3 Hal yang di Larang Saat Berboncengan Menggunakan Sepeda Motor!

Pasti dalam keseharian, Anda sering melihat orang berboncengan menggunakan sepeda motor. Namun, terkadang ada saja hal yang aneh atau membahayakan yang dilakukan saat berboncengan menggunakan sepeda motor.

Hal itu tentu mmebuat kita bertanya, apakah mereka tidak tahu bahwa ada hal yang dilarang saat berboncengan menggunakan sepeda motor? Atau mereka sudah tahu, namun tetap saja melakukannya? Entahlah.

Untuk itu kami telah rangkumkan untuk kalian mengenai hal – hal yang di larang saat berboncengan menggunakan sepeda motor. Jadi, baca artikelnya sampai selesai, ya.

Hal yang di Larang Saat Berboncengan

Saat kita berkendara di jalan raya, tentu ada hal- hal yang harus kita patuhi demi keselamatan bersama. Sebagian, telah di atur melalui rambu- rambu lalu lintas. Dimana, rambu- rambu tersebut harus kita patuhi untuk keselamatan bersama selama berkendara di jalan raya.

Namun, ada beberapa peraturan yang tidak tertulis maupun ada rambu- rambunya, loh. Namun, tetap saja harus kita patuhi demi keamanan bersama. Misalnya mengani larangan saat berboncengan menggunakan sepeda motor.

Baca Juga: 4 Tips Aman Naik Motor Bagi Wanita Berhijab

Ya, meskipun berboncengan dengan sepeda motor diperbolehkan, namun ada beberapa hal yang di larang sat berboncengan menggunakan sepeda motor. Dikarenakan tidak tertulis, mungkin tanpa sadar kita pernah melakukannya.

Jadi, langsung saja kita ke artikel berikut ini untuk mengetahui apa saja hal yang di larang saat berboncengan menggunakan sepeda motor. Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Boncengan Bertiga

Hal yang di larang saat berboncengan menggunakan sepeda motor salah satunya adalah boncengan bertiga. Ya, hal ini mungkin sering terjadi di sekitar kita atau bahakn kita sendiri pernah melakukannya.

Numpang sih boleh saja, tapi jangan semuanya juga. Sebab hal ini sangat berbahaya jika dilakukan.
Boncengan bertiga sendiri masuk dalam kategori melanggar peraturan lalu lintas. Moladiners yang nekat melakukannya bisa dikenakan denda Rp 500 ribu atau sanksi kurungan maksimal dua bulan.

Selain berbahaya dan melanggar peraturan, boncengan bertiga juga dapat berakibat burujkpada motor. Yups, motor kesayangan kalian pun bisa cepat rusak kalau terus-terusan dipakai boncengan bertiga.

Hal yang di Larang Saat Berboncengan
Hal yang di Larang Saat Berboncengan (Sumber Gambar: Google)

Hal ini dikarenakan motor menanggung beban yang melebihi batas pengangkutan. Selain itu jok motor hanya didesain untuk mengangkut maksimal dua orang dewasa. Sayang kan kalau masa pakai motor berkurang karena kalian ugal-ugalan dalam menggunakannya.

Entah apa motifnya sehingga melakukan boncengan bertiga, namun hal ini dilarang ya guys. Biasanya hal ini dilakukan oleh anak remaja. Dimana karena tubuh mereka kecil, alhasil selama masih ada space di jok masih bisa tambah orang.

Mulai sekarang hindari hal ini ya guys. Sebab boncengan lebih dari satu itu jelas-jelas menyalahi aturan dan berbahaya.

Dilarang Duduk Miring

Hal yang di larang saat berboncengan menggunakan sepeda motor yang selanjutnya adalah dilarang duduk miring bagi yang di bonceng. Hal ini juga berhubungan dengan kemanan dan keselamatn selama berkendara.

Sebab, duduk miring masih juga sering dilakukan. Terutama oleh para kaum hawa, dimana justru dengan sengaja mereka duduk secara menyamping. Padahal posisi duduk ini berbahaya. Sebab bisa kamu bisa tiba-tiba merosot saat pengemudi memiringkan motor untuk berbelok.

Hal yang di Larang Saat Berboncengan
Hal yang di Larang Saat Berboncengan (Sumber Gambar: Google)

Lalu bagimana posisi yang ideal saat kita dibonceng? Jadi, posisi duduk ideal boncenger adalah menghadap depan. Selain itu jangan sampai juga, duduk dengan menyiskan space di tengah- tengah. Maksudnya yang dibonceng duduk terlalu belakang, sehingga ada sisa ruang ditengah.

Hal ini juga akan berdampak pada keseimbangan saat membawa motor. Pastikan jika posisi duduk Anda yang dibonceng telah nyaman. Mengingat bonceng di sepeda motor tidak seperti kita duduk di dalam mobil yang bisa dengan leluasa dengan berbagai gaya bisa duduk.

Di sepeda motor kita cenderung memiliki posisi duduk yang monoton, sehingga salah satu cara untuk menikmatinya ya harus mencari posisi duduk paling nyaman. Apalagi jika jarak yang ditempuh cenderung jauh.

Pasti posisi duduk akan mepengaruhi rasa nyaman kalian buka? Dengan posisi duduk nyaman kita menjadi tidak mudah capek dan lelah. Jadi saat membonceng sepeda motor silakan cari posisi ternyaman untuk duduk.

Posisi duduk ini juga mempengaruhi keseimbangan pengendara sepeda motor lho, kalau posisi benar maka pengendara akan mudah mengendalikan motor. Posisi boncenger yang benar adalah duduk hadap depan sambil berpegangan kepada pengendara motor.

Hal yang di Larang Saat Berboncengan
Hal yang di Larang Saat Berboncengan (Sumber Gambar: Google)

Dan yang diboneceng juga harus mengikuti gerakan pengendara saat riding, biar motor tetap stabil saat di tikungan.

Merokok & Bermain HP

Hal yang di larang saat berboncengan menggunakan sepeda motor yang selanjutnya adalah dilarang merokok dan bermain HP. Ya, baik yang mengemudikan maupun yang dibonceng dilarang ya melakukan hal ini.

Pemerintah tidak memperbolehkan merokok saat berkendara. Alasan yang pertama karena abu rokok yang dibuang sembarangan berbahaya bagi pengendara motor yang lain apabila tidak mengenakan helm fullface.

Selain itu, bagi pengemudi merokoko dapat mengganggu konsentrasi, serta membuat tangan tidak dalam kondisi waspada seperti yang dianjurkan. Hal ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 Tahun 2019, pasal 6.

Pasal tersebut berbunyi, pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai motor. Selain itu larangan merokok saat mengendarai motor juga ada di Undang-Undang No 22 Tahun 2019 pasal 106 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Peraturan ini menegaskan bahwa pengemudi sepeda motor wajib mengemudikan kendaraannya dengan penuh konsentrasi. Nah, pada pasal ini juga merujuk untuk larangan mengoperasikan HP saat berkendara.

Baca Juga: Tips Naik Motor Berboncengan: Utamakan Keamanan & Kenyamanan

Dimana, hal ini berlaku untuk pengemudi maupun yang dibonceng, ya. Jadi, apabila memang benar-benar menunggu telepon atau pesan yang maha penting, lebih baik minggir dulu di tempat aman.
Setelah itu baru kalian bisa angkat telepon atau membaca pesan yang masuk ke ponsel.

Itulah hal yang di larang saat berboncengan menggunakan sepeda motor. Jangan lakukan hal tersebut demi kemanan di jalan raya, ya. Pastikan juga Anda juga menggunakan safety riding secara lengkapn, ya guys.