Jaket merupakan penunjang kemanan dan kenyamanan untuk pegendara sepeda motor. Terlebih untuk Anda yang hobi mengendarai motor dengan jarak jauh. Tentu benda yang satu ini tidak boleh tertinggal.

Menggunakan jaket bagi pengendara motor tidak hanya untuk kenyamanan dan keselamatan, namun juga kesehatan. Terkena angin setiap saat dan terlalu sering akan berdampak tidak baik bagi kesehatan.

Untuk itu, sebagai pegendara motor sangat diusahakan untuk menggunakan jaket motor. Jakaet motor akan memberikan kehangatan dan meminimalisir angin terkena secara langsung dengan kulit. Jadi, sangat dianjurkan untuk menggunakan jaket, meskipun jaraknya tidak jauh.

Tips Memilih Jaket Motor

Dikarenakan jaket motor sangat penting, maka dari itu Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih jaket untuk berkendara dengan motor. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, tidak hanya ukuran yang sesuai namun juga bahan serta warna jaket juga perlu dipertimbangkan.

Sama seperti helm, jaket juga mempunyai peran sebagai aksesoris yang dapat menunjang penampilan pengendara motor. Selain itu akan ada hal yang berbeda antara jaket untuk harian dan juga jaket yang digunakan untuk jarak jauh atau touring. Lantas jaket seperti apa yang nyaman dan aman untuk dipakai bermotor.

Berikut adalah ulasan lengkap untuk Anda mengenai tips memilih jaket motor yang nyaman. Selamat membaca.

Baca Juga: Mengganti Gear Depan Supra x 125, Begini Cara Mudahnya!

Sesuai Dengan Ukuran Badan

Tips dalam memilih jaket motor yang pertama adalah memastikan ukurannya tidak terlalu ketat ataupun terlalu longgar. Intinya, plihlah ukuran jaket motor yang membuat badan merasa nyaman agar fokus tetap terjaga untuk menghindari potensi kecelakaan.

Jaket Motor Yang Nyaman
Jaket Motor Yang Nyaman (Sumber Gambar: Google)

Dengan ukuran yang pas maka diharapkan Anda akan tetap nyaman saat mengendarai motor Anda dalam segela medan. Selain itu menggunakan jaket yang ukurannya terlalu kecil atau kebesaran juga bisa membuat Anda tidak memiliki rasa percaya diri. Biar lebih terlihat stylish padukan jaket motor dengan kaos hitam atau polo shirt sebagai dalaman.

Pilih Jaket Yang Tidak Terlalu Banyak Tali

Tips selanjutnya dalam memilih jaket motor adalah jangan memilih jaket yang memiliki banyak tali. Ya, hal ini tidak kalah penting untuk diperhatikan. Alasannya, jika terlalu banyak tali bisa membahayakan keselamatan saat diperjalanan.

Sebab, jaket yang terlalu banyak menggunakan tali bisa saja tersangkut di bagian ban atau rantai sepeda motor dan terjadi hal tidak diinginkan! Pilihlah jaket yang simpel dan fashionable, selain aman pastinya juga bisa bikin tambah pengendara percaya diri dijalan.

Selain itu, sebisa mungkin carilah jaket dengan kualitas jahitan yang rapih dan terlihat kuat terutama di bagian dada dan punggung. Jahitan dan sambungan yang bagus tentu akan berpengaruh dengan keamanannya. Bagian resleting juga perlu diperhatikan, pastikan mudah dibuka dan ditutup tanpa slip.

Memiliki Penutup Pada Bagian Leher, Pergelangan Tangan dan Pinggul

Saat memilih jaket motor tidak hanya mmeperhatikan banyaknya tali atau tingkat kesimpelan dalam menggunakannya. Namun juga pastikan jaket motor yang kalian pilih dapat menutupi bagian leher, pergelangan tangan dan pinggul.

Hal ini akan lebih aman untuk Anda gunakan. Hal ini berfungsi untuk meminimalisir risiko cedera saat terjadi kecelakaan. Cara pilih jaket motor yang satu ini jangan sampai diabaikan. Selain memilih jaket yang mampu menutupi leher, pergelangan tangan dan juga pinggul ada baiknya jika jaket memiliki pelindung tambahan.

Hal ini akan sangat membantu ketika digunakan untuk perjalanan jauh. Pilih jaket yang dilengkapi dengan protektor atau komponen pelindung di bahu, punggung, dan siku. Selain itu, tentunya juga harus dapat menahan angin dan tetap bisa mengeluarkan uap-uap panas.

Jaket Motor Yang Nyaman
Jaket Motor Yang Nyaman (Sumber Gambar: Google)

Memilih Warna Jaket

Jika memilih jaket motor pastikan bahwa jaket yang Anda pilih memiliki warna yang terang. Kenapa sih harus yang berwarna terang? Hal ini diharapkan dapat digunakan untuk mengantisipasi saat malam hari hindari terjadinya kecelakaan.

Karena jaket yang berwarna terang akan terlihat oleh pengendara lain yang berada di belakang kita. Lebih bagus lagi jika kalian memilih jaket motor yang dapat memantulkan cahaya lampu di malam hari.

Warna dominan jaket boleh hitam, tapi carilah jaket yang memiliki aksen garis warna yang terang seperti kuning, oranye atau hijau stabilo. Lebih baik lagi,bisa cari jaket yang aksen garisnya tadi terbuat dari bahan yang memantulkan cahaya.

Perhatikan Bahan Jaket

Selain ukuran, bahan jaket motor juga perlu diperhatikan. Jangan asal memilih bahan jaket motor. Sebab hal ini akan berhubungan dengan kenyamanan saat penggunaannya nanti.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih bahan jaket motor. Pertama, pastikan apakah jaket itu akan digunakan untuk keperluan sehari-hari atau untuk touring jarak jauh? Jika untuk kebutuhan touring jarak jauh, bahan nilon atau poliester bisa dipilih karena lebih nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Tapi jika akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari yang durasi pemakaiannya lebih singkat, bisa gunakan bahan kulit atau sintesis yang lebih kuat.

Jaket Motor Yang Nyaman
Jaket Motor Yang Nyaman (Sumber Gambar: Google)

Selain itu perhatikan cuaca di daerah kalian. Saat berkendara menggunakan sepeda motor, terkadang melewati cuaca yang panas. Nah, cara pilih jaket motor supaya terhindarkan dari keringat yang berlebihan sebaiknya jangan pilih yang berbahan sintetis.

Jaket motor yang memiliki bahan perpaduan dari kulit dan lubrikan ini, daya serap keringatnya kurang baik. Akan tetapi keunggulannya mudah dibersihkan dan sangat cocok digunakan saat malam hari.

Baca Juga: Tune Up Mobil Injeksi: 6 Komponen Yang Di Cek

Itulah tips memilih jaket motor yang nyaman. Mengigat aksesoris yang satu ini akan mempengaruhi kenyamanan, keselatan, serta kesehatan Anda, sangat dihimbau untuk tidak sembarang memilih jaket yang akan digunakan.

Setelah tips diatas terpenuhi mungkin Anda dapat menambahkan jaket yang terlihat fashinable. Sehingga, akan menambah kece penamiplan Anda ketika mengendarai sepeda motor. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatika kebersihan jaket yang Anda gunakan.

Sehingga Anda benar- benar nyaman dalam menggunakannya. Cucilah jaket motor secara berkala. Mengingat jaket yang digunakan untuk mengendarai motor akan lebih mudah kotor. Sebab dijalanan akan terkena langsung debu serta kotoran lainnya di jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *