Helm INK: Apa Bedanya yang Asli & Palsu?

Helm INK merupakan salah satu merek helm berstandar SNI yang beredar dipasar Indonesia. Helm INK ini merupakan merek yang paling banyak dipilih oleh pengendara motor. Kualitasnya yang terjamin, desainnya yang trendy, dan tidak kalah penting harganya yang terjangkau menjadikan helm merek ini menjadi pilihan.

Namun sayangnya, helm ini tidak kalah jadi sasaran oknum dengan memproduksi versi KW- nya. Lah, jadi dipasaran beredar versi palsunya? Yups, ada helm INK yang asli & yang palsu yang beredar dipasaran saat ini.

Sehingga Anda perlu teliti sebelum membelinya. Mengingat Mengenali perbedaan helm INK ori dan KW super itu memang tak mudah. Namun sampai Anda mendapatkan yang palsu, tentu yang palsu dari segi kemanan dan kualitas pasti akan kurang.

Helm INK yang Asli Vs Palsu

Sebagai salah satu helm favorit di Indonesia, INK memiliki banyak versil palsunya yang beredar di pasaran. Tentu hal ini akan mengkhawatirkan. Artikel kali ini akan membahas mengenai tips dalam membedakan helm INK asi dan palsu.

Ya, dengan mengetahui tipsnya diharapkan Anda tidak akan salah dalam membeli helm INK. Sehingga kemanan dan kualitasnyapun tidak diragukan. Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Nomor Seri Helm

Nomor seri helm dapat Anda gunakan untuk mengetahui apaka INK tersebut asli atu palsu. INK juga memiliki nomor seri yang berbeda-beda untuk masing-masing produk yang mereka jual di pasaran. Sehingga, dapat dipastikan tidak akan ada helm dengan nomor seri yang sama.

Letak nomor seri ini ada di bagian dalam helm. Jadi, Anda memang harus mengintip bagian dalam helm sebelum membeli. Coba, ambil beberapa helm dan pastikan nomor serinya. Apabila dari beberapa helm nomor serinya sama, maka dapat dipastikan palsu.

Helm INK
Helm INK (Sumber Gambar: Google)

Memang saat ini untuk cara untuk mengetahui dengan nomor seri apakah helm tersebut asli atau tidak hanya dengan itu caranya. Anda juga tidak mungkin hafal setiap nomor seri, sehingga Anda harus teliti.

Maka setidaknya pastikan bahwa nomor seri antar helm di toko tersebut tidak sama, ya. Jika, tidak yakin cari toko lain. Cara ini juga mungkin susah diterapkan pada saat Anda membelinya secara online.

Lapisan Akhiran Cat

Tips lain dalam membedakan mana yang asli dan mana yang palsu adalah dengan melihat finishing cat helm. Tentu helm asli pasti finishing catnya akan lebih rapih. Dimana cat tidak akan bergelombang, bagus, dan tidak bercela.

Jadi apabila Anda menemukan helm dengan finishing cat yang terlihat tidak rata, seperti bergelombang, atau terlihat kusam, maka waspadalah jika itu merupakan helm palsu.

Sehingga, cermati baik-baik finishing cat dari helm INK yang Anda inginkan. Jangan sampai Anda membeli helm INK palsu dengan finishing cat yang cacat atau buruk.

Harga Helm

Tips untuk memastikan apakah helm INK yang asli atau bukan dapat dilihat dari harganya. Ya, survei harga resmi dahulu mengenai harga helm INK. Baik untuk harga helm baru maupun harga bekas.

Sehingga, apabila ada yang menawarkan helm merek ini dengan harga miring, Anda patut curiga.
Jadi apabila Anda ditawari helm INK dengan harga 300 ribuan, pastikan dulu keaslian helm tersebut dengan melakukan pengecekan mengenai poin-poin di atas. Jangan keburu deal sebelum Anda melihat langsung kondisi barangnya.

Harga helm INK bekas memang berkisar antara 150 – 300 ribu rupiah. Jadi, mungkin saja barang yang ditawarkan kepada Anda adalah helm INK asli tetapi bekas. Harga adalah cara yang dapat Anda gunakan untuk pembelian helm baik online maupun offline.

Jadi, pastikan harga resmi helm sebelum membelinya. Mengingat akses setiap daerah di Indonesia berbeda, maka jangan heran apabila harga di tempat lain lebih mahal. Misalnya harga helm INK di Pupua akan lebih mahal daripada harga di Jawa. Jadi, pastikan harga di daerah kalian sebelum membeli ya. Termasuk jika akan membeli online.

Berat Helm

Berat helm juga dapat menjadi tanda helm etrsebut palsu atau tidak, loh. Pastikan bahwa helm INK yang akan dibeli memiliki berat yang cukup seimbang. Waspada jika helm terlalu ringan, mungkin itu adalah helm palsu.

Begitupula jika beratnya tdak wajar, hal tersebut juga dapat menjadi indikasi palsu, loh. Coba jinjing helm dan rasakan beratnya, apakah ada yang aneh atau tidak.

Sebab INK yang asli beratnya medium karena terbuat dari material plastik terbaik dan dilengkapi dengan rangka pelindung anti pecah. Sekali lagi, tips ini tentu hanya dapat dilakukan jika Anda membelinya secara offline.

Logo SNI dan Stiker Hologram Khusus

Tips membedakan helm yang asli dan palsu selanjutnya adalah dengan memastikan logo SNI dan stiker hologram khususnya.

Di INK yang palsu, logo SNI-nya hanya berbentuk stiker. Sementara itu, INK yang asli memiliki logo SNI yang nampak tercetak di body bagian luar helm. Cetakan SNI ini tidak bisa dihapus apalagi dikelupas dengan mudah seperti stiker.

Helm INK
Helm INK (Sumber Gambar: Google)

Di samping tulisan dot dari helm INK asli, Anda bisa menemukan stiker khusus berwarna silver dengan tulisan jepang. Sementara versi palsunya tidak memiliki ciri ini.

Kualitas Busa

Jika merupakan helm INK asli pasti memiliki kualitas yang bagus juga. Sebab, produsen pasti mempertimbangkan kenyamanan saat menggunakan helm. Sehingga, akan memebrikan busa dengan kualitas busa.

INK yang asli menggunakan busa yang tebal dan empuk. Anda harus mencoba memakainya langsung untuk mendapatkan experience untuk merasakan kualitas busanya. Meskipun tebal, busa helm INK asli tidak menyebabkan sakit telinga.

Selain dipakai, coba mengecek kualitas busa helm dengan cara menekan-nekan busanya dengan jari. INK yang asli ketika busanya ditekan makan akan terasa padat dan empuk. Sementara pada INK palsu busanya empuk tapi mudah mengempis.

Helm INK
Helm INK (Sumber Gambar: Google)

Kaca Film

Tips terakhir untuk memastikan helm palsu atau bukan, maka Anda dapat melihat dari kualitas kaca film helm. Cara membedakan kaca film INK asli sudah dilapisi dengan pelumas dari gel sintetik. Dengan memberikan bahan ini, hasil kacanya pun akan waterproof.

Maka Anda bisa meneteskan air di bagian depan kaca helm. Jika airnya langsung jatuh dan tidak meninggalkan noda air, maka dapat dipastikan bahwa helm INK tersebut asli. Sebaliknya, helm palsu hanya menggunakan kaca film biasa tanpa pelapis apa pun.

Hasilnya, produknya tidak waterproof dan cukup mengganggu saat dipakai di musim hujan.

Itulah tips membedakan helm INK yang asli dan palsu. Beberapa tips dapat Anda gunakan saat mebeli online. Yang pasti, Anda harus teliti dan sabar saat akan membeli helm.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.