Fungsi Kaca Film Mobil Yang Penting Untuk Diketahui

  • by
  • 6 min read

Setiap mobil yang melaju dijalan raya pasti dipasangi kaca film. Ya, sebab aksesoris yang satu ini mempunyai banyak fungsi, loh. Bahkan fungsi kaca film mobil sangatlah penting. Jadi, walaupun aksesoris namun sudah menjadi hal yang wajib untuk dipasang dimobil.

Lalu apa saja fungsi kaca film mobil? Apabila mobil Anda tidak terpasang kaca film, kondisi di dalam mobil pasti akan terasa silau dan panas karena tidak adanya perlindungan tambahan. Fungsi kaca film sebenarnya tidak hanya itu, terlebih mengingat jenisnya yang cukup beragam.

Fungsi kaca film mobil masih banyak loh ternyata. Artikel kali ini akan membahas mengenai fungsi kaca film mobil secara lengkap. Jadi, selamat menyimak!

Fungsi Kaca Film Mobil

Kaca film mobil dapat memberikan kegelapan sampai 90%. Sehingga, kaca film mobil sangat membantu Anda dalam mengurangi intensitas cahaya yang masuk saat siang hari. Selain itu juga kaca film bisa membantu mengurangi resiko kejahatan di jalanan.

Selain itu, masih ada fungsi lain. Berikut adalah ualasan lengkapnya.

Baca Juga: 4 Keuntungan Setelah Memperbaiki Mobil yang Turun Mesin

Kaca Film Penolak Panas

Fungsi kaca film mobil yang pertama telah kita sebutkan diatas. Yups, kaca film mobil dapat mengurangi intensitas inar matahari yang masuk ke dalam kabin. Sehingga, bagian mobil tidak langsung dapat terlihat dari luar.

Selain itu, dikarenakan dapat menolak panas maka maka suhu kabin akan terasa lebih nyaman dibandingkan kaca yang tidak dipasang kaca film. Sebab, teknologi yang digunakan dapat menyerap panas dan memantulkan sinar ultraviolet sehingga suhu dalam ruangan atau kabin tetap sejuk.

Terkait:  Tips Merawat Interior Mobil Agar Terlihat Baru

Selain itu, paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet dan sinar infra merah tentu pada kulit tentu memiliki efek yang kurang baik bagi kulit. Dengan kaca film, kita dapat mengurangi semua risiko tersebut.

Fungsi Kaca Film Mobil
Fungsi Kaca Film Mobil (Sumber Gambar: Google)

Fungsi inilah yang menjadi alasan mengapa kaca film sangat umum dipasang pada sebuah mobil.

BBM Menjadi Lebih Irit

Ha? Bagaimana bisa kaca fil mobil dapat membuat lebih irit BBM? Apa hubungannya? Ya meski terdengar tidak berhubungan, namun penggunaan kaca film dengan benar terbukti dapat menghemat konsumsi BBM 10% hingga 20%.

Hal ini dikarenakan mobil yang menggunakan kaca film cenderung memiliki kondisi kabin dengan suhu yang lebih baik. Dengan demikian AC tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menjaga suhu kabin tetap sejuk. Kerja AC yang tidak berat ini yang kemudian membuat kerja mesin dan konsumsi BBM tidak terlalu boros.

Sebagai Fitur Keamanan Berkendara

Selain fungsi estetika, kaca film mobil juga mempunyai fungsi kemanan, loh. Dengan kegelapan 90%, maka kaca film mampu membuat kabin tidak dapat terlihat terlalu jelas dari luar. Orang dari luar ruangan akan sulit melihat ke dalam sehingga tidak mengetahui apa yang ada di dalamnya.

Bagi Anda yang perempuan dan sering mneyetir sendiri, tentu akan sangat ermanfaat. Sehingga tidak menjadi incaran kejahatan. Selain itu, kemanan yang diciptakan adalah membantu jika terjadi hal yang dapat menyebabkan kaca mendapat tekanan atau benturan.

Lapisan kaca film yang terpasang akan ‘memegang’ pecahan kaca agar tidak berhamburan, apalagi sampai mengenai penumpang. Kaca yang pecah akan tetap merekat pada film. Jadi, Kaca film akan membantu menahan pecahan kaca berhamburan ketika terjadi benturan.

Fungsi Kaca Film Mobil
Fungsi Kaca Film Mobil (Sumber Gambar: Google)

Dalam berkendara, fitur keamanan sangatlah penting, karena apapun bisa saja terjadi. Kaca film pada kaca mobil memiliki fungsi lain yang sangat penting.

Terkait:  Fungsi dan Jenis Kaca Spion Mobil yang Penting Untuk Diketahui

Menjaga Privasi

Fungsi kaca film mobil yang selanjutnya adalah mampu menjaga privasi di dalam mobil. Ya, kaca film sendiri dapat memiliki kegelapan hingga 90%, sehingga menjadikan cahaya sulit masuk dan aktivitas di dalam mobil tidak mudah terliha dari luar.

Sebab, tidak sedikit orang yang merasa risih jika berada dalam mobil dengan kondisi kaca yang transparan. Atas alasan ini maka orang memasang kaca film yang redup agar tidak terlalu terlihat oleh orang lain.

Hal ini juga dapat mejadi alasan keamanan untuk menghindari orang mengintip ke dalam kabin saat mobil parkir. Namun tidak semua orang memilih kaca film yang tidak terlalu gelap bahkan dengan kegelapan maksimal 90%. Ada juga yang memilih kaca film yang lebih terang. Biasanya hal ini dipilih pemilik mobil yang melakukan modifikasi interior dan ingin memperlihatkannya.

Fungsi Kaca Film Mobil
Fungsi Kaca Film Mobil (Sumber Gambar: Google)

Mobil Tampil Lebih Keren

Fungsi kaca film mobil yang selanjutnya berhubungan dengan estetik kendaraan Anda. Yups, kaca film mobil juga dapat membuat mobil tampak lebih keren, loh. Biasanya, kaca film jenis ini memiliki motif sehingga mempercantik penampilan kaca mobil maupun kaca ruangan.

Selain itu, saat ini sudah banyak model dan warna pada kaca film yang dapat disesuaikan dengan mobil Anda serta memodifikasi mobil yang dilakukan.

Fungsi dari segi estetika ini membuat mobil Anda tampak modis dan trendi, apalagi jika sesuai dengan warna mobil. Ya, aksesoris yang satu ini dapat berguna untuk mendekorasi kaca.

Itulah fungsi kaca film mobil. Secara utama kaca film mobil berfungsi sebagai pengaman, penolak panas, dan juga estetika kndaraan. Ya, dikarenakan fungsinya yang penting, maka tidak heran meskipun tergolong sebagai aksesoris, namun setiap mobil pasti menggunakannya.

Terkait:  11 Tips Agar Buah Hati Nyaman di Atas Car Seat Anak

Untuk pemasangannya sendiri, aksesoris ini juga tidak dapat dilakukan secara sembrangan. Ada hal- hal yang harus dipersiapkan. Untuk itu, ada baiknya jika Anda membawanya kepada yang ahli dalam pemasangan kaca film mobil.

Baca Juga: Jenis- Jenis Kaca Mobil Yang Perlu Kamu Ketahui!

Selain itu, saat ini dipasaran ada banyak pilihan merek dan jenis kaca film di pasaran. Tentu hal ini akan menyulitkan Anda ketika memilih kaca film yang tepat untuk mobil. Sehingga, Anda tidak usah segan intuk bertanya apabila Anda kebingungan.

Jangan lupa untuk menyiapkan budget pemasangan kaca fil mobil juga. Sebab biaya pemasangan tergantung dengan merek mobil yang digunakan. Ya, Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan memasang kaca fil mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *