Ponsel-ponsel entry level milik Huawei selalu hadir dengan teknologi dan fitur yang berkelas. Seperti pada HP Huawei Y5 yang menurut sebagian konsumen memiliki spesifikasi yang terbilang unggulan di kelasnya.

HP Huawei Y5 hadir dengan tampilan stylish yang mendukung varian dengan material kulit dan sistem kinerja yang handal.

Tentu saja masih banyak keunggulan lain yang disematkan pada seri ini. Untuk tahu lebih lanjut, berikut ulasan seputar HP Huawei Y5, kelebihan dan kekurangannya, termasuk harga terbarunya di berbagai toko saat ini.

Spesifikasi HP Huawei Y5

Dikutip dari berbagai sumber, berikut spesifikasi dari HP Huawei Y5:

TipeTipeSmartphone Phablet Camera Phone Bezel-less Phone
ShapeBar
 RilisTahun Rilis2019
Bulan RilisApril
NetworkTeknologiGSM/ HSPA/ LTE
Tipe2G, 3G, 4G (LTE)
2GGSM : 850/ 900/ 1800/ 1900
3GHSDPA : 850/ 900/ 1700 (AWS)/ 1900/ 2100
4G (LTE)LTE : 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 20, 38, 40, 41
SpeedHSPA 42.2/5.76 Mbps
BodyDimensi Ukuran147.1 x 70.8 x 8.5 mm (5.79 x 2.7.9 x 0.33 in)
Berat146g (5.15 oz)
MaterialKaca, Plastik
Pelindung
SIMSingle SIM atau dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
DisplayTipeIPS LCD capacitive touchscreen
Ukuran5.71 inci (78.1% rasio layar ke body)
Resolusi720 x 1520 pixels dengan 19 : 9 ratio (+/- 295 ppi pixel)
PelindungScratch Resistant Glass dan 2.5D Curved Glass
PlatformOSAndroid 9 (Pie), EMUI 9.1
ChipsetMediatek MT6761 Helio A22 (12 nm)
CPUQuad-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8320
MemoryCard slotAda (microSDXC, slot tersedia)
Internal16 GB, 32 GB
RAM2 GB
JeniseMMC 5.1
KameraKamera depan5 MP
Kamera belakang13 MP, PDAF
Tipe KameraSingle Camera
Resolusi Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, Panorama
SoundLoudspeakerYa
3.5mm jackYa Active noise cansellation with dedicated mic
COMMSWLANWi-Fi 802.11 b/g/n/, Wi-Fi Direct, hotspots
Bluetooth5.0, A2DP, LE
NFCYa – Hanya AMN LX1
USBMicroUSB 2.0
GPSYa, dengan A-GPS, GLONASS, BDS
FiturSensorAccelerometer, proximity
PesanSMS, Email, Push Email, IM
BateraiTipeNon-removable Li-Ion 3020 mAh
Charging
LainnyaWarnaMidnight Black, Modern Black, Amber Brown, , Sapphire Blue,
ModelAMN-LX9, AMN-LX1, AMN-LX2, AMN-LX3
Spesifikasi HP Huawei Y5

Desain Bodi

HP Huawei Y5 hadir dengan desain yang stylish dan elegan, mengusung bahan material perpaduan plastik yang membuat tampilan hp ini terlihat cukup menawan.

Penampakan desainnya terlihat ramping dengan dimensi ukuran 147.1 x 70.8 x 8.5 mm (5.79 x 2.79 x 0.33 in) dengan berat 146 gram.

Pada layar bagian depan sudah dilengkapi dengan Scratch Resistant Glass. Hp ini hadir dengan beberapa pilihan warna yang menawan yaitu midnight black, modern black, sapphire blue, amber brown.

Dilihat dari tampilannya, Huawei Y5 mengusung desain Full View Display yang berkesan kelas atas dengan sasis yang terbuat dari polikarbonat, mengusung desain notch mungil di tepi atas layarnya, waterdrop notch yang menjadi tempat kamera depan disematkan.

Untuk sisi bodi belakang hp terlihat berselimut tekstur mirip kulit, terbuat dari kulit imitasi anti sidik jari, anti aus, dan anti kotor dengan finishing sandstone.

Hp ini hadir dengan desain bezel yang cukup tebal pada bagian bawah dan memiliki bezel yang hampir sama dengan bagian kanan, kiri, dan atas. Layarnya sedikit lebih luas dari versi sebelumnya dengan full screen dan terdapat tulisan Huawei pada bagian bawah layar.

Tampilan Layar

Pada sebuah smartphone kualitas layar menjadi salah satu pertimbangan karena bisa memengaruhi visual dari hp bahkan penggunanya.

Dengan ukuran desain layar yang cukup luas, Huawei Y5 memiliki layar yang berukuran 5.71 inci dengan teknologi panel IPS LCD capacitive touchscreen yang beresolusi 720 x 1520 pixels, screen to body ratio yang ditawarkan sebesar 78.1%.

HP Huawei Y5 memiliki kerapatan pixel hingga 295 ppi yang membuat tampilan layar tampak lebih baik dan lebih jernih. Membawa resolusi HD+ membuat tampilan visual hp terlihat lebih tajam dan smooth.

Smartphone ini sudah mengantongi sertifikat TUV Rheinland yang bisa memfilter radiasi cahaya biru yang bisa berbahaya bagi kesehatan mata.

Kerapatan pixel tersebut akan memengaruhi pixel saat hp digunakan untuk bermain game, menonton video, dan berpengaruh terhadap kesehatan mata.

Pada permukaan layar Huawei Y5 mengusung performa multitouch responsif dan disokong pelindung layar Scratch Resistant Glass dan kaca 2.5D Curved Glass.

Kualitas Kamera

Di awal tahun rilisnya, kamera yang diusung oleh HP Huawei Y5 bisa dianggap baik dengan membawa 1 kamera belakang yang memiliki sensor 13 MP.

Kamera utama memiliki resolusi 13 MP yang dilengkapi HDR, LED flash, dan panorama, jadi bisa memberikan hasil foto yang cukup mumpuni dengan hasil tidak mengecewakan.

Selain itu, kamera belakang juga dilengkapi dengan berbagai fitur foto yang oke seperti bokeh mode, AI camera mode, time lapse, dan beberapa fitur unggulan lainnya.

Tidak hanya itu, kamera utama tersebut juga mampu merekam video yang resolusi hinga FullHD atau [email protected] dengan hasil yang lumayan bening dengan cerah.

HP Huawei Y5 juga disematkan kamera depan dengan resolusi 5 MP yang disokong dengan fitur LED flash bukaan f/2.2 yang siap untuk mengambil jepretan gambar yang cukup jernih.

Hasil foto tersebut bisa diolah dengan fitur aplikasi yang melengkapi kamera depan yaitu AI Smart Beauty dan Flash Toning yang terhubung dengan EMUI. Kamera depan cukup mumpuni untuk digunakan video call, video chat, dan perekaman video selfie.

Sektor kamera ini juga menjadi salah satu faktor kenapa Huwei Y5 jadi salah satu HP harga 1 jutaan terbaik di tahun rilisnya.

Kapasitas Baterai

Kualitas baterai yang baik menjadi salah satu pertimbangan pengguna saat ingin membeli hp baru, terlebih karena fungsinya sebagai daya tahan ponsel. HP Huawei Y5 membawa baterai dengan kapasitas 3020 mAh yang didukung dengan teknologi charging 5V/2A 10W.

Dengan kapasitas baterai tersebut, Huawei Y5 diklaim mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama artinya bisa digunakan seharian.

Daya tahan baterai bisa digunakan untuk beberapa aktivitas harian dengan penggunaan normal seperti chatting, telfon, browsing, atau sekedar bermain sosial media.

Performa Mesin

Hp Huawei Y5 didukung dengan kinerja perangkat yang berkualitas cukup baik seperti prosessor, RAM dan lain-lain.

Hp ini dibekali dengan chipset Mediatek Helio A22 yang dipadukan dengan GPU PowerVR GE8320 sebagai pendukung kualitas grafisnya dan penghemat daya. Dilengkapi dengan prosessor berkecepatan quad-core 2.0 GHz Cortex-A53.

Untuk mengimbangi dan mendukung sistem kinerjanya, Huawei Y5 membawa RAM 2 GB dengan penyimpanan internal 16/32 GB, jika pengguna merasa kurang dengan kapasitas penyimpanan internal, bisa menambahkan dengan kartu microSD pada slot yang sudah tersedia dan bisa menampung hingga kapasitas 256 GB.

Jika hp Anda dilengkapi dengan kapasitas RAM yang besar, bisa Anda gunakan untuk berbagai aktivitas multitasking dan Anda tidak akan menemui kendala pada sistem kinerja hp.

Kegiatan seperti melihat sosial media, browsing, menonton video, dan bermain game bisa dilakukan dengan lebih mudah, lebih cepat dan tanpa kendala.

Huawei Y5 hadir dengan dukungan sistem operasi Android yang dijalankan dengan sistem operasi Android 9 (Pie) dengan teknologi konektivitas 4G LTE yang didukung dengan user interface EMUI 9 membuat hp lebih nyaman digunakan. EMUI memiliki kelebihan yang membuat kinerja hp menjadi lebih responsif.

Kelebihan dan Kekurangan HP Huawei Y5

HP Huawei Y5

Kelebihan:

  1. Memiliki tampilan desain yang elegan dan stylish dengan layar berukuran 5.71 inci.
  2. Performa yang cukup mumpuni dengan dukungan RAM yang cukup.
  3. Dilengkapi dengan slot dual SIM Card
  4. Mendukung Jaringan 4G LTE.

Kekurangan:

  1. Baterai yang non removable atau tidak bisa dilepas.
  2. Belum dibekali dengan pelindung layar.
  3. Tidak ada dukungan wireless charging.
  4. Resolusi layar belum Full HD.

Baca juga: Daftar HP Huawei Terbaru 2021 dengan Spesifikasi Tercanggih

Harga HP Huawei Y5

Di awal rilisnya Huawei Y5 di banderol dengan harga berkisar Rp 2.000.000an, menjadi perangkat yang menyasar kelas entry-level.

Untuk harga terbarunya dijual mulai Rp 1.150.000 – Rp 1.800.000an, harga termurah untuk Huawei Y5 Rp 1.150.000. Berikut rangkuman harga Huawei Y5 di berbagai toko online terbaru.

Silahkan lihat dan bandingkan Harga HP Huawei Y5 ini

Nama PlatformHarga
ShopeeRp 1.150.000
LazadaRp 1.699.000
BlibliRp 1.799.000
BukalapakRp 1.599.000

Demikian ulasan mengenai HP Huawei Y5 dari spesifikasi lengkap, kelebihan dan kekurangan serta harga terbarunya.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya tersebut, semoga bisa menjadi referensi yang membantu Anda saat berencana membeli HP Huawei Y5.

Editted: 09/08/2021 by orapada.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *