Skip to content

Isofix Pada Mobil: Apa Sih Fungsinya?

Isofix Pada Mobil – Semakin berkembangnya waktu tidak hanya fitur mobil yang berhubungan dengan performa mesin saja yang semakin canggih. Namun, kini para produsen mobil juga semakin memperhatikan fitur keselamatan mobil.

Sehingga, fitur keselamatan mobil kini juga semakin canggih dan lengkap. Salah satunya kini hadir fitur Isofix. Ya, pasti bagi Anda yang mempunyai mobil keluaran terbaru pernah melihat tulisan Insofix pada jok mobil Anda.

Lalu Apa sih Insofix itu? Apa fungsinya Insofix pada mobil? Tentu saja, hal ini bukanlah hanya sebuah tulisan, pastinya ada fungsi. Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai Insofix pada mobil secara lengkap.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu Insofix, baca sampai selesai, ya. Sehingga Anda tahu untuk apa Insofix pada mobil.

Apa Sih Isofix Pada Mobil?

Mari kita bahas mengenai apa sih Isofix pada mobil. Merujuk dari akronimnya, ISOFIX adalah kependekan dari International Standard Organization Fix. Dimana Isofix sendiri merujuk kepada tuas besi pengait yang tersembunyi di dalam lipatan jok mobil.

Posisinya bisa juga terletak pada bagian belakang sandaran jok atau berdekatan dengan pengait sabuk keselamatan. Biasnaya Isofix ini digambarkan dengan sebuah simbol anak kecil duduk di atas jok.

Baca Juga: Memilih Car Seat Yang Aman Untuk Bayi & Anak

Mengetahui paparan tersebut, jok isofix dapat diartikan sebagai jok yang berfungsi untuk mengaitkan child seat atau tempat duduk tambahan bagi anak-anak agar dalam posisi aman dan solid selama perjalanan.

Isofix Pada Mobil
Isofix Pada Mobil (Sumber Gambar: Google)

Penggunaan jok ini bahkan dianggap lebih aman dibandingkan dengan melilitkan sabuk pengaman. Sebab, penggunaan jok isofix dengan child seat akan lebih sesuai dengan ukuran tubuh si kecil.

Itulah jawaban atas pertanyaan apa itu jok isofix. Sehingga dapat dikatakan, mobil dengan fungsi isofix adalah mobil yang ramah anak karena mendukung penambahan tempat duduk anak-anak tetap terkunci dalam posisi aman.

Itulah mengapa keberadaan fitur ini penting sekali untuk ada saat ini di dalam sebuah mobil.

Fungsi Isofix Pada Mobil

Setelah mengetahui apa itu Isofix, mari selanjutnya kita bahas mengenai apa sih fungsi Insofix itu sendiri. Ya, seperti yang telah di singgung sedikit diatas mengenai fungsi Isofix pada mobil adalah untuk mengaitkan child seat atau tempat duduk tambahan bagi anak-anak agar dalam posisi aman dan solid selama perjalanan.

Jadi, secara singat fungsi fitur Isofix pada mobil adalah untuk meminimalisir dampak fatal kecelakaan pada anak-anak. Dengan mendudukkan anak-anak menggunakan child car seat di jok Isofix, risiko kematian anak saat kecelakaan berkurang sampai 75%.

Selain itu dengan adanya Insofix pada mobil akan memberikan dampak bayi dan orang tua dapat lebih nyaman dan aman, ketimbang memangku atau mendudukan anak dan memasangkan seat belt. Isofix pun berperan penting bagi keselamatan si buah hati ketika terjadi kecelakaan.

Oh ya saat ini aturan mengenai adanya fitur Isofix pada mobil telah diatur oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di AS. Dimana untuk anak usia 8 tahun ke bawah yang bepergian dengan mobil wajib mendudukkannya di child car seat.

Namun sayang, hingga saat ini di Indonesia belum ada aturan resmi mengenai anak kecil atau bayi harus duduk di jok khusus, padahal negara-negara maju sudah menerapkan aturan untuk penggunaan Isofix ini yang telah ditetapkan sesuai dengan ISO 13216-1 tentang meningkatkan keselamatan dan mengurangi risiko kecelakaan pada penumpang balita.

Isofix Pada Mobil
Isofix Pada Mobil (Sumber Gambar: Google)

Aturan ini pun akhirnya ditetapkan sebagai aturan wajib bagi produsen mobil untuk menghadirkan Isofix sebagai salah satu fitur keselamatan wajib yang tersedia di mobil baru. Untuk diketahui, jok mobil dengan fitur ini biasanya terletak di bangku penumpang baris kedua.

Ini bertujuan mencegah anak terjepit airbag saat kecelakaan jika diletakkan di bangku depan.Itulah mengapa, Isofix tidak dianjurkan untuk posisi jok depan, karena jika terjadi keadaan darurat yang membuat airbag mengembang secara tiba-tiba, sang buah hati justru akan kesulitan untuk bernafas.

Bagimana Penggunaan Isofix Pada Mobil?

Jadi, Isofix pada mobil adalah fitur yang disediak produsen untuk menopang child car seat. Dimana untuk child car seat- nya sendiri dijual secara terpisah, ya. Nah, Anda dapat mencari titik isofix yang terdapat pada jok bagian depan atau belakang.

Kemudian, pasang child seat hingga berbunyi klik. Lalu, kaitkan child seat dengan titik kait bagian atas pada sandaran atau belakang jok. Pastikan, Anda juga menggunakan child car seat yang tepat untuk anak Anda, ya.

Isofix Pada Mobil
Isofix Pada Mobil (Sumber Gambar: Google)

Mengenai Child car seat , saat ini ditawarkan dalam sejumlah pilihan, seperti Infant car seat yang diperuntukan bagi anak usia 0-1 tahun yang memiliki berat badan hingga 10 kg. Modelnya bisa diputar dan memiliki kaitan agar dapat dijinjing.

Selain itu ada juga toddler car seat, yang digunakan untuk anak usia 1-4 tahun yang memiliki berat badan 10-20 kg. Serta yang terakhir young children car seat yang pas digunakan bagi anak usia 4-8 tahun yang memiliki berat badan lebih dari 20 kg.

Kehadiran child car seat sendiri nyatanya mampu mengurangi angka kematian anak hingga 75% ketika terjadi kecelakaan. Karena child car seat dirancang agar anak kecil dalam kondisi aman, terlebih bentuk posisi di belakang leher, kepala dan tulang belakang dirancang nyaman dan aman dari benturan dan guncangan.

Itulah pengenal fitur Insofix pada mobil yang perlu diketahui. Bagi, Anda para orang tua yang memiliki anak kecil, mungkin dapat mempertimbangkan fitur yang satu ini sebelum membeli mobil baru.

Baca Juga: Kesalahan Dalam Memasang Baby Car Seat: Yuk Hindari Moms!

Fungsi isofix saat ini sudah bisa ditemukan pada berbagai mobil keluaran terbaru. Utamanya pada mobil jenis multi purpose vehicle (MPV). Namun tidak sedikit pula mobil sport utility vehicle (SUV) menyertakan Isofix di dalamnya.

Peran Isofix ini sangat penting bagi pengguna kendaraan, utamanya mereka yang memiliki anak usia balita dan sering bepergian dengan mobil. Jadi, saat beli mobil perhatikan fitur kemanan yang ditawarkan, ya guys.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *