Fitur Mobil: Daftar Fitur Yang Dulu Hanya Ada Di Mobil Mewah!

Seiring dengan perkembangan dunia otomotif, kini semakin banyak mobil kelas menengah yang dilengkapi dengan fitur canggih. Dimana, dulu fitur- fitur tersebut hanyan berada di mobil mewah.

Bekembangnya dunia otomotif tidak hanya berdampak pada berkembangan komponen mobil saja. Namun juga banyak fitur mobil yang ikut berkembang. Dimana fiturtersebut tidak hanya canggih, namun juga mempunyai fungsi yang kinerjanya dapat diandalkan.

Yang lebih senangnya lagi, fitur mobil yang dahulu mungkin hanya akan Anda temukan pada mobil mewah, kini beberapa sudah dapat ditemukan pada mobil kelas menengah, loh. Wah, artikel kali ini akan membahas daftar fitur yang dulu hanya ada di mobil mewah.

Berikut adalah ulasannya secara lengkap untuk Anda.

Fitur Mobil Yang Dulu Hanya Di Mobil Mewah

Perkembangan fitur pada mobil tidak hanya serta merta karena adanya perkembangan teknologi. Tentu saja perkembangan fitur dilandasi juga akan semakin berkembangnya kebutