Skip to content

Tips menghindari Helm Bau Apek dan Berjamur Saat Musim Hujan

Saat musim hujan datang tidak hanya bodi moto yang harus lebih sering dicuci atau dilap. Namun, juga helm menjadi lebih cepat bau apek bahkan dapat berjamur. Tentu helm bau apek dan berjamur akan sangat mengganggu Anda ketika menggunakannya bukan?

Ya memang musim hujan adalah musim yang sedikit merepotkan bagi para pengendara sepeda motor. Jadi, saat musim hujan ini kondisi helm akan sering lembab. Jika Anda tidak merawatnya dengan baik maka helm menjadi bau apek bahkan berjamur.

Sehingga, Anda harus lebih rajin merawatnya agar helm bau apek dan berjamur tidak terjadi. Adad beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari helm bau apek dan berjamur. Yuk, baca artikelnya sampai selsai, ya.

Tips Mencegah Helm Bau Apek dan Berjamur

Ketika hujan turun dan masih berada di jalan, menjadi salah satu faktor helm menjadi basah dan bau apek bahkan berjamur. Selain itu helm yang basah dan bau pastinya akan membuat perjalananmu tidak nyaman.

Bagimana tidak helm bau apek dan berjamur, sebab saat musim hujan akan jarang sinar matahri. Sehingga kita tidak bisa menjemur helm kesayangan kita, alhasil helm menjadi bau apek dan berjamur.

Helm yang jarang diangin-anginkan akan membuat area dalam helm menjadi cepat berjamur. Belum lagi bagian dalam helm adalah bagian langsung yang menyentuh kepala sehingga membuat keringat menempel di dalam.

Yuk simak ulasan berikut ini untuk mencegah helm bau apek dan berjamur. Sehingga, helm tetap nyaman saat digunakan meskipun musim hujan.

Baca Juga: 5 Mobil Paling Irit BBM Di Indonesia, Apakah Mobil Anda Termasuk?

Meletakan Posisi Helm Terbalik

Tips pertama gara untuk menghindari helm bau dan berjamur saat musim hujan adalah dnegan melatakan posisi helm terbalik. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa ketika musim hujan matahari akan jarang sekali muncul di langit sehingga akan sulit untuk menjemur helm.

Maka dari itu, Anda cukup meletakkan helm dalam posisi terbalik. Tujuan adalah agar hawa panas di dalam helm cepat keluar. Jadi, ketika helm selai digunakan dan terkena air hujan, maka Anda bisa balikkan helm dan setelah itu sbiarkan saja selama kurang lebih 1 jam.

Setelah itu, letakkan kembali helm di posisi semula dan taruh di tempat yang kering. Helm yang jarang diangin-anginkan akan membuat area dalam helm menjadi cepat berjamur. Apalagi bagian dalam helm adalah bagian langsung yang menyentuh kepala sehingga membuat keringat menempel di dalam.

Mencegah Helm Bau Apek dan Berjamur
Mencegah Helm Bau Apek dan Berjamur (Sumber Gambar: Google)

Sudah basah karena hujan ditambah terkena keringat kepa Anda. Apa yang harus dilakukan? Jadi apabila helm sudah cukup basah akibat keringat ataupun terkena hujan, kamu cukup mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan saja.

Disarankan untuk tidak menjemur langsung di bawah sinar matahari. Karena ketika menjemur langsung di bawah sinar matahari akan membuat Expanded Polystyrene/ Styrofoam (EPS) menjadi cepat getas.

Jika helm getas, kemampuan meredam hantaman menjadi berkurang dan keamanan helm menjadi kurang maksimal. Lakukanlah hal yang sama yaitu diangin- anginkan beberapa saat.

Mencuci Busa Helm

Tips selanjutnya untuk mencegah helm bau apek dan berjamur adalah dengan mencuci busa helm secara berkala. Tidak perlu terlalu sering, mengingat jarang sinar matahari namun setidaknya perlu dilakuakn sesekali.

Anda dapat mencucui helm minimal dua kali seminggu. Cara merawat helm sebenarnya tidak terlalu sulit, karena Anda tinggal merendamnya saja di air hangat. Setelah itu, jemur di bawah terik matahari dan tunggu hingga kering.

Hal sederhana ini bisa mencegah tumbuhnya bakteri jahat di dalam helm. Selain itu, mencuci busa juga bisa mengurangi bau apek dan juga gatal-gatal di kepala. Jadi, usahakan mencuci busa tersebut agar tidak apek ketika dipakai di musim hujan.

Nah, perlu diperhatikan jika memungkinkan dan bisa maka ketika ingin membeli helm, usahakan memilih helm yang busanya bisa dibongkar dan dipasang. Sehingga, busa dapat dicucui untuk menghindari helm bau apek dan berjamur.

Menyemprotkan Parfum Rendah Alkohol

Tips selanjutnya agar menghindari helm bau apek dan berjamur adalah dengan menyemprotkan parfum rendah alkohol. Jadi, agar helm kesayangan bisa tetap wangi dan tidak bau apek, disarankan untuk menyemprotkan parfum yang rendah alkohol sebelum dipakai.

Jika perlu, setiap hari meskipun tidak digunakan, helm selalu disemprot dengan parfum. Namun, ingat ya harus parfum dengan kadar alkohol rendah. Kenapa tidak menggunakan alkohol tinggi? Sebab parfum dengan alkohol tinggi biasanya kadarnya merusak bagian busa helm.

Mencegah Helm Bau Apek dan Berjamur
Mencegah Helm Bau Apek dan Berjamur (Sumber Gambar: Google)

Menggunakan Helm Ketika Rambut Kering

Menggunakan helm ketika rambut kering juag merupakan cara untuk menghindari helm bau apek dan berjamur saat musim hujan, loh. Sebelum berpergian ke suatu tempat, pastikan jika rambut Anda sudah benar-benar kering supaya bagian helm tidak ikut basah.

Namun, meskipun rambut sudah kering, biasanya keringat yang keluar di dalam rambut bisa menyebabkan bagian dalam helm ikut berjamur. Bukan hanya itu saja, jika jarang dicuci, biasanya juga bau apek.

Untuk menghindari hal tersebut, gunakan head cap agar rambut dan juga bagian dalam helm tidak basah. Cara merawat helm ini cocok untuk Anda yang sering berpergian.

Mencegah Helm Bau Apek dan Berjamur
Mencegah Helm Bau Apek dan Berjamur (Sumber Gambar: Google)

Perhatikan Cara Meletakan Helm Saat Parkir

Cara menghindari helm bau apek dan berjamur adalah dengan memperhatikan cara meletakan helm saat parkir. Saat sudah sampai tempat tujuan dan ingin meninggalkan helm, usahakan mengaitkan pada jok, bukannya digantung di spion.

Saat menggantung helm di spion, potensi untuk jatuh akan sangat besar. Bukan hanya helm menjadi kotor saja, bagian luar ataupun kacanya juga mudah retak dan lecet. Belum lagi jika hujan tiba, biasanya menyimpan di spion membuatnya akan rembes air hujan.

Baca Juga: Kerusakan Komponen Mobil Yang Membuat Boros Bahan Bakar

Disarankan untuk merawat helm dengan cara menyimpannya di jok motor, jika ada bagian jok yang luas. Anda juga bisa menggantungkannya di bagian belakang motor karena lebih aman.

Nah, itulah beberapa tips untuk menghindari helm bau apek dan berjamur saat musim hujan. Pasikan helm terkena angin apabila basah karen air hujan merupakan langkah awal yang harus Anda lakukan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.