Saat ini, game tidak hanya berupa permainan yang dapat membuat kencanduan dan lupa waktu. Namun, sudah banyak game edukatif anak yang bermanfaat. Sehingga, para orang tua tidak perlu khawatir ketika game ini ada di gadget anak- anak.

Game edukatif anak ini telah dirancang tidak hanya untuk ramah anak, namun juga menstimulus kemmapuan anak. Seperti kemampuan menghitung, membaca bahkan memecajkan masalah. Sehingga, tidak perlu khawatir akan muncul unsur- unsur yang tidak sesuai dengan nilai anak.

Seperti perilaku kekerasan, pornografi, atau bahkan perilaku kriminal lainnya. Hal ini tentu akan mengurangi tugas Anda untuk selalu mengawasi anak ketika bermain game di gadget bukan? Sebab Anda tahu jika game tersebut aman untuk anak Anda.

Game edukatif ini dapat Anda download melalui appstore maupun playstore.

Berikut telah kami rangkum mengenai game edukatif anak yang bermanfaat, sehingga Anda tidak ragu untuk mendownloadnya. Sebab, game edukatif anak ini akan membantu anak belajar dan meraih prestasi yang cemerlang.

Game Edukatif Anak: Educational Game for Kids – Math

Educational Game for Kids – Math adalah salah satu yang dapat dipertimbangkan untuk di download. Ya, dari namnya kita pasti sudah tahu jika game ini memfokuskan pada kemampaun matematika anak.

Namun taukah Anda jika pada game ini soal disajikan dalam bentuk bahasa inggris. Ya, artinya anak- anak tidak hanya akan melatih kemampuan menghitungnya, namun juga melatih kemampuan bahasa inggris.

Baca juga: Rekomendasi aplikasi belajar bahasa korea yang mudah

Wah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Game edukatif ini disajikan dalam tahapan yang berbeda. Dimana, awalnya game ini menyajikan soal dasar matematika untuk anak- anak di sekolah dasar. Semakin bertambahnya tingkat, maka soalnya akan semakin rumit.

Game Edukatif Anak
Game Edukatif Anak (Sumber Gambar: Google)

Game Edukatif Anak: Educational Games, Memory

Rekomendasi game edukatif anak yang selanjutnya adalah Educational Games, Memory. Game yang satu ini akan mengajak anak- anak untuk mengingat. Jadi, kemampuan mengingat anak akan dilatih pada permainan ini.

Sama dengan game matematika, game yang satu ini juga terdiri dari beberapa level. Dimana level yang ditawarkan yaitu ada 3 level yang berbeda yakni easy, medium, dan hard.

Tentu saja game ini akan menyajikannya dalam sebuah permainan yang menarik. Pemainnya akan diminta untuk mengingat barang, mencari gambar berbeda, dan masih banyak lagi game seru lainnya.
Anak akan dilatih untuk mengingat dari level yang mudah samapi sulit. Hal ini tentu akan bagus untuk mengasah kemampuan mengingat anak Anda, bukan?

Game Edukatif Anak: Little Panda’s Restaurant

Game edukatif anak selanjutnya juga berbeda dari kedua game sebelumnya. Dimana game yang satu ini menggunakan hewan sebagi tokoh utamanya. Yaitu Panda. Ya, Little Panda’s Restaurant dapat menjadi pilihan game edukatif anak selanjutnya yang dapat Anda download.

Lalu edukasi apa yang dihadirkan aplikasi game ini untuk anak Anda? Game ini merupakan permainan peran. Dimana, dalam anak-anak akan berperan sebagai koki yang memasak berbagai macam hidangan.

Mereka dapat belajar untuk menjalankan restoran mereka sendiri, memperkenalkan hidangan khusus untuk pengunjung, menyajikan pesanan sesuai keinginan pelanggan, dan lain sebagainya.

Menu yang digambarkan dalam permainan ini berjumlah lebih dari 20 makanan penutup dan hidangan dari berbagai budaya, termasuk barbekyu, lumpia, kue cokelat, sandwich, sushi, kue keju, dan banyak lagi. Di sini, anak-anak dapat menunjukkan bakat memasak mereka dan membuat hidangan apa pun yang mereka inginkan.

Hidangan dalam permainan juga sangat mudah dimasak. Anak-anak dapat memilih bahan apa saja dan memasak dengan cara mereka sendiri. Mengiris, mencampur, merebus, menggoreng atau memanggang dengan sentuhan sederhana.

Selain itu, anak akan menmabah pengetahuan mengenai jenis dan nama bahan makanan. Bagimana, seru bukan?

Game Edukatif Anak: Soal Ujian SD

Rekomendasi untuk game edukatif selanjutnya adalah untuk anak- anak yang akan menempuh ujian nasional pada tingkat sekolah dasar. Ada game soal ujian SD yang dapat di download. Game ini dirancang dengan berbagai soal yang dapat dikerjakan untuk latihan menjelang ujian sekolah atau Ujian Nasional.

Pada game ini ada beragam soal dari mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS, IPA, dan PPKn. Selain itu ada hal unik dari game ini. Dimana Soal Ujian SD ini juga disediakan fitur try-out. Ada pula pembahasan soal ujian agar anak-anak semakin memahami setiap soal yang dikerjakan. Kemudian, di akhir permainan Anda bisa mencetak sertifikat dan rapor ujian.

Wah, seru sekali ya. Dimana ada apresiasi dari game ini. Yaitu berupa sertifikat. Pasti hal ini akan menambah semangat anak- anak untuk mempersipakan ujian nasional mereka.

Game Edukatif Anak
Game Edukatif Anak (Sumber Gambar: Google)

Game Edukatif Anak: Edukasi Anak Muslim

Selanjutnya ada game bagi Anda yang beragam muslim. Dimana game ini dapat dijadikan sebagai game untuk belajar mengaji. Dimana, game ini memberikan edukasi pada anak berupa belajar solat, bacaan surat pendek, hingga doa-doa. Selain lengkap dengan banyaknya pilihan doa dan surat pendek.

Yang menarik dari game ini dimana Edukasi Anak Muslim menyuguhkan fitur audio. Jadi, dengan fitur tersebut, anak bisa mendengarkan cara melafalkan doa dengan baik dan benar. Wah, hal ini dapat menambah doa- doa untuk anak. Mengingat anak- anak masih sangat mudah untuk menghafal.

Selain, kelebihan lain dari game yang satu ini adalah, Anda tidak membutuhkan koneksi internet karena Edukasi Anak Muslim bisa dimainkan secara offline. Sehingga, game ini benar- benar dapat diakses dimanapun dan kapanpun oleh anak.

Game Edukatif Anak
Game Edukatif Anak (Sumber Gambar: Google)

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mendownload game edukatif anak yang disebutkan diatas? 5 rekomendasi game edukatif anak diatas dapat Anda pertimbangkan untuk permainan anak Anda. Namun, sebagus apapun game tersebut, sebagai orang tua Anda masih harus tetap mengawasinya.

Mungkin tidak akan sekaku jika bukan edukatif. Tapi pastikan bahwa anak- anak tidak memaikannya secara berlibihan. Dimana masih memeprhatikan waktu dan tidak mengganggu emsoionalnya ketika tidak diziinkan untuk tidak ebrmain game tersebut.

Jadi, tetap pastikan pengawasannya, ya.

Editted by orapada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *