Ide Mendesain Garasi Mobil Minimalis yang Pas dengan Desain Rumah

Bagi sebagian orang, garasi mungkin hanya sebatas ruang tambahan yang antara perlu atau tidak perlu untuk dibuat bagus. Sementara bagi sebagian yang lain, saat membuat garasi mobil minimalis sekalipun diperlukan pertimbangan yang matang.

Tujuannya tentu agar mendapatkan kualitas konstruksi, estetika, hingga efisiensi anggaran yang sesuai keinginan.

Pada beberapa kasus, pemilik rumah minimalis biasanya dibuat bingung dalam menentukan ukuran dan perencanaan desain. Termasuk opsi material yang akan digunakan, memilih tukang yang profesional serta mengestimasi biaya yang nantinya perlu dianggarkan.

Kali ini saya akan mengajak Anda untuk bicara soal bagaimana merancang garasi rumah minimalis dari sudut pandang yang sedikit berbeda.

Kita akan coba sesuaikan desainnya dengan ukuran rumah dan kontur tanah dimana hunian Anda berdiri. Selanjutnya, kita akan sama-sama mencari alternatif desain terbaik yang paling tepat.

Yang Harus Dipikirkan Saat Hendak Membangun Garasi Mobil Minimalis

Seiring dengan perkembangan tren memiliki hunian minimalis ternyata juga berlaku tren memiliki kendaraan prbadi, dalam hal ini mobil. Tren ini otomatis juga memacu setiap orang untuk memperhatikan pola desain garasi sebagai “kandang” nya.

garasi mobil minimalis

Sudah bukan rahasia umum dalam merancang konstruksi apapun, sudah semestinya memperhatikan komponen-komponen penting penunjangnya. Dalam hal ini garasi, setiap elemen yang diperlukan seperti misalnya konsep dasarnya apakah akan jadi garasi terbuka atau tertutup mesti dipikirkan sejak awal.

Mesti dipahami bahwa garasi adalah ruangan yang dibuat agar mobil Anda terlindungi dari berbagai potensi bahaya. Hujan, panas, atau bahkan potensi pencurian. Garasi bisa jadi solusi terbaik dalam membuat mobil Anda terlindung secara fisik saat di rumah.

Jadi, terlepas dari apakah Anda membuat garasi setelah rumah jadi atau membuat garasi sebagai bangunan baru, poin pentingnya adalah jangan anggap bahwa merencanakan desain garasi itu tidak penting.

Sebab, seperti halnya bangunan rumah pada umumnya mesti memastikan desain dasar, kualitas material, dan konstruksinya yang benar-benar pilihan.

4 Poin Penting dalam Membangun Garasi Mobil Minimalis

Pada beberapa kasus, membangun garasi rumah memerlukan banyak pertimbangan. Mulai dari bagaimana konsep dasarnya lalu pemilihan elemen jenis apa yang akan digunakan, dan lain-lain.
Untuk lebih jelasnya mari kita urai satu-satu apa saja yang perlu dipikirkan saat hendak membangun garasi mobil di rumah minimalis.

1. Model garasi

Ini adalah syarat nomor wahid yang harus Anda pikirkan sejak awal.

Mengapa tipe dan model garasi yang akan dibuat itu penting untuk dipikirkan sejak awal? Sebab, inilah yang nantinya akan menentukan hasil jadi garasi Anda termasuk berapa budget yang perlu Anda siapkan untuk membeli materialnya.

Yang dimaksud dengan tipe garasi disini adalah apakah akan didesain berpintu atau terbuka. Termasuk apakah keseluruhan pintunya full atau setengah saja.

Atau malah jika bicara soal ini di era saat ini, bisa jadi Anda kepincut untuk membuat pintu garasi otomatis. Anda tidak perlu lagi repot membuka dan menutup, dengan bantuan sensor dan mikrokontroller, garasi Anda akan terbuka dan menutup otomatis.

Namun bukan itu topik yang akan kita bahas kali ini.

Kita akan bicara soal bagaimana grand design dari garasi mobil yang akan dibuat. Semakin detail Anda mengimajinasikan desain tersebut bisa dipastikan pengerjaannya juga akan semakin sempurna.

2. Ukuran garasi

Pertama, coba cek atau ingat-ingat lagi berapa ukuran rumah Anda. Jika Anda membuat garasi mobil bersamaan dengan pembangunan rumah maka mungkin ini tidak jadi masalah besar. Karena Anda tentu sudah memikirkannya sejak awal.

Lain ceritanya jika Anda membangun garasi saat rumah sudah berdiri. Anda perlu mempertimbangkan bagian mana dari rumah yang akan diubah menjadi “kamar” mobil Anda.

Untuk menentukan luas dan ukuran garasi bisa dilakukan dengan perbandingan luas rumah atau jumlah dan ukuran mobil. Atau bisa juga salah satunya saja.

Jika Anda hendak mengakomodasi garasi untuk mobil yang jumlahnya lebih dari satu perlu juga dipikirkan sedari awal. Ukuran garasi harus didesain muat untuk mobil dengan jumlah tersebut.

Untuk mobil-mobil berukuran kecil dimana rata-rata lebar dan panjang mobil 1,5 x 3,5 m, bisa gunakan sistem perkiraan ukuran garasi sebesar 2,5 x 4,8 m. Sementara untuk mobil-mobil berukuran lebih besar bisa menggunakan ukuran 3,5 x 5 m. Kalikan dengan Anda akan mengakomodasi berapa mobil untuk bisa masuk ke dalam garasi.

INGAT! Hitung juga perkiraan space kosong untuk pintu mobil saat terbuka penuh. Jangan sampai salah perhitungan hingga tidak sadar jika harus memperhitungkan daun pintu mobil saat membuka.

3. Penempatan area garasi

Ini penting sebab tidak hanya bisa di satu sisi, garasi Anda bisa diletakkan di bagian depan. Meski sebenarnya ini juga tergantung dari seperti apa denah rumah Anda.

Garasi mobil bisa ditempatkan di samping atau depan rumah, di lantai satu atau lantai dua. Penempatan garasi yang tidak biasa akan menambah kesan rumah Anda terlihat berbeda.

Selain itu, penempatan garasi yang pas juga bisa menjadi salah satu kriteria rumah yang aman. Anda bisa membaca artikel soal tips garasi aman. Artikel tesebut membahas tentang bagaimana sebuah garasi didesain dengan evektivitas tinggi agar memenuhi aspek keamanan.

4. Warna cat tembok

Seperti halnya ruangan dalam (interior) dan luar (eksterior) rumah. Garasi sebagai bagian dari eksterior, pemilhan warnanya juga tidak boleh sedikitpun diabaikan. Merencanakan warna cat tembok yang bagus dan sesuai dengan tema yang diusung akan membuat rumah Anda lebih bagus dan estetis.

Dalam memilih warna cat tembok untuk garasi bisa disesuaikan dengan warna ruangan eksterior lainnya. Menurut salah satu perusahaan cat ternama Indonesia, vinilex, warna merah bata berkombinasi hitam akan membuat eksterior terlihat mewah. Bayangkan jika garasi rumah Anda menerapkannya maka kesan elegan dan luas akan terasa.

5. Material lantai, atap/plafon, dan penerangan

Selain elemen di atas sebelumnya, material lantai juga perlu dipikirkan. Yaitu tentang bahan, warna dan motif lantai garasi seperti apa yang sesuai dengan konsep rumah.

Yang jelas lantai garasi dan lantai interior rumah harus dibedakan. Jangan sampai menggunakan lantai dalam rumah untuk garasi. Kita tahu tekstur dan sifat materialnya berbeda.

Bicara soal material lantai, batu alam bisa jadi material lantai paling aman untuk digunakan. Anda hanya tinggal mencari referensi motif yang tepat agar tampilan lebih memukau. Anda bisa ulasan lengkap tentang cara memasang batu alam di sini.

Sementara itu, untuk atap garasi, Anda bisa mengkondisikan sendiri akan dibuat seperti apa. Apakah akan sama dengan plafon ruang dalam rumah (interior) ataukah akan dibedakan warnanya.

Ide lain yang bisa diterapkan ialah dengan membuat garasi beratap kaca transparan. Ide ini bisa Anda terapkan jika tidak ingin pusing-pusing membuat ruangan khusus untuk kamar mobil Anda. Desain ini juga bisa dijadikan ide untuk memanfaatkan bagian depan rumah jika Anda memiliki luas halaman yang lebih dari cukup.

Pemilihan plafon ini penting sebeb nantinya juga akan berpengaruh pada sistem pencahayaan/penerangan di garasi. Jika menggunakan plafon bercat putih, lampu penerangan bisa juga warna putih. Lampu berwarna kuning bisa jadi alternatif pilihan yang tepat untuk mendapatkan suasana garasi yang lebih elegan.

Dalam memilih lampu penerangan, Anda bisa berpathokan pada warna lampu kuning yang bisa membawa cahaya terang. Atau bisa juga bertearna putih agar lebih cerah dan memberikan nuansa semangat. Bisa juga dnegan putih warna biru agar suasana ruangan lebih redup namun tetap indah.

7. Jenis pintu

Ini hanya ulasan tambahan untuk poin nomor satu.

Ada beberapa macam jenis garasi yang bisa didesain yaitu terbuka dan penutup. Anda bisa mendesain garasi terbuka tanpa pintu atau bisa juga tertutup dengan pintu atau gerbang.

Untuk mendesain garasi tanpa pintu maka pastikan dulu jika bagian depan rumah Anda terpasang pagar/gerbang. Ini akan menunjukkan seberapa besar komitmen Anda dalam menjaga keamanan rumah.

Jika Anda lebih suka garasi minimalis dengan pintu, Anda bisa memilih konsep yang tepat. Salah satu ide yang bisa diadopsi diantaranya adalah pintu dari bahan kayu. Ini cukup pas untuk Anda yang menyukai konsep alam atau meneruskan konsep rumah Anda sebelumnya.

Baca: Mau Mudik Dengan Mobil Pribadi? Cek Dulu Kondisi 11 Bagian Berikut!

Ide Desain Garasi Rumah Minimalis dalam Berbagai Kondisi Tanah

Semakin Anda memahami konsep dasar rumah Anda, maka akan semakin mudah juga untuk Anda menempatkan setiap ruangan.

Misalnya dalam hal ini kita sedang bicara soal garasi rumah. Konsep desain yang akan diusung pada desain garasi bisa disesuaikan dengan konsep utama rumah Anda.

Berikut ini beberapa ide desain garasi mobil minimalis yang bisa ditiru dan disesuaikan dengan kondisi rumah Anda.

Garasi di halaman samping

Ini mungkin salah satu ide mainstream yang sering ditemukan. Lahan sisa di samping rumah bisa Anda manfaatkan untuk garasi.

Untuk bagian atapnya, Anda bisa mengadopsi atap dari kaca sekedar untuk melindungi dari hujan. Dengan konsep garasi terbuka akan membuat rumah Anda lebih elegan dan enak dipandang.

Garasi mobil minimalis di lantai atas

Untuk Anda yang memiliki rumah di lahan yang miring atau tinggal di pegunungan dengan kontur tanah tidak datar bisa aplikasikan konsep ini. Rumah dengan konsep underground bisa memanfaatkan sisi atas sebagai garasi sekaligus ruang tamu.

Konsep garasi mobil minimalis seperti ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai garasi dengan konsep terbuka. Anda tetap bisa menambahkan atap dari kaca transparan. Suasana alam yang sejuk berpadu dengan konsep garasi yang anti mainstream akan terlihat beda dari yang lain, keren.

Garasi mobil minimalis Undergrorund

Untuk Anda yang suka dengan desain unik dan anti mainstream bisa gunakan desain ini. Ruang garasi mobil ada di bawah tanah bisa dijadikan inspirasi desain yang aman.

garasi

Setiap Anda masuk ke dalam rumah bisa langsung memarkirkan kendaraan ke ruangan bagian bawah. Anda bisa memadukan konsep dasar ini dengan pintu garasi otomatis.

Konsep garasi ini akan membuat mobil mewah Anda lebih aman lantaran bisa meminimalisir potensi pencurian. Bisa didesain dengan pintu otomatis yang sekarang sedang tren. Saat Anda tiba di rumah tanpa harus turun dari mobil, pintu garasi akan membuka dan menutup secara otomatis.

Garasi berkanopi kaca

Ide Mendesain Garasi Mobil Minimalis yang Pas dengan Desain Rumah 1

Ini yang sudah saya singgung di awal bahwa ide garasi mobil minimalis juga bisa menerapkan kanopi kaca sebagai pelindung atasnya. Dengan tambahan tanaman hias, garasi Anda akan terasa lebih natural.

Ada beberapa alternatif kanopi yang bisa dipilih: spandek, polikarbonat, alderon upvc dan juga kaca.

Dari sekian pilihan yang bisa Anda terapkan, beberapa diantaranya bisa Anda pilih untuk diadopsi di rumah minimalis Anda. Semoga menginspirasi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.