3 Fungsi Airbag Mobil

Fungsi Airbag Mobil – Salah satu fitur keselamatan yang ada di mobil adalah Airbag. Dimana, fitur yang satu ini dapat meminimalisir terjadinya cedera apabila mobil mengalami kecelakaan. Jadi, dengan Anda menggunakan seat belt dengan benar dan airbag mobil Anda berfungsi dengan baik, maka risiko kecelakaan akan sangat dapat diminimalisir.

Saat ini airbag adalah fitur keselamatan yang sudah wajib ada di kendaraan masa kini adalah airbag. Komponen pelindung diri ini dihadirkan sebagai bentuk pelengkap kebutuhan pengendara yang banyak berujung pada benturan.

Meskipun beberapa alat transportasi darat telah dilengkapi seat belt, dengan adanya alat pelindung diri ini kinerja fitur keselamatan pada mobil akan lebih efisien lagi. Ada juga pendapat mengenai apa itu airbag yang mengatakan alat tersebut merupakan terobosan baru sebagai perlindungan di area vital pengendara.

Airbag adalah fitur keselamatan tambahan selain sabuk pengaman yang biasa disematkan pada mobil modern. Airbag mobil juga dikenal sebagai kantong udara dibuat untuk mengurangi atau meminimalisir cedera pengemudi bahkan penumpang saat mobil mengalami benturan.

Memang di setiap mobil memiliki fitur airbag yang berbeda. Ada yang hanya melindungi dari benturan di depan, ada juga yang aktif saat benturan dari samping. Oleh karena itu, penting untuk pengendara memahami fungsi dan kondisi airbag pada mobil masing-masing.

Artikel kali ini akan membahas airbag mobil secara lengkap. Mulai dari fungsinya dan juga jenis- jenis airbag mobil. Sehingga, Anda dapat memnafaatkan fitu ini dengan baik apabila terjadi hal- hal yang tdiak diinginkan.

Fungsi Airbag Mobil

Fungsi Airbag Mobil
Fungsi Airbag Mobil (Sumber Gambar: Google)

Ada beberapa fungsi airbag mobil untuk perlindungan pengendara dan penumpang. Secara umum airbag berfungsi melindungi kepala dari benturan saat kecelakaan. Namun, mari kita bahas secara rinci mengenai fungsi dari fitur keamanan yang satu ini.

Melindungi Pengemudi

Fungsi airbag mobil yang pertama adalah melindungi pengemudi. Ya, pengemudi adalah orang yang paling rentan mengalami cedera parah saat terjadi tabrakan dengan kecepatan tinggi dari arah depan ataupun belakang yang mengakibatkan adanya benturan keras di dalam kabin.

Adanya benturan dengan kecepatan tinggi inilah yang kemudian akan dideteksi sensornya oleh airbag sehingga fitur ini dapat berkembang secara cepat untuk melindungi tubuh sekaligus kepala dari benturan yang terayun ke bagian depan kendaraan.

Itulah kenapa setiap mobil di bagian setir mobil atau roda kemudi diletakan airbag. Selain itu dibagian samping pengemudi juga diberikan airbag. Sehingga, hal ini dapat mengurangi cidera pada supir apabila terjadi kecelakaan.

Melindungi Penumpang

3 Fungsi Airbag Mobil 1
Fungsi Airbag Mobil (Sumber Gambar: Google)

Fungsi airbag mobil yang selanjutnya adalah untuk melindungi penumpang. Ya, tidak hanya supir, namun penumpang terutama yang duduk di depan rentan mengalami ruka parah ketika terjadinya kecelakaan.

Maka penting saat hendak membeli sebuah mobil adalah fitur keamanan seperti airbag yang tersedia di semua tempat duduk di dalam kabin. Hal ini tentu akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan karena tidak hanya pengemudi saja yang akan terlindung namun juga setiap penumpang yang ada di dalamnya.

Melindungi Kendaraan

Fungsi airbag mobil selanjutnya untuk airbag mobil adalah melindungi kendaraan. Ya, tidak hanya supir dan manusia yang dilindungi, loh. Namun juga mobil Anda. Memang belum semua mobil menyediakan airbag untuk ini.

Namun, bagi Anda yang membeli mobil kelas menengah keatas, pasti ada airbag untuk melindungi mobil kalian ketika terjadi keeclakaan. Jadi, selain menjamin keamanan dan kenyamanan juga menjaga keadaan mobil tetap prima. Ketika terjadi benturan akan banyak kerusakan terjadi pada mobil, namun dengan adanya alat pelindung diri ini kerusakan pada interior mobil sedikit terminimalisir.

Fungsi lainnya dari komponen pelindung diri ini adalah untuk menghambat laju pengendara dan penumpang mobil dalam waktu beberapa detik. Penghambatan laju penumpang ini akibat komponen pelindung diri yang mengembang secara maksimal sesuai kapasitasnya.

Jenis- Jenis Airbag

Selain memiliki berbagai fungsi, Airbag mobil juga memiliki beberapa jenis. Dimana setiap jenisnya memiliki perbedaan pada letaknya. Sehingga, perlindungan yang diberikan juga menyesuaikan tempatnya.

Jadi, apa saja jenis airbag mobil? Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Driver Airbag

Jenis yang pertama adalah driver airbag dimana jenis ini merupakan jenis yang paling umum digunakan. Dimana sesuain namanya airbag ini terletak di bagaian setir mobil atau roda kemudi. Sehingga, fungsinya tentu untuk melindungi supir.

Jadi, ketika terjadi kecelakaan tubuh supir akan terbentur ke roda pengemudi untuk pertama kalinya. Untuk itu, airbag ini akan mengembang dan melindungi tubuh supir sebelum tubuh terbentur.

Side Airbag

Jenis selanjutnya untuk airbag mobil adalah side airbag. Untuk jenis yang satu ini letaknya ada di samping pengemudi. Fungsi dari airbag jenis ini adalah untuk melindungi tubuh pengemudi dari benturan ke samping bagian mobil. Tentunya airbag samping akan melindungi tubuh ketika mobil ditabrak dari sisi mobil atau samping.

Fungsi Airbag Mobil
Fungsi Airbag Mobil (Sumber Gambar: Google)

Passenger Airbag

Passenger airbag adalah jenis airbag mobil yang selanjutnya. Dimana airbag yang satu ini berfungsi untuk melindungi penumpang. Dimana penumpang yang dimaksud yang berada di samping pengemudi.

Letak airbag yang satu ini yaitu disimpan dalam dashboard mobil. Beberapa bahkan terpasang di luar dasboard mobil. Untuk itu, hindarkan benda yang mudah terpental atau tajam. Sehingga, tidak akan menganggu fungsi airbag itu sendiri.

Dan yang pastinya ketika airbag berfungsi dan mengembang, maka benda- benda tersebut tidak akan melukai Anda.

Curtain Airbag

Jenis airbag yang terakhir adalah curtain airbag. Airbag yang satu ini akan berfungsi saat mobil terjungkal akibat kecelakaan. Namun sayangnya, untuk jenis yang satu ini, sayangnya tidak dimiliki oleh semua mobil.

Dimana biasanya hanya dimiliki oleh kendaraan-kendaraan dengan fitur keselamatan lebih baik. Biasanya di kendaraan dengan harga menengah. Walaupun sebagian jenis mobil berharga murah juga memiliki fitur ini.

Itulah ulasan mengenai fungsi airbag mobil. Maka ketika membeli mobil, perhatikan juga fitur keamanan yang ditawarkan. Pastikan memiliki airbag yang dapat memberikan keamanan.

Biasanya, airbag berada di bagian dashboard depan penumpang atau di dalam setir. Dengan adanya airbag, kepala akan terhindar dari cedera parah akibat kecelakaan. Jumlah airbag dalam sebuah kendaraan memang berbeda-beda. Tergantung jenis kendaraan.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *