Fitur Untuk Keamanan Anak- Anak Saat Berkendara dengan Menggunakan Mobil!

  • by
  • 6 min read

Membawa anak- anak berepergian dengan mobil adalah hal yang paling sering dilakukan orang- orang. Namun, dengan ini kita sebagai orag dewasa tentu harus paham, bahwa harus ada kemanan extra ketika ada anak- anak ikut berkendara dengan mobil. Tidak hanya mengantisipasi anak rewel, namun juga mengantisipasi hal- hal yang tidak dinginkan.

Ya, seperti kita ketahui bahwa anak- anak dalam masa aktif. Dimana mereka suka bergerak, mecoba sesuatu, dan juga hal menarik lainnya. Dikarenakan sifat anak- anak ini, alagkah baiknya jika mobil yang digunakan memiliki fitur untuk keamanan anak- anak saat berkendara dengan menggunakan mobil.

Saat ini, banyak mobil yang sudah mneyediakan fitur kemanan agar anak- anak semakin aman ketika berkendara di dalam mobil. Mengingat, tidak semua anak- anak ada pendampingnya ketika diajak bereprgian denga mobil. Sehingga, fitur untuk keamanan anak- anak saat berkendara dengan menggunakan mobil ini dapat membantu Anda tetap fokus menyetir meskipun Anda sendirian bersama buah hati.

Fitur Untuk Kemanan Anak- Anak

Artikel kali ini akan mebahas secara lengkap mengenai fitur untuk kemanan anak- anak di dalam mobil terutama saat mobil melaju. Dimana, fitur-fitur keselamatan ini hanya membantu. Berguna atau tidak itu tergantung orang tua sebab selengkap apapun fitur keselamatan mobil apabila orang tua tidak mengaplikasikan ya… sama saja bohong.

Wah, kira- kira apa saja ya fitur kemanan anak- anak pada mobil yang harus Anda pertimbangkan keberadaanya? Jadi, berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

ISOFIX

Fitur untuk keamanan anak – anak saat mobil melaju yang akan pertama kita bahas adalah Isofix. Wah, apa itu Isofix? Saat ini Isofix merupakan fitur keselamatan yang populer. Isofix sendiri adalah akses penyemat kursi anak-anak ke kursi baris kedua. Dimana orang tua hanya perlu membeli kursi mobil khusus bayi atau anak-anak dan tinggal mengaitkan.

Terkait:  Lamborghini Veneno Roadster! Hanya 9 Unit Di Seluruh Dunia!

Kebanyakan mobil sekarang telah melengkapi kursi mobil mereka dengan ISOFIX yaitu International Standards Organization FIX sebagai acuan pembuatan kursi yang suitable dengan kursi anak.
Jika ISOFIX sudah tersedia, maka sang orangtua dapat mengaitkan kursi anak ke pengait ISOFIX yang biasanya terdapat pada bagian bawah kursi.

Fitur Untuk Keamanan Anak- Anak
Fitur Untuk Keamanan Anak- Anak (Sumber Gambar: Google)

Sebagian besar negara di dunia seperti di Amerika, Eropa dan Australia bahkan menjadikan ISOFIX sebagai fitur keselamatan standar yang wajib ada pada setiap mobil penumpang keluaran terbaru. Negara- negara tersebut tidak memberikan kompromi untuk aturan ini.

Jadi, semua pengendara yang membawa anak-anak tidak boleh memangku atau mendudukkan mereka di kursi depan. Jika sampai ketahuan aturan ini tak dipatuhi, pengemudi bakal ditilang dan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku.

Child Safety Lock

Fitur untuk keamanan anak- anak yang selanjutnya adalah Child Safety Lock. Apa itu Child Safety Lock dan apa bedanya dengan kunci pintu mobil yang biasa? Fitur ini tentu berfungsi melindungi anak, dimana dengan adanya fitur ini maka tuas pintu menjadi nonaktif sehingga pintu tidak dapat dibuka dari dalam.

Child Safety Lock sendiri biasanya dipasang pada sisi pintu mobil. Dimana tinggal gerakan tuasnya maka fitur tersebut akan aktif. Nah, ini yang membedakan dengan penguci mobil biasa, dimana ketika fitur ini aktif maka anak- anak tidak akan dapat membukannya dari dalam.

Namun, orang yang dari luar dapat membukannya. Ya, fitur yang satu ini ini sangat penting mengantisipasi hal-hal tidak terduga yang mungkin terjadi karena rasa penasaran anak-anak mengotak-atik berbagai tombol dalam mobil, termasuk tuas pembuka pintu secara tidak sengaja.

Fitur Untuk Keamanan Anak- Anak
Fitur Untuk Keamanan Anak- Anak (Sumber Gambar: Google)

Jam Protection Window

Fitur untuk keamanan anak- anak yang selanjutnya Jam Protection Window. Atau bisa disebut dengan fitur anti jepit pada jendela. Mengingat kaca mobil juga area yang berbahaya untuk anak- anak, maka fitur yang satu ini akan sangat membantu.

Terkait:  5 Merek Oli Mobil Terbaik Yang Merawat Mesin

Seperti yang kita ketahui bahwa, anak- anak sering sekali iseng bermain dengan kaca mobil. Baik itu menaik turunkan menggunakan tombol atau yang lebih parah adalah anak- anak usil menempatkan tubuhnya di jendela mobil.

Padahal, keisengan anak kecil tersebut dapat menimbulkan risiko terjepit. Nah, inilah fungsi dari Jam Protection Window. Dimana fitur ini dilengkapi dengan sensor yang akan mencegah obejek terjepit. Karena memungkinkan tangan si anak terjepit jendela, untungnya mobil-mobil keluaran baru sudah melengkapi sensor untuk mencegah objek terjepit jendela.

Fitur keselamatan Jam Protection Window memungkinkan jendela bakal turun secara otomatis saat ada benda yang menghalangi proses menutup. Meski asalnya ditujukan mengurangi risiko tangan terjepit. Agar fungsinya maksimal maka orang tua diharapkan tidak lupa untuk mengaktifkan fitur yang satu ini.

Fitur Untuk Keamanan Anak- Anak
Fitur Untuk Keamanan Anak- Anak (Sumber Gambar: Google)

Car Seat

Fitur untuk keamanan anak – anak yang terakhir adalah car seat. Ya, car seat adalah fitur keselamatan anak yang berhubungan engan ISOFIX. Jika, fitur keselamatan seblumnya merupakan bawaan pabrik, car seat sendiri adalah fitur yang harus Anda beli sendiri.

Sehingga, Car seat adalah kursi tambahan untuk anak-anak, dipasang di mobil yang memiliki fitur ISOFIX. Karena ditujukan untuk anak ukuran car seat sudah pasti tidak sebesar kursi orang dewasa. Yang perlu diperhatikan car seat tidak boleh ditempatkan atau ditali di kursi depan, tapi harus di kursi belakang yang memiliki pengait ISOFIX.

Car Seat hanya digunakan untuk anak- anak hingga usia 3 tahunan. Jika anak usianya lebih dari itu, maka pastikan mereka menggunakan seat belt. Ya, sekali lagi ditekankan untuk tidak memangku anak, apalagi dibangku depan. Sebab, hal ini akan berbahaya untuk anak- anak.

Terkait:  Eksterior BMW i8 Roadster Tampil Full Futuristik!

Itulah fitur untuk keamanan anak- anak yang harus dipertimbangkan keberadaannya ketika mobil melaju. Pastikan juga, bahwa orang tua mengaktifkan fitur tersebut sehingga, fitur dapat berfungsi secra maksimal.

Namun, meskipun fitur tersebut sudah tersedia di dalam mobil, namun orang tua atau orang dewasa daam mobil tersebut tetap harus melakukan pengawasan. Ya, karena para orang tua adalah sebaik baikanya penjaga untuk anak- anak mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *