Skip to content

Mengetahui Fungsi GearBox Pada Sepeda Motor

Fungsi GearBox – Gearbox, apakah Anda pernah mendengarnya? Jadi, gearbox merupakan salah satu komponen yang ada di sepeda motor, loh. Pasti komponen yang satu ini masih asing bukan ditelinga kalian?

Padahal GearBox sendiri mempunyai fungsi yang tidak kalah penting dari komponen lainnya dalam sepeda motor. Jadi, kecepatan yang dihasilkan oleh motor bukan hanya berasal dari gas, tetapi juga berkat peranan gearbox.

Fungsi gearbox sangat penting untuk mengatur cepat lambatnya laju kendaraan. Dalam sebuah gearbox ada beragam komponen yang akan mendukung kinerjanya supaya motor bisa melaju sesuai dengan kecepatan yang diinginkan.

Jadi bisa Anda bayankan bukan, jika tidak ada komponen gearbox dalam motor? Tentu akan kesulitan dalam mengatur laju kendaraan.

Mengetahui Fungsi GearBox

Gearbox yang digunakan pada motor juga disebut sebagai transmisi manual. Adanya komponen ini akan menciptakan sistem pemindah tenaga dari daya mesin ke bagian mesin lainnya. Selain itu juga bisa menyesuaikan torsi dari motor yang berputar.

Ada beberapa fungsi gearbox yang penting untuk diketahui. Komponen ini memiliki fungsi utama untuk memindahkan tenaga penggerak pada mesin yang ingin digerakkan. Dua alasan utama mengapa gearbox penting adalah karena berfungsi untuk memperlambat kecepatan putaran dari tenaga dinamo motor atau mesin diesel.

Namun, ada beberapa fungsi penting lainnya. Berikut adalah fugsi GearBox secara umum yang perlu diketahui.

Baca Juga: Kenapa Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi? Yuk Cek Mobil!

Penyalur Tenaga di Mesin Sepeda Motor

Fungsi GearBox yang paling utama adalah untuk memindahkan tenaga atau daya yang sudah dihasilkan mesin pada mesin lain sehingga akan muncul pergerakan atau pergeseran. Dengann begitu daya atau tenaga yang dipindahkan tersebut dapat menghasilkan pergerakan ataupun pergeseran yang menjadikan sepeda motor dapat bergerak maju.

Pemindahan tenaga pada sepeda motor tersebut terjadi dari ruangan mesin kebagian roda yang tersambung kekomponen rantai pada roda. Nah, untuk sepeda motor matic tenaga akan disalurkan melalui vanbelt sehingga kedua roda motor akan berputar.

Fungsi GearBox
Fungsi GearBox (Sumber Gambar: Google)

Pada saat Anda melakukan pengoperan gear, maka gearbox akan bekerja mempercepat atau menurunkan laju kendaraan. Jadi fungsi gearbox di sini sangatlah vital dan tidak bisa dianggap remeh.

Nah itulah fungsi umum gearbox yaitu merupakan satu kesatuan komponen gear yang berperan dalam memindahkan tenaga untuk menyalurkan tenaga atau daya yang dihasilkan oleh mesin kesalah satu bagian mesin yang lainya didalam sepeda motor.

Menyesuaikan Daya yang Dihasilkan oleh Mesin

Fungsi GearBox yang selanjutnya adalah untuk menyesuaikan daya yang dihasilkan oleh mesin. Oleh karena itulah setiap motor memiliki beberapa gigi yang memiliki tingkat kecepatan berbeda.

Dalam proses penyesuaian daya ini, gearbox sepeda motor dikenal memiliki beberapa gigi atau tingkatan daya. Anda bisa menyesuaikan kecepatan dengan mengoper gear dengan menurunkan gas dan mengoper.

Maka kecepatan akan berubah sesuai dengan tingkatan gigi yang dimasukkan. Lalu bagaimana dengan motor matik yang notabene hanya menggunakan gas dan rem? Meski motor matic tidak memiliki secara langsung komponen gigi yang dapat dipindah namun tetap motor matic juga memiliki gearbox. hanya saja dalam penggunaannya tidak akan terasa.

Perpindahan gigi motor matik bisa Anda rasakan jika dicermati secara seksama ketika Anda mempercepat laju kendaraan kemudian menurunkannya namun sangat halus. Ya, itulah fungsi kedua pada motor yaitu untuk menyesuaikan daya atau torsi yang dihasilkan oleh sepeda motor.

Fungsi GearBox
Fungsi GearBox (Sumber Gambar: Google)

Beberapa Fungsi Gearbox Lainnya

Selain memiliki dua fungsi diatas gearbox juga memiliki beberapa fungsi maupun peran lainnya terutama pada sepeda motor dengan jenis manual. Fungsi lainnya dari gearbox yaitu sebagai komponen untuk mengubah daya motor menjadi tenaga yang lebih besar.

Jadi tenaga mesin yang dihasilkan akan berubah menjadi besar sehingga akselerasi kendaraan lebih tinggi. Kedua adalah untuk mengatur kecepatan dari gerak dan torsi sekaligus proses berbalik putaran.
Ketiga adalah untuk menyediakan rasio gigi di sepeda motor yang memiliki beban sesuai dayanya.

Keempat adalah untuk mengubah momen pulir untuk diteruskan ke spindel mesin pada motor manual.
Fungsi yang kelima adalah untuk menghasilkan putaran motor jadi lebih stabil tanpa ada terjadinya selip. Anda pun akan lebih aman mengendarai dengan adanya komponen ini.

Cara Merawat GearBox Pada Motor

Dikarenakan fungsinya yang sangat penting, maka kita juga tidak boleh melewatkan perawatan dari gearbox. Ya, dengan perawatan pada gearbox maka hal ini akan membantu fungsi gearbox akan tetap berjalan dengan baik.

Berikut adalah cara merawat gearbox pada motor. Yuk, kita simak!

Mengganti Oil Transmisi

Cara merawat gearbox agar tidak menggaggu fungsi gearbox maka gantilah oli transmisi secara rajin. Mengganti oil secara berkala merupakan pilihan yang tepat dalam proses perawatanya karena banyak gesekan yang terjadi didalam gearbox dapat dijala oleh oil yang tidak penuh.

Penggantian oile ini sebaiknya dilakukan secara konsisten ketika oil transmisi pada gearbox menunjukan kondisi yang sudah tidak baik. Jadi, gantilah oli transmisi secara berkala, ya. Sebab, permasalahan pada gearbox dapat menyebabkan motor menjadi tidak berfungsi bahkan bisa menjadi berbagai piranti dalam gearbox menjadi rusak dan rontok.

Pilih Oli Yang Benar dan Dalam Jumlah Yang Tepat

Untuk merawat gearbox yang selanjutnya agar tidak mengganggu fungsi gearbox adalah dengan memilih oli yang benar dan pastikan juga jumlah oli yang digunakan juga tepat. Jadi, jangan hanya mengganti secara rutin, namun juga oli yang dipilih harus benar.

Fungsi GearBox
Fungsi GearBox (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, oli harus diketahui ya bahwa oli mesin berbeda dengan oli transmisi, ya. Jadi, selain oli transmisi yang harus diganti secara rutin, oli mesin juga harus diganti, ya. Untuk oli mesisn dalam prosess penggantianya usahakan untuk melihat dengan benar bahwa oil yang digunakan merupakan oil khusus transmisi dan bukan oil mesin.

Selain jenis yang tepat, jumplah oil yang dimasukan juga harus sesuai agar semua bagian dalam komponen gearbox dapat terlindungi dari gesekan kasar dan keausan yang dapat menimbulkan masalah teknis pad gearbox.

Bersihkan Komponen CVT

Cara merawat gearbox yang terakhir adalah dengan membersihkan komponen CVT. Pada motor matic, komponen CVT sangat erat dengan gearbox sehingga untuk melakukan perawatan agar gearbox awet dan tanpa masalah maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan ruang CVT dari kotoran dan debu.

Baca Juga: Mobil Canggih: Keuntungan Membeli Mobil Canggih Baru

Menjaga kebersihan komponen CVT juga merupakan salah satu cara merawat mesin motor matic agar tetap awet dan mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Itulah ulasan mengenai fungsi gearbox dan ara merawatanya. Wah, ternyata banyak sekali ya komponen motor yang belum diketahui padahal memiliki fungsi yang penting. Jadi, jangan lupa untuk merawat komponen yang satu ini, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.