Fuel pump motor yang mengalami kerusakan pasti akan memberikan dampak pada kendaraan Anda. Fuel pump adalah komponen yang terdapat pada motor injeksiFungsi fuel pump pada kendaraan bermotor jenis apa pun, termasuk motor dan mobil, sebenarnya hanya satu, yaitu memompa bahan bakar. Bensin yang ada di dalam tangki penampungan akan dipompa untuk dialirkan menuju ruang pembakaran dan diubah menjadi energi yang akan membantu mesin kendaraan menyala. Namun, berbeda jenis kendaraan, berbeda pula proses pengaliran bahan bakar. Jadi, tugasnya yaitu untuk menyalurkan bensin ke injektor sesuai dengan porsinya.

Tak hanya itu saja, fuel pump juga memiliki fungsi untuk menjaga tekanan dari bensin agar tetap stabil. Sebab, akan ada masalah apabila tekanan dari bensin tidak stabil yaitu ketika tekanan terlalu tinggi dan terlalu rendah. Apabila tekanan bahan bakar terlalu tinggi, bisa mengakibatkan slang dan Seal O Ring mengalamami kebocoran. Sementara, tekanan bahan bakar yang terlalu rendah dapat membahayakan proses pembakaran, karena proses pembakaran yang menuju injektor tidak sesuai dengan kebutuhan pembakaran.

Selain itu kerusakan pada fuel pump juga dapat mengakibatkan tekanan bensin lemah dan akan memempengaruhi kinerja mesin sepeda motor. Jadi, ada baiknya apabila Anda mengetahui gejala fuel pump mengalami kerusakan. Sehingga, Anda dapat mengantisipasi kerusakan pada komponen yang satu ini. Berikut merupakan ulasan mengenai ciri ciri fuel pump motor mengalami kerusakan.

Fuel Pump Motor: Kerusakan Mesin

Ketikan ada komponen motor yang rusak, maka mesin menjadi hal yang paling sering terdampak. Hal ini termasuk ketika fuel pump mengalmi kerusakan. Akibat dari fuel pump yang rusak tentu akan mengurangi kinerja mesin. Hal ini dapat mengakibatkan mesin motor brebet atau bahkan mati total. Lalu, mungkin Anda bertanya bagimana cara membedakannya dengan motor yang mogok karena kelistrikan?

Jadi, perbedaan dengan motor yang mogok karena faktor sistem kelistrikan adalah motor yang mengalami masalah pada fuel pump mesinnya sulit atau tidak bisa diaktifkan lagi walaupun sistem kelistrikan telah dibenahi. Selain itu tanda – tanda ketika fuel pump rusak maka saat dikendarai dan dipacu dengan atau tingkat putaran mesin tinggi (RPM tinggi), tiba-tiba mesin mbrebet atau tersendat dan kemudian mati. Hal itu terjadi karena fuel pump tersebut tersumbat kotoran. Jadi, asupan bahan bakar ke ruang bakar juga tersendat atau bahkan berhenti.

Fuel Pump Motor: Sekring Fuel Pump

Tanda selanjutnya dapat Anda lihat pada sekring fuel pump motor Anda. Apabila sekring menjadi gosong atau putus maka itu adalah tanda kerusakan. Letak sekring yang satu ini berada di bawah kap motor, tepatnya di sebelah aki. Tandanya pun cukup kentara, yaitu ada bekas terbakar. Jadi, cukup mudah bukan untuk dapat mengetahuinya?

Apa akibat yang ditimbulkan apabila sekring fuel pump gosong dan putus? Akibatnya yaitu kerja sekring pun semakin berat meski arus listrik tambah berlipat sehingga terbakar dan putus. Seperti yang kita ketahui sekring fuel pump mempunyai fungsi untuk melipatgandakan arus listrik untuk menopang kinerja fuel pum. Tentu apabila sekring terbakar akan mengganggu kinerjanya, apalagi jika disaat bersamaan fuel pump tersumbat oleh kotoran.

Fuel Pump Motor: Menyalurkan Bahan Bakar

Ciri selanjutnya ketika fuel pump rusak adalah berhentinya menyalurkan bahan bakar. Jadi, bagi motor yang menggunakan peranti karburator, bisa dideteksi apakah motor mogok karena fuel pump atau faktor lain melalui pengujian di karburator. Caranya, bukalah karburator kemudian semprot dengan carburetor cleaner. Hal itu dimaksudkan untuk mengetahui apakah fuel pump masih menyalurkan bahan bakar atau tidak.

Apabila setelah disemprot cairan itu mesin bisa hidup, namun tidak lama kemudian mati berarti fuel pump mengalami kerusakan. Sebab, mesin bisa hidup sementara karena mendapatkan semprotan carburetor cleaner yang mengandung bensin. Jadi lakukan cara ini berkali- kali untuk memastikan kondisinya. Apabila kondisi tidak berubah, bisa dipastikan fuel pump bermasalah. Apabila mati lagi maka fuel pump aliran bahan bakar mampet.

Baca Juga: Motor Susah Hidup: 4 Penyebab Yang Perlu Anda Ketahui

Mencegah Fuel Pump Motor Mengalami Kerusakan

Fuel Pump Motor
Fuel Pump Motor (Sumber Gambar: Google)

Setelah megetahui ciri- ciri dari fuel pump yang mengalami kerusakan, ada baiknya juga Anda mengetahui cara mencegah agar tidak terjadi kerusakan. Sehingga, kinerja mesin akan tetap maksimal. Ada tiga cara untuk mencegah terjainya kerusakan pafa fuel pump motor. Cara perawatan untuk menjaga flue pump juga sangat mudah.

Cara mencegah yang pertama adalah jangan pernah membiarkan tangki bahan bakar kosong. Selain itu usahakan jangan sampai bahan bakar kurang dari patas minum tangki. Jadi, segeralah mengisi bahan bakar saat volumenya tinggal seperempat tangki.

Baca Juga: 6 Penyebab Utama Mengapa Sepeda Motor Mendadak Jadi Boros Bensin

Kedua, menguras tangki bahan bakar secara teratur. Sangat disarankan menguras tangki paling tidak lima tahun setelah pemakaian bagi motor baru. Adapun motor yang telah lama dipakai sebaiknya saban dua tahun sekali. Selain menghilangkan kotoran yang ada di tangki, menguras juga membersihkan unsur-unsur kimia lain, termasuk bakteri yang ada di dasar tangki. Terlebih bagi motor yang tangki bahan bakarnya kerap kosong atau terlambat mengisi bahan bakar.

Ketiga, mengisi bahan bakar di waktu yang tidak tepat. Contohnya saat Stasiun Pompa Bensin Umum (SPBU) tengah atau baru mengisi bungker bahan bakar atau di siang hari yaitu di saat banyak orang mengisi bahan bakar kendaraan.

Itulah ciri- ciri fuel pump mengalami kerusakan. Tenaga mesin akan sangat terganggu ketika fuel pump mengalami kerusakan. Ciri- ciri di atas juga tidak hanya terjadi pada motor namun juga pada sepeda motor. Untuk sepeda motor juga memiliki ciri yang sama apabila fuel pump mengalami kerusakan. Sehingga begitu pula dengan cara mengatasinya. Untuk menjaga fuel pump agar tidak timbul masalah, baik motor maupun sepeda motor caranya sama.

Keberadaan fuel pump pada motor injeksi tentu sangatlah penting. Komponen yang satu ini memiliki peranan untuk menyalurkan bensin ke injektor sesuai dengan porsinya. Tak hanya itu saja, fuel pump juga memiliki fungsi untuk menjaga tekanan dari bensin agar tetap tinggi. Apabila terjadi kerusakan pada fuel pump, tentu akan membuat tekanan bensin lemah dan akan mempengaruhi kinerja mesin motor Anda. Ketika fuel pump rusak maka akan mengganggu kenyamanan saat Anda berkendara.

Baca Juga: Ada 10 Fungsi Lampu Mobil Yang Berbeda Yang Perlu Di Ketahui!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *