Rekomendasi Helm Untuk Anak Saat Berkendara dengan Sepeda Motor

Helm untuk Anak – Menggunakan helm adalah hal yang wajib digunakan oleh setiap pengendara sepeda motor. Tanpa terkecuali anak- anak. Ya, apabila Anda naik sepeda motor dan membawa anak- anak, maka anak tersebut juga wajib menggunakan helm.

Penggunaan helm sendiri saat berkendara dengan sepeda motor telah diatur secara resmi. Yaitu dalam peraturan menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) telah diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 106 ayat (8), yang berbunyi, setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan penumpang sepeda motor wajib menggunakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia. Bagi pelanggar akan dikenakan denda maksimal Rp 250 ribu.

Jika melihat peraturan dalam Undang-Undang Lalu Lintas pada dasarnya tidak ada batasan usia menggunakan helm. Namun dalam peraturan tersebut juga ditegaskan baik pengendara dan pembonceng harus menggunakan helm. Jadi, bagi anak-anak yang sudah bisa dibonceng seharusnya dilengkapi dengan helm untuk mengantisipasi cedera kepala para jika terjadi kecelakaan.

Jadi, menggunakan helm yang bersetandar SNI juga dianjurkan memakai helm untuk anak berusia di bawah 12 tahun. Hal ini untuk menjaga keselamatan mereka juga terjaga jika terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan atau kecelakaan lalu lintas.

Rekomendasi Helm Untuk Anak

Saat ini sudah banyak produsen helm yang menyediakan helm untuk anak- anak. Helm untuk anak- anak ini dibuat dengan standar untuk helm dewasa. Dimana kententuannya tentu sesuai dengan SNI, minimal. Dengan helm dewasa yang membedakan hanya ukurannya saja.

Berikut adalah ulasan lengkapnya mengenai rekomendasi helm untuk anak yang memiliki standar SNI.

Helm SHEL Motif Tayo

Shel juga memiliki produk helm untuk anak- anak. Bahkan merek ini menyediakan helm untuk anak dengan motif yang lucu. Salah satu motif yang menjadi favorite anak- anak adalah Tayo. Ya, biasanya anak kecil akan malas ketika disuruh menggunakan helm.

Namun, dengan motif kartun favorite pasti mereka akan lebih semangat dalam menggunakannya. Helm keluaran merk SHEL ini tahan banting dan telah dilengkapi dengan kaca serta memiliki sirkulasi udara yang bagus.

Busa yang empuk di bagian dalam helm akan menyesuaikan kepala anak. Soal harga, helm anak satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp192.400.

Helm Untuk Anak
Helm Untuk Anak (Sumber Gambar: Google)

Helm INK Centro SNI Warna Pink Magenta

Rekomendasi helm untuk anak- anak yang selanjutnya adalah INK, tepatnya INK Centro SNI dengan warna pink magenta. Berbeda dengan rekomendasi sebelumnya yang memiliki desain dengan tokoh kartun fafvorite, helm yang satu ini jusru di desain dengan motif polos layaknya helm orang dewasa.

Namun helm ini memiliki warna yang menarik perhatian terutama anak perempuan. Wah, dijamin anak- anak juga tetap mau menggunakan helm meskipun tidak bermotif. Helm anak yang satu ini merupakan helm full face. Selain itu helm ini dilengkapi dengan kaca dan busa berstandar SNI, helm ini sangat kokoh dan tahan banting.

Sama seperti helm INK yang lain helm juga terbuat dari material berkualitas tinggi dan telah dicoba ketangguhannya lewat serangkaian tes untuk memastikan helm INK Centro tidak gampang pecah atau rusak saat pengendaranya jatuh dari atas motor.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, berapa sih harga helm yang satu ini? Helm yang satu ini dijual dengan harga sekitar Rp357.500.

Helm Untuk Anak
Helm Untuk Anak (Sumber Gambar: Google)

Helm GM EVO Teen Batman

Helm GM EVO Teen Batman menjadi rekomendasi helm untuk anak selanjutnya. Dimana sesuai namanya, helm ini ini memiliki motif batman. Wah, motifnya saja sudah salah satu hero favorite anak- anak nih.

Helm yang pastinya menarik perhatian anak laki- laki ini hanya tersedia untuk usia 9- 12 tahun. Sedangkan untuk harganya, Helm GM EVO Teen motif Batman dibanderol dengan harga sekitar Rp245.000.

Keunnggulan dari helm ini adalah kaca helmnya yang mampu menangkal sinar UV dan anti kabut. Selain itu, busa di dalam helm cukup tebal dan sangat nyaman bila dikenakan oleh anak- anak.

Sama seperti helm GM lainnya, tentu Helm GM EVO Teen motif Batman sangat kokoh dan kuat, sebab dibuat dari material solid dan ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) yang berkualitas.

Helm yang satu ini tersedia dalam beberapa pilihan warna. Warna yang tersedia adalah merah, hitam, dan kuning, helm satu ini memiliki model sporty yang cocok untuk anak laki-laki yang aktif. Apakah Anda tertarik membelikannya untuk sang buah hati?

Helm Untuk Anak
Helm Untuk Anak (Sumber Gambar: Google)

Helm Anak SNI Kidzu Little Pony

Little Pony juga merupakan karakter kartun yang digemari anak- anak. Nah, saat ini sudah ada helm yang memiliki motif ini, Bund. Yups, rekomendasi helm untuk anak selanjutnya adalah Helm Anak SNI Kidzu Little Pony.

Helm ini juga merupakan salah satu fafvorite anak- anak perempuan. Apalagi helm anak ini memiliki bentuk yang sangat modern dan trendy. Motif Little Pony yang sangat besar di bagian belakang helm tentu membuat anak-anak yang memakainya merasa senang.

Helm Untuk Anak
Helm Untuk Anak (Sumber Gambar: Google)

Selain itu helm ini dirancang dengan batok yang kuat dan tahan banting. Busanya yang empuk di bagian dalam akan menyesuaikan ukuran kepala anak. Kaca helm juga dilengkapi dengan fitur anti scratch sehingga mudah dibersihkan dan tahan lama.

Yang lebih menarik dari helm ini adalah Helm Anak SNI Kidzu Little Pony telah memiliki sertifikat SNI. Dengan adanya sertifikat ini pasti sudah dapat dipastikan kemanan dari helm yang satu ini. Untuk harganya helm yang satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp156.600.

Itulah 4 rekomendasi helm untuk anak- anak. Semua rekomedasi helm untuk anak- anak diatas telah memiliki sertifikat SNI. Hal ini sesuai dengan peraturan lalu lintas dengan menggunakan helm bestandar SNI.

Jadi untuk para orang tua, pastikan jika helm yang anak- anak Anda gunakan telah memiliki standar SNI minimal. Hal ini penting, karena kualitas helm sangat penting untuk dapat melindungi kepala semaksimal mungkin ketika sedang berkendara dengan sepeda motor.

Jadi Bunda & Ayah rekomendasi helm untuk anak yang mana yang menarik perhatian?

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.