Tips Ganti Sarung Jok Mobil, Yuk Modifikasi Interior Mobil!

Ganti sarung jok mobil merupakan salah satu hal yang dilakukan apabila Anda melakukan modifikasi interior mobil. Ganti sarung jok mobil termasuk dalammodifikasi ringan. Selain itu, ganti sarung jok mobil akan mengumbah suasana mobil Anda.

Nah, agar benar membuat mobil semakin nyaman, maka ada beberapa tips dalam mengganti sarung sarung jok mobil yang perlu diperhatikan. Ya, selain itu meskipun tergolong modifikasi sederhana, namun menganti sarung jok mobil membutuhkan dana yang lumayan.

Apalagi jika sarung jenis jok mobil yang Anda pilih memang sudah mahal. Nah, itulah sebabnya Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum ganti sarung jok mobil.

Tips Ganti Sarung Jok Mobil

Ganti sarung jok akan mendongkrak tampilan interior mobil. Kendaraan akan terlihat lebih mewah atau sporty, sesuai motif yang dipilih. Selain itu, penggantian sarung jok juga bisa menambah kenyamanan berkendara.

Artikel kali ini akan membahas secara jelas mengenai tips- tips mengenai ganti sarung mobil. Ya, sehingga sarung jok mobil tidak hanya menambah keren ineterior mobil, namun juga menimbulkan rasa nyaman bagi pengendara dan penumpang mobil.

Apa saja tips tersebut? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Memperhatikan Bahan yang Digunakan

Tips pertama dalam ganti sarung jok mobil adalah bahan yang digunakan. Pilihlah bahan yang berkualitas dan sesuai dengan selera Anda. Biasanya, bahan yang sering dipakai adalah kulit asli dan semi kulit atau kulit sintetis. Namun dari kenyamanan, tentu kulitas kulit asli sudah tidak iragukan lagi.

Jadi, kulit jok asli ketika Anda bersentuhan dengan kulit atau diduduki, memberikan efek sejuk dan tidak panas. Selain itu tentu dari sisi prestise, menggunakan kulit asli tentu akan lebih mewah. Wah, bagi Anda yang menginginkan sentuhan mewah pada mobil, jok kulit akan sesuai dengan Anda.

Baca Juga: Komponen Mobil Terkena Banjir: Apa Saja Yang Harus Diperiksa Agar Tidak Rusak?

Namun sekali lagi, dalam pemilihan bahan pelapis jok mobil melihat beberapa faktor. Pertama tentu saja adalah dana. Untuk, kulit asli misalnya dibandrol dengan harga hingga Rp30 jutaan untuk satu mobil.

Nah, sednagkan untuk jenis kulit sintetis tentu lebih terjangkau dengan beragam merek serta bahan yang ditawarkan. Apabila Anda memiliki budget yang cukup tidak ada salahnya memilih kulit asli.

Jangan sampai karena gengsi ingin tampilan jok yang oke tapi budget-nya kurang. Budget juga disesuaikan dengan jenis mobilnya, mobil kelas atas jelas budget-nya akan lebih mahal dari mobil yang biasa.

Ganti Sarung Jok Mobil
Ganti Sarung Jok Mobil (Sumber Gambar: Google)

Namun, jika budget enggak mencukupi, tidak ada salahnya kok memilih kulit sintetis. Bahan dengan jenis ini memiliki harga yang lebih murah dan kualitas yang cenderung lebih kuat. Untuk kulit sintetis, memiliki perawatan yang lebih mudah daripada kulit. Ya, kemudahan sintetis adalah mudah dibersihkan tidak seperti kulit asli atau fabric.

Bahkan dapat dilakukan di rumah. Jika ada noda membandel, disarankan menggunakan minyak kayu putih. Bahan ini dapat mengangkat kotoran namun tidak merusak. Oleskan dan gosok perlahan sampai kotoran tersebut hilang.

