Bagi generasi tahun 90 an pasti tidak asing dengan motor Honda Astrea Grand, bukan?. Yap… motor Honda Astrea Grand merupakan alah satu motor legenda. Bahakn motor ini merupakan motor sejuta umat saat itu. Sebab motor ini banyak dimiliki oleh masyarakat. Saat itu belum masyrakat yang dapat memiliki kendaraan bermotor. Namun, jika ada masyarakat yang memiliki sepeda motor pasti merknya Honda Astra Grand.

Honda Astrea Grand merupakan jenis sepeda motor bebek. Motor ini diproduksi oleh pabrikan motor Honda. Motor ini sendiri diproduksi sekitar tahun 1990 an. Saat itu dapat dikatakan sebagia masa kejayaanya motor Astra Grand.

Motor ini diengkapi dengan desain lampunya khas 90-an. Dimana lampu memiliki gaya persegi panjang dan agak sipit. Supaya tidak terkesan jadul, maka bentuk lampu belakang memiliki spoiler. Sementara itu, suspensinya memakai teleskopik biasa di depan dan belakang yang terkenal empuk.

Sebab meskipun merupakan motor yang diproduksi pada tahun 90 an, dimana belum banyak fitur canggih pada sebuah kendaraan. Motor ini telah dilengkapi dengan mesin 100 cc dan sudah dilengkapi dengan transmisi 4 percepatan manual, jika pada masa tersebut kebanyakan sepeda motor bebek masih menggunakan transmisi 3 percepatan. Sehingga motor honda bebek astrea grand ini tergolong motor yang memiliki kemampuan melaju cukup tinggi.

Sebab, motor ini sangat diminati oleh masyarakat. Bahkan sampai sekarang ini masih cukup banyak orang yang menggunakan motor Astrea Grand. Sebab harga motor Astrea Grand yang tergolong sangat terjangkau. Ditambah dengan konsumsi bahan bakarnya juga tergolong sangat irit meskipun masih menggunakan sistem bahan bakar karburator. Dan lagi motor bebek honda ini juga tergolong nyaman pada saat digunakan untuk berkendara.

Masih banyak kelebihan dari motor jadul ini. Namun, disisi lain motor ini juga memiliki kekurangan. Kira- kira apa saja kelebihan dan kekurangan dari motor Honda yang satu ini?. Berikut ulasannya untuk Anda.

Kelebihan Honda Astrea Grand

Kelebihan sepeda motor ini tentu sangat banyak. Mengingat motor ini mempunyai banyak peminat pada saat itu. Jika, kalian mengira bahwa saaat itu belum banyak produsen sepeda motor, maka kalian salah. Motor ini mampu menjadi motor favorit di tengah- tengah persaingan dengan produsen lain.

Honda Astra Grand (Sumber Gambr: Google)
Honda Astrea Grand (Sumber Gambr: Google)

Saat itu peminat motor Astra Grand adalah kalangan dewasa seperti bapak-bapak PNS, ibu rumah tangga, hingga pemuda yang tidak suka aneh- aneh. Motor Astra Grand berhasil menjadi motor faforite sebab mempunyai banyak keunggulan. Masa itu, motor ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan kenyamanan untuk berkendara.

Kelebihan motor ini juga terdapat pada kerangka. Dimana kerangka motor honda astrea grand ini menggunakan suspensi depan telescopic dan suspensi belakang swing arm double shockbreaker. Sehingga sudah dapat dipastikan apabila para pengguna motor honda bebek astrea yang satu ini akan lebih merasa nyaman, meskipun melewati jalanan yang kurang rata ataupun bebatuan.

Mengingat pada tahun 1990 an tentu belum banyak jalan mulus di negara kita. Selain itu motor ini juga memiliki jok rata. Dimana jok motor ini juga nyaman. Sehingga tidak akan cepat merasa pegal karena duduk di busa yang tebal. Posisi kaki seperti duduk normal di kursi membuat tidak mudah kesemutan. Untuk di pedesaan, motor ini jaminan nyaman dipakai berkendara jarak jauh.

Keunggulan selanjutnya ada pada fitur motor. Meskipun fitur yang dimiliki tidak secanggih motor zaman sekarang. Motor ini paling canggih dilengkapi dengan fitur sistem starter. Dimana fitur ini telah menggunakan model electric starter. Sehingga menjadikan para pengguna motor honda astrea grand ini akan jauh lebih mudah ketika akan menyalakan mesin motor.
Fitur -fitur lainnya seperti sistem rem tambahan, alarm, ataupun beberapa fitur canggih yg umumnya ada dimotor keluaran terbaru sekarang ini masih belum ada pada motor bebek honda tersebut.

Selanjutnya adalah kelebihan yang paling melekat dengan motor yang satu ini. Motor Astrea Grand ini punya kelebihan yang sulit ditandingi oleh motor-motor lainnya, bahkan hingga saat ini. Kelebihan tersebut adalah motor ini sangat irit. Tenaganya memang tidak besar tapi performanya cukup istimewa untuk ukuran bebek 4-tak dengan mesin tidak sampai 100 cc. Konsumsi bensin terboros pada Astrea Grand standar dengan seliter bensin bisa mencapai 55 kilometer.

Begitu iritnya, pengguna Astrea Grand sering lupa kapan terakhir kali isi bensin. Untuk pemakaian dengan jarak 20 kilometer, mungkin bisa sekali isi bensin dalam seminggu. Irit bukan?.

Kekurangan Honda Astrea Grand

Setelah mengetahui banyak kelebihan dari motor legend yang satu ini, saatnya kini mengetahui sedikit kekurangannya. Meski saat itu mesin motor ini bandel, namun ternyata mesin motor yang satu ini tergolong kecil. Dampaknya akan terlihat saat digunakan untuk jalanan yang sangat menanjak motor akan sedikit melemah horse powernya. Hal ini akan semakin terasa apabila mesin motor jarang medapatkan perawatan.

Honda Astra Grand (Sumber Gambr: Google)
Honda Astrea Grand (Sumber Gambr: Google)

Kelemahan selanjutnya ada pada sistem pengereman motor Honda Astrea Grand. Sistem pengereman masih menggunakan sistem rem tromol untuk semua rodanya, baik roda depan atau roda belakang. Sehingga pengereman yang dilakukan akan kurang maksimal. Apabila kita menginginkan pengereman yang maksimal maka kita harus secara rutin melakukan perawatan terhadap rem tromol.

Baca Juga: Peraturan Berkendara Sepeda Motor Yang Wajib diketahui!

Perawatan yang dilakuakan seperti membersihkan bagian dalam rem dan juga memeriksa kampas rem secara rutin. Karena ketika kita tidak melakukan perawatan secara rutin terhadap rem tromol tersebut, maka akan timbul bunyi pada rem ataupun kurang pakem remnya.

Kelemahan Astrea Grand selanjutnya adalah patah sasis. Sebab, desain monokok yang menggabungkan pelat bodi dengan rangka underbone ini memang rigid tapi kurang awet. Pertemuan dua jenis bahan berbeda karakter ini memang susah disatukan, meskipun menyatu namun akhirnya bisa lepas juga.

Biasanya kalau sudah patah di sambungan pipa underbone ini, perlu las ulang untuk menyambung kembali. Tukang las sampai hafal apabila ada Astrea Grand datang kepadanya, pasti hanya untuk las rangka yang patah di sambungan antara sasis pipa dan pelat besi. Selain rangka yang rentan patah, sambungan bodi juga bisa bergetar karena kendur akibat usia motor yang sudah tua.

Kekurangan selanjutnya adalah salah satu hal yang menjadi khas untuk motor ini. Yaitu tidak adanya bagasi di bawah jok. bagasi di bawah jok merupakan hal umum yang dimiliki oleh motor bebek model sekarang. Sebagai penggantinya, Honda Astrea Prima dipasang rak dan penjepit untuk menyimpan barang, seperti jas hujan atau barang lainnya.

Baca Juga: Membuat Bel Rumah Sederhana: Simpel DIY Membuat Bel Listrik Arus DC

Kelemahan dan kelebihan Honda Astrea Grand di atasa adalah gambaran. Motor legend yang satu ini masih memiliki kondisi yang bagus meski sudah lama. Asalkan dilaukan perawatan dengan baik dan rutin. Honda Astrea Prima yang pertama kali dipasarkan di Tanah Air pada tahun 1989 ini memiliki desain umum, dengan pilihan warna putih hitam atau full hitam.

Untuk warna putih hitam, bagian yang berwarna hitam ada pada body-nya, sedangkan warna putih terletak di bagian sayap. Akan tetapi, Astrea Prima seri limited edition yang dirilis tahun 1991, menawarkan warna semua hitam termasuk bagian sayap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *