Gempa Saat Naik Motor: Apa Yang Harus Dilakukan?

Gempa merupakan salah satu musibah yang datangnya tidak dapat kita tebak. Jabi, bisa saja gempa datang saat kita sedang naik motor misalnya. Gempa saat naik motor? Lalu, apa yang harus kita lakukan ketika gempa saat naik motor?

Tentu gempa saat naik motor tidak pernah terlintas di fikiran kita dan menjadi kenyataan. Namun yang namnya bencana alam kita kan tidak tahu kapan datangnya. Siapa tahu jika suatu hari akan ada gempa dan posisi kita sedang naik motor.

Cara mengamkan diri ketika gempa dan posisi naik motor tentu berbeda dengan saat kita di dalam ruangan. Mungkin, saat disekolah dulu kita sudah diajari tentang berlindung dari gempa saat berdaa di dalam gedung.

Namun, pasti belum diajari bagaimana cara mengamankan diri ketika gempa saat naik motor. Nah, pasti banyak yang belum tahu hal apa yang harus dilakukan saat gempa datang dan kita sedang menegndari motor.

Padahal pengetahuan bagaimana berlindung saat ada gempa saat membawa kendaraan sama pentingnya berlindung dari gempa ketika berada di dalam gedung atau ruangan.

Tips Aman Ketika Gempa Saat Naik Motor

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar aman ketika gempa saat naik motor. Tentu saja tips berikut harus dilakukan saat gempa terjadi demi kemanan smeua pengguna jalan raya.

Jadi, bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh atau memang sering bekkendara simak sampai selesai ya. Selamat membaca.

Gempa Saat Naik Motor (Sumber Gambar: Google)
Gempa Saat Naik Motor

Menghindari Kendaraan Besar

Tips aman ketika gempa saat naik motor adalah menghindar dari kendaraan yang lebih besar. Segera menjauh dari kendaraan yang mempunyai ukuran besar seperti truk tronton, atau mobil penganggkut endaraan, truk dan lain- lainnya.

Hal ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak di inginkan ketika kendaaraan yang lebih besar tersebut oleng dan akhirnya roboh karena guncangan gempa. Jadi sebaiknya menjauh. Utamakan untuk selamatkan diri Anda sendiri terlebih dahulu dibanding kendaraan.

Baca Juga: Berkendara Melewati Rel Kereta Api: Yuk Hati- Hati!

Jadi, jika motor Anda tidak memungkinkan untuk di bawa menjauh dari kendaraan yang lebih besar. Selamatkan saja terlebih dahulu diri Anda. Selain itu, hindarilah tiang listrik, pohon besar, maupun baliho yang berpotensi roboh akibat gempa bumi.

Pelankan Laju Kendaraan dan Menepi

Tips aman ketika gempa saat naik motor yang selanjutnya adalah pelankan kecepatan kendaraan ketika melaju dan cobalah untuk menepi. Ya, jika Anda merasakan jalan bergoyang maka segera pelankan kendaraan.

Usahakan sambil memlenakan kecepatan, Anda juga sambil menepi untuk berhenti. Namun, apabila tidak memungkinkan untuk segera menepi dan turun dari motor, maka kurangilah kecepatan berkendara hingga 10-20 km per jam. Kemudian, carilah lahan atau tanah lapang yang aman untuk berhenti.

Perlu diperhatikan untuk tidak sembarangan dalam menepi, ya. Jadi, hindari berhenti di tempat yang rawan seperti dibawah pohon, tiang listrik atau bangunan tinggi karena dikhawatirkan benda-benda tersebut dapat rubuh sewaktu gempa terjadi.

Carilah tempat yang terbuka. Ingat, khawatirkan diri sendiri daripa kendaraannya ya. Asalkan kendaraan tidak mengganggu sudah menpi, segera selamatkan diri Anda.

Gempa Saat Naik Motor
Gempa Saat Naik Motor (Sumber Gambar: Google)

Jangan Berhenti Mendadak

Tips aman ketika gempa saat naik motor yang selanjutnya adalah jangan berhenti mendadak. Ya, poin yang satu ini terhubung dengan poin sebelumnya. Dimana disarnkan untuk mengurangi kecepatan sambil menepi sebelum akhirnya berhenti.

Meskipun berusaha mencari tempat aman atau sudah di tempat aman, jangan berhenti mendadak. Sebab, hal ini berisiko menimbulkan kecelakaan bagi pengemudi, dan orang-orang lain di sekitar. Nah, tetap gunakan lampu untuk komunikasi.

Nyalakan lampu sein jika ingin menempi. Segawat apapu keadannya jangan panik dan tetap lakukan Nah, Jangan pula memacu gas dan ngebut waktu terjadi gempa. Karena guncangan akibat gempa bumi berisiko membuat motor semakin tidak stabil, dan berpotensi membuat terpelanting.

Usahakan Rebahkan Sepeda Motor

Tips aman ketika gempa saat naik motor yang selanjutnya juga masih saling berhubungan dengan poin sebelumnya. Yaitu usahakan untuk merebahkan sepeda motor saat akan di tinggal. Jadi, begitu mendapatkan area aman untuk berhenti, segera merebahkan motor.

Jangan parkirkan motor dengan standar ganda maupun standar samping. Motor dapat terjatuh dan mencelakai diri sendiri maupun orang lain yang ada di dekatnya. Yang pertama harus diingat ketika mengalami gempa bumi saat naik motor di jalan adalah berusaha sebisa mungkin agar tetap tenang dan tidak panik.

Gempa Saat Naik Motor
Gempa Saat Naik Motor (Sumber Gambar: Google)

Jangan memaksakan diri untuk tetap berkendara. Apabila tidak memungkinkan menyelamatkan motor karena guncangan gempa yang kuat, tinggalkan motor dan selamatkan diri dengan cara berjalan kaki.

Amankan motor dengan cara direbahkan, sehingga pengendara lain juga tidak terkena risiko kejatuhan motor Anda. Sebab jika motor jatuh ke arah kanan, hal ini akan membahayakan. Sipa tahu di sebelah kanan masih ada pengendara yang melajukan motornya unuk mencari tempat yang aman.

Itulah tips aman ketika gempa saat naik motor. Intinya jangan panik saat mulai merasakan gempa. Nah, yang perlu dingat adalah pastikan untuk menyelamatkan diri sendir. Jangan khawatirkan motor. Mengingat biasanya kita malah lebih mengkhatirkan motor kita dibanding diri sendiri.

Alhasil motor tidak mau di tinggal untuk mengamankan diri. Tetap utamakan keselamtan diri sendiri, ya. Selain itu, yang paling penting jangan panik. Sehingga, Anda dapat berlindung dengan aman ketika gempa datang.

Gempa bumi bisa terjadi kapan saja termasuk saat sedang mengendarai motor di jalan. Itu karena gempa menjadi salah satu bencana alam yang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi.

Baca Juga: Berapakah Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal? Berikut Ulasannya!

Yang pertama harus diingat ketika mengalami gempa bumi saat naik motor di jalan adalah berusaha sebisa mungkin agar tetap tenang dan tidak panik. Jangan memaksakan diri untuk tetap berkendara.

Apabila tidak memungkinkan menyelamatkan motor karena guncangan gempa yang kuat, tinggalkan motor dan selamatkan diri dengan cara berjalan kaki. Sealau waspa ketika berkendara, jadi jika ada guncangan gempa Anda dapat langsung menydarinya dan mengambil tindakan.