Meski terkenal cukup panas saat bersentuhan dengan kulit, namun beberapa merek saat ini mampu memberikan efek yang sama seperti penggunaan kulit asli. Dari segi warna, bagi yang gemar tampil beda, pilihan warna pada kulit sintetis lebih beragam. Bagi yang mementingkan rasa saat sentuhan, kulit sintetis tidak memiliki pori seperti kulit asli.

Selain itu dari segi warna, kulit sintetis lebih cepat memudar. Namun bila rajin dalam perawatan kekurangan ini dapat dihindari dan memperpanjang penampilan kulit sintetis.

Pertimbangkan Reputasi Spesialis Jok

Tips ganti sarung jok mobil yang selanjutnya adalah mempertimbangkan reputasi spesialis jok. Jangan lupa, pilih pembuat jok yang berkualitas. Sebab, saat ini pembuat jok banyak sekali,. Namun, perlu hati- hati jangan sampai tertipu.

Pilihlah yang track record-nya bagus. Jangan sampai tergiur dengan harga murah, cari yang berkualitas dan bergaransi, jadi hasilnya juga akan memuaskan. Anda dapat menanyakan ke beberapa orang terdekat yang pernah atau tahu memodifikasi jok mobil atau bisa juga menanyakan langsung pada bengkel pembuat cover jok mobil agar mendapatkan merek dengan kualitas yang terpercaya.

Ingat, jangan cari bengkel jok mobil bukan semata-mata karena harganya murah tapi juga harus memiliki track record yang baik.

Ganti Sarung Jok Mobil
Ganti Sarung Jok Mobil (Sumber Gambar: Google)

Cara Pemasangan Sarung Jok Mobil

Tips ganti sarung jok mobil adalah memiih pemasangan sarung jok mobil yang sesuai dengan keinginan Anda. Jadi, tidak hanya warna, motif atau jenis sarung jok yang harus Anda pilih. Namun juga cara pemasangan sarung jok mobil.

Ada tiga cara dalam memodifikasi jok mobil yaitu paten, semi paten dan sarung. Dimana masing-masing punya poin kelebihan dan kekurangan.

Jenis pertama adalah jenis memasangan bernama jok paten. Cara ini dinilai cukup baik karena lapisan jok lama diganti dengan bahan pelapis baru. Alhasil, lebih rapih, dan nyaman karena dilakukan ulang fitting bentuk dan busa.

Ganti Sarung Jok Mobil
Ganti Sarung Jok Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jenis kedua untuk pemasangan jok adalah jok sarung. Cara ini paling praktis dan relatif murah. Cara seperti ini banyak dipilih oleh pengguna mobil, tetapi kekurangannya penampilan jok sarung tidak rapih, timbul gelembung dan mudah bergeser sehingga tidak nyaman digunakan.

Umumnya, cara ganti sarung jok mobil seperti ini dipilih hanya untuk melindungi jok asli agar tidak cepat rusak atau kotor.

Baca Juga: Yuk Cek Perawatan Mobil Setelah Banjir Agar Harga Mobil Tidak Anjlok!

Jenis yang ketiga bernama semi permanen. Semi permanen akhir-akhir ini jarang ditawarkan sebagai modifikasi jok paten. Sebarnya, cara ini cukup simpel. Sebab tidak melepas lapisan jok lama, hanya ditumpuk menggunakan sarung yang menggunakan tali atau risleting.

Metode ketiga itu hampir sama dengan jok sarung, risiko menggelebung, dan lapisan bahan terlihat tidak pas sudah pasti terjadi.

Itulah tips ganti sarung jok mobil yang perlu Anda perhatikan. Yaitu jenis jok, cara memasangnya, dan juga pastikan yang mengganti adalah orang yang profesional.

Anda dapat bertanya tanya untuk mendapatkan informasi cukup kepada teman atau ahlinya. Sehingga, nanti hasilnya benar- benar sesuai dengan Anda.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.