Apa yang Anda ketahui tentang fungsi spion pada kendaraan? Spion juga mempunyai fungsi yang penting baik itu untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun, sayangnya Banyak pengendara yang tidak mengetahui betul fungsi dari kaca spion. Padahal, spion tidak hanya memiliki fungsi untuk melihat kendaraan sebelah kanan, sebelah kiri, atau posisi kendaraan dibelakang Anda. Namun, masih ada fungsi lain dari spion, loh.

Pada intinya, spion memiliki fungsi yang sangat penting dalam berkendara. Yakni memastikan Anda dalam posisi aman dalam berkendara tanpa menghalangi pengendara lain yang sedang berkendara juga. Dengan adanya spion motor pada bagian kanan dan kiri bodi motor, Anda bisa melihat seberapa jauh kendaraan yang ada di sekitar Anda. Dengan mengetahui hal itu, diharapkan Anda bisa mengambil tindakan setelah melihat pada spion.

Jadi, spion bukan hanya aksesoris pada kendaraan. Apabila anda ingin mengganti spion kendaraan dalam rangka modifikasi maka jangan lupakan kemaksimal fungsinya. Jangan hanya pilih spion yang bentuknya lucu atau menarik namun tidak dapat meaksimalkan fungsinya ya teman. Jadi, perhatikan betul saat akan memodifikasi spion kendaraan Anda. Sebab sekali lagi bahwa spion bukan hanya sekedar aksesoris.

Artikel kali ini akan mebahas mengenai fungsi spion pada kendaraan yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut ulasannya untuk Anda.

Fungsi Spion Pada Kendaraan: Menjaga Body Kendaraan

Salah satu fungsi spion pada kendaraan adalah untuk menjaga body kendaraan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk mobil namun juga berlaku untuk sepeda motor loh. Meskipun tingkat kebutuhannya lebih di dominasi untuk kendaraan roda empat. Sebab kendaraan roda empat tentu memiliki ukuran body yang lebih besar dari sepeda motor, untuk itu spion sangat diperlukan untuk menjaga body mobil baik dari goresan maupun menabrak sesuatu.

Apalagi saat jalanan yang ramai dan macet, membuat pengemudi dituntut untuk lebih waspada. Selain itu, spion juga akan membantu menjaga body kendaraan tergores saat akan parkir. Atau bahkan mencegah terjadinya tabrakan dengan benda lainnya saat parkir juga.

Selain itu, saat Anda spion juga berfungsi untuk melihat kondisi di belakang kendaraan Anda. Baik saat Anda mundur maupun saat akan melakukan putar balik. Sehingga kita dapat mengetahui apakah posisi kendaraan yang kita kemudikan menghalangi kendaraan lainnya. Jangan pernah memundurkan kendaraan tanpa menggunakan bantuan dari kaca spion.

Dengan adanya kaca spion, maka pengendara bisa terbantu melakukan manuver mundur. Terutama pad amobil atau kendaraan roda 4 dan lebih. Sedangkan, saat akan berpindah jalur, pengemudi wajib melihat spion. Apakah kondisi memungkinkan atau tidak. Dengan begitu, bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan dan juga tabrakan akibat berpindah jalur. Segera ganti spion apabila terjadi kerusakan, jangan sampai Anda menyenggol pengguna motor akibat tidak adanya spion.

Fungsi Spion Pada Kendaraan: Mencegah Terjadinya Kriminalitas

Mungkin Anda bertanya, mengapa spion pada kendaraan dapat mencegah terjadinya kriminalitas? Ya, hal ini akan berlaku bagi Anda yang sering berkendara pada malam hari atau saat melewati daerah sepi. Sebab, salah satu fungsi spion yaitu menjadi alat pantau. Sama dengan melihat arah belakang saat Anda ingin mundur, melalui spion Anda dapat selalu awas terhadap gerak-gerik mencurigakan dengan kendaraan yang ada di Belakang Anda. Jadi, gunakan spion sebagai alat pemantau bagian belakang kendaraan yang membuat Anda dapat selalu waspada.

Pelaku kejahatan jalanan seperti pembegalan biasanya membuntuti korban sampai ke tempat sepi sebelum menjalankan aksinya. Karena itu jika ada kendaraan yang terus menerus mengikuti Anda atau membuntuti kendaraan Anda secara beriringan, Anda dapat coba menepi di tempat yang agak ramai atau segera meminta bantuan dari pihak yang berwajib.

Baca Juga: Penyebab Kerusakan Kompresor AC Mobil

Fungsi Spion Pada Kendaraan: Memudahkan Parkir

Fungsi Spion Pada Kendaraan
Fungsi Spion Pada Kendaraan (Sumber Gambar: Google)

Seperti yang telah disebutkan pada poin pertama, bahwa spion dapat Anda gunakan untuk menjadi mata saat Anda melakukan parkir. Anda akan merasakan manfaat dari spion kendaraan Anda saat akan parkir di tempat yang sempit dan Anda harus memarkirkan kendaraan roda empat. Parkir di tempat yang sempit memiliki adalah tantangan tersendiri bagi para pengguna kendaraan roda empat.

Selain membutuhkan kejelian, Anda juga dituntut untuk memposisikan kendaraan Anda sedemikian rupa agar tidak bersenggolan dengan kendaraan lain. Banyak kejadian pengemudi yang mengalami tabrakan atau senggolan ketika parkir tanpa memanfaatkan spion. Karena itu, kaca spion sangat penting fungsinya untuk manuver pada saat memarkir kendaraan.

Meskipun, beberapa model kendaraan roda empat saat ini sudah dilengkapi dengan fitur canggih seperti sensor pengaman dan kamera parkir yang menunjukkan bagian belakang mobil secara jelas. Tetapi terlepas dari semua teknologi tersebut, spion tetaplah alat bantu terpenting untuk melakukan parkir pararel secara sempurna.

Selain tu, spion juga dapat menjadi pedoman posisi kendaraan. Hal ini terutama berlaku untuk kendaraan roda empat. Misalnya, saat ternyata body mobil Anda miring saat parkir. Spion bisa membantu untuk memastikan apakah kendaraan sudah pada posisi yang tepat.

Baca Juga: Ganti Ban Mobil: 5 Ciri- Ciri Ban Mobil Harus Segera Diganti

Fungsi Spion Pada Kendaraan: Membantu Anda Merapikan Diri

Fungsi yang terakhir mungkin tidak berhubungan dengan body kendaraan Anda atau laju kendaraan Anda. Namun, hal ini juga tanpa Ada sadari sering Anda lakukan menggunakan spion kendaraan Anda. Yups, spion ternyata tanpa kita sadari juga membantu kita untuk merapihkan diri.
Bagi Anda yang sering berkendara dengan motor tentu menyadari pentingnya fungsi spion untuk merapikan diri.

Penggunaan helm yang sering kali mengacaukan gaya rambut stylish Anda membuat Anda harus selalu merapikan diri kembali saat sudah sampai di tempat tujuan. Bahkan mungkin, saat kita lewa dan melihat spion mobil, tanpa sadar kita langsung melihatnya dan memastikan penampilan kita. Apakah Anda salah satunya yang menggunakan spion untuk merapihkan diri?

Ya, Itulah 4 fungsi spion pada kendaraan. Jadi, apabila kaca spion kendaraan Anda pecah segeralah ganti. Jangan sampai kendaraan Anda tidak memiliki spion. Bahkan, begitu pentingnya fungsi spion, bagi kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan yang satu ini juga dapat diterapkan sanksi atas pelanggaran lalu lintas. Perlu diketahui juga, bahwa untuk kaca spion juga perlu dilakukan erawatan. Jangan sampai kaca sepion buram atau tidak jelas. Sehingga, mengganggu fungsinya.

Baca Juga: Merawat Ban Mobil: Tips Mudah Melakukannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *