Skip to content

Kampas Kopling Ganda Motor Matic: Yuk Ketahui Fugsinya!

Motor Matic merupakan kendaraan yang dilengkapi dengan sistem kopling ganda. Kopling ganda motor matic nantinya yang akan membuat motor berjalan. Kopling ganda itu sendiri merupakan sistem kopling yang terdapat dua buah mekanisme pada sepeda motor.

Ada dua komponen pada bagian tersebut yaitu kampas kopling ganda dan rumah kopling. Kali ini kita akan membahas mengenai kampas kopling ganda pada motor matic. Ya, Fungsi kampas ganda tentunya sangat penting bagi Continuosly Variable Transmission.

Terkait dengan cara kerja dan fungsi kampas ganda. Komponen ini sangat berperan penting untuk membantu motor matik, agar berjalan secara sempurna. Lebih jelasnya, peran kampas ganda berfungsi untuk menyalurkan, sekaligus memutuskan tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang.

Fungsi kampas ganda menggunakan gaya sentrifugal. Mungkin sebagian besar pemilik sepeda motor belum tentu tahu apa komponen tersebut. Apabila kampas kanda mengalai kerusakan dan terus dipaksakan untuk tetap digunakan, maka akan berakibat pada fungsi kampas ganda yang seperti ini dapat mengakibatkan slip dan menurunkan kualitas mesin.

Untuk itu, artikel kali ini akan mengulas lengkap mengenai fungsi kampas kopling ganda motor matic.

Fungsi Kampas Kopling Ganda Motor Matic

Secara umum, fungsi kampas kopling ganda motor matic adalah utuk menghubungkan mesin dengan sistem transmisi. Sehingga motor matic dapat berjalan. Sebab kampas kopling ini akan menggerakan roda.

Fungsi Kampas Kopling Ganda Motor Matic
Fungsi Kampas Kopling Ganda Motor Matic (Sumber Gambar: Google)

Lebih jelasnya, peran kampas ganda berfungsi untuk menyalurkan, sekaligus memutuskan tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang. Fungsi kampas ganda menggunakan gaya sentrifugal. Perlu diingat bahwa jenis kampas ini hanya digunakan pada sepeda motor yang menggunakan sistem Continuously Variable Transmission (CVT).

Ketika gas mulai diputar maka disitu ada penambahan RPM, ini akan memperbesar gaya sentrifugal pada kampas yang semakin bergerak ke arah rumah kopling dan menekan atau terhubung dengan rumah kopling.

Saat motor matik berakselerasi atau menambah kecepatan, keduanya akan bekerja secara maksimal untuk menggerakan kendaraan, atau menyalurkan tenaga tergantung putaran mesin.

Baca Juga: Cara Membersihkan Filter Udara Motor dengan Benar

Sebagai gambaran untuk kamu terkait fungsi, kampas ganda dengan mangkok kopling sebelum digas akan renggang. Ketika mulai digas, sliding shave menekan kampas, merapat meneruskan tenaga dari putaran mesin, ke sistem transmisi CVT, sehingga roda berputar.

Sistem kopling skutik sendiri memakai tipe kering. Berbeda dengan motor transmisi manual yang memakai kopling basah.

Kopling di motor skutik pun sepatutnya tetap dalam kondisi kering. Bagi Anda pemilik motor, wajib untuk tetap menjaga area CVT tetap dalam kondisi kering, dan wajib memastikan tidak terkena kotoran oli atau debu yang berlebih, karena bisa membuat kampas slip. Jadi, ketika ada masalah dengan komponen ini maka roda tidak berputar dan motor tidak berjalan.

Fungsi Kampas Kopling Ganda Motor Matic
Fungsi Kampas Kopling Ganda Motor Matic (Sumber Gambar: Google)

Ada dua komponen yang digunakan pada kampas ganda. Pertama adalah kopling sentrifugal yang berada di poros engkol dengan menjadi kopling primer. Kedua adalah kopling sekunder yang berada di samping transmisi.

Fungsi untuk kopling primer adalah memutuskan putaran mesin saat RPM mesin berada di posisi rendah. Fungsi kampas kopling ganda bagian primer lainnya juga menghubungkan RPM mesin saat di angka tertinggi.

Efeknya adalah motor akan tetap diam saat posisi masuk dan mesin telah menyala. Fungsi bagian sekunder sendiri adalah memutuskan putaran mesin saat terjadi perpindahan gigi. Tanpa kedua komponen ini, maka roda tidak berputar dan motor tidak berjalan.

Cara Merawat Kampas Kopling Ganda Motor Matic

Dengan fungsinya yang begitu penting, maka sudah seharusnya ada perawatan untuk komponen ini agar tetap awet . Ya, ada perawatan yang perlu Anda perhatikan dalam keseharian dan juga servis berkala yang tidak bisa Anda lewatkan.

Perawatan ini selain memperpnjang usia kampas kopling ganda, maka juga dapat menunjang kemanan dan kenyamanan ketika berkendara. Berikutadalah ulasan ebih lengkap mengenai merawat kampas koling ganda yang perlu Anda ketahui.

Memperhatikan Cara Berkendara

Untuk merawat kampas kopling ganda motor matic maka Anda perlu memperhatikan cara berkendara Anda. Ya, berkendaralah dengan cara yang tepat. Apabila Anda masih berkendara dengan sesuka hati menarik dan melepaskan gas, sering melakukan rem mendadak maka coba diperbaiki.

Sebab ketika Anda melakukan hal tersebut maka kinerja kampas kopling ganda akan lebih keras. Dimana hal itu akan menyebabkan kamps cepat aus. Itulah sebabnya cara berkendara Anda akan mempengaruhi daya tahan komponen termasuk kampas ganda.

Jadi, ketika Anda lebih sopan dalam berkendara maka hal ini dapat membantu memperpanjang usia kampas kopling ganda pada motor Anda. Karena usia pakai kampas kopling ganda sejatinya tergantung dengan karakter Anda berkendara.

Selain cara berkendara ternyata kondisi jalan yang Anda lalui juga dapat mempengaruhinya, loh. Jadi kamu bukan hanya perlu mengetahui fungsi kampas ganda saja.

Fungsi Kampas Kopling Ganda Motor Matic
Fungsi Kampas Kopling Ganda Motor Matic (Sumber Gambar: Google)

Tidak Melewatkan Servis Berkala

Agar kampas kopling ganda tidak cepat rusak, maka Anda tidak disarankan melewatkan jadwal servis berkala. Ya, layaknya komponen yang tidak dianjurkan melewatkan servis berkala, maka kampas kopling ganda juga begitu.

Jadi, lakukan pengecekan berkala pada CVT motor matik Anda Pengecekan komponen kampas kopling ganda bisa kamu lakukan bersamaan dengan periode servis berkala. Untuk itu, mengetahui fungsi kampas ganda wajib diketahui seluruh pemilik skutik.

Itulah fungsi dan cara perawatan kampas kopling ganda motor matic yang perlu Anda ketahui. Sehingga, Anda dapat mencegah kerusakan mengingat fungsinya yang sangat penting. Sehingga Anda tetap merasakan kenyamanan dan kemanan saat berkendara.

Baca Juga: Yuk Kenali Jenis Ban Sepeda Motor & Fungsinya!

Apabila dilihat dari fungsinya, pengaruh kopling ganda ini ada ketika motor dijalankan. Karena ketika motor berjalan maka penambahan akselerasi terjadi sehingga RPM mesin pun meningkat.

Gaya sentrifugal pada kopling primer pun akan bekerja dan meregang menciptakan hubungan dengan clutch housing. Kopling primer pun akan menyalurkan putaran mesin pada kopling sekunder dan disalurkan ke bagian roda.

Jadi, perhatikan cara berkendara Anda dan jangan lewatkan servis rutin untuk mencegah kerusakan pada bagian kampas kopling ganda motor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.