa cara untuk membersihkannya tanpa harus membongkar jam tangan tersebut. Berikut adalah cara menghilangkan embun pada jam tangan.

Menggunakan Beras

Taukah Anda jika beras dapat digunakan untuk menghilangkan embun pada jam tangan?. Pasti Anda bingung bukan bagaimana cara menghilangkan embun dengan beras?. Caranya sangat mudah dilakukan. Namun, perlu waktu beberapa jam untuk menghilangkan embun dala jam.

Pertama adalah bersihkan jam tangan dari air, keringat, maupun bahan kimia. Lalu siapkan beras secukupnya dan wadah untuk tempat beras. Rendam jam tangan Anda di wadah yang berisi beras hingga jam tangan tidak nampak di permukaan. sekitar 4-6 jam. Angkat dan bersihkan jam tangan dengan kain lembut atau tissu.

Baca Juga: Mengusir Cicak dari Rumah: 5 Tips & Trik yang Efektif

Menggunakan Lilin

Selain menggunakan beras, ternyata lilin juga dapat digunakan untuk menghilangkan embun di jam tangan. Kamu bisa memanfaatkan lilin yang udah pendek atau lilin yang memang ukurannya pendek agar panasnya terasa sampai ke permukaan jam tangan. Nyalakan lilin, lalu taruh jam tangan yang berembun di dekat lilin tersebut. Cara ini akan bekerja lebih cepat kalau kamu menggunakan beberapa batang lilin sekaligus.

Caranya juga tidak kalah mudah jika dinbamdigkan dengan menggunakan beras. Caranya nyalakan lilin. Lalu, dekatkan jam tangan Anda yang berembun, namun jangan sampai terlalu dekat. Tunggu sekitar 10-30 detik. Setelah kering, lap jam tangan Anda dengan kain lembut atau tissu.

Lampu Belajar

Selanjutnya dapat digunakan menggunakan lampu belajar. Ya.. kita dapat memanfaatkan energi panas dari lampu belajar. Caranya adalah letakkan jam tangan Anda di bawah sinar lampu. Lalu diamkan jam tangan Anda sekitar 1 menit. Setelah kering, lap jam tangan Anda dengan kain lembut atau tissu.

Taruh di Tempat Terbuka

Selanjtnya adalah cara yang paling sering orang awam gunakan dala menghilangkan embun pada jam tangan. Cara ini juga cara yang laing mudah dilakukan. Namun, perlu di dukung oleh cuaca yang mendukung. Cara paling gampang ini adalah dengan mengangin-anginkannya di area terbuka.

Caranya adalah letakkan jam tangan yang berembun di area terbuka yang sirkulasi udaranya bagus, tapi jangan terkena sinar matahari langsung. Kamu juga bisa meletakannya di dekat perapian, di atas TV, di bawah sinar lampu, atau di tempat hangat lainnya. Cuaca hangat dan udara yang mengalir akan menguapkan embun yang terjebak di dalam jam.

Bungkus dengan Handuk

Handuk juga dapat digunakan sebagai media untuk menghilangkan embun pada jam tangan. Caranya juga sangat mudah seperti cara diatas. Jika hari sedang hujan, bungkus jam tangan yang berembun dengan handuk lalu letakkan di tempat yang terbuka.

Ketika hari sedang nggak cerah alias lembap terus kondisinya, bungkuslah jam tangan dengan handuk dengan bagian belakang jam yang menghadap ke bawah. Lalu letakkan di tempat yang udaranya terbuka. Atau sebisa mungkin letakkan di tempat yang sedikit terang.

Dekatkan dengan Kipas Leptop

Menggunakan kipas leptop sama halnya dengan menggunakan lampu belajar. Dimana kita memanfaatkan energi panas dari kipas lepotop tersebut. Caranya juga sangat mudah dilakukan. Namun, tidak dapat dilakukan jika Anda dalam kondisi terburu buru.

Baca juga: Memilih Masker Kain: Tips Menentukan Jenis Bahan yang Baik untuk Masker

Caranya adalah letakkan jam tangan kemasukan air embun di dekat kipas laptop. Manfaatkan panas yang keluar dari laptop atau komputer untuk menghangatkan jam tangan agar embunnya menghilang. Cara ini memang makan waktu lebih lama daripada cara-cara lainnya di atas. Tapi, kalau lagi nggak buru-buru, kamu bisa menaruh jam tangan di samping laptop sambil bekerja.

Pakai Silica Gel

Cara selanjutnya menggunakan silicia gel. Pakai silica gel juga dapat di andalkan untuk mengeringkan embun yang terjebak di dalam jam tangan. Cara menggunakannya, siapkan satu atau dua kemasan silica gel, letakkan dalam stoples yang ada tutupnya. Selanjutnya masukkan silica gel dan jam tangan ke dalam stoples, lalu tutup rapat-rapat. Biarkan semalaman, lalu lihat hasilnya esok hari.

Menggunakan Hair Dryer

Cara terakhir yang biasanya digunakan untuk menghilangkan embun adalah dengan menggunakan hair dryer. Caranya, atur hair dryer dengan tingkat panas yang paling rendah. Lalu, arahkan ke jam tangan, ingat jangan terlalu dekat, beri jarak seenggaknya 15 cm. Lakukan proses ini sampai embun di dalam jam tangan-mu mengering.

Baca Juga: Aturan Berkendara New Normal: Aturan Berdasarkan Zonasi

Jika jam tangan kemasukan air, maka kita harus cepat menanganinya. Sehingga jam masih dapat berfungsi. Selain itu, pastikan jam tangan tidak berembun jika jam tangan kemasukan air. Itulah tips dan trik mengenai hal yang dapat dilakukan jika jam tangan kemasukan air dan berembun. Semoga bermanfaat!

2 thoughts on “Jam Tangan Kemasukan Air: Tips & Trik Memperbaikinya”

  1. Cara lain yang pernah saya lakukan adalah dengan menggosok permukaan kaca jam ke baju atau pakaian yg sedang kita pakai, tak lama kemudian dia akan hangat, dan embun pada jam pun menghilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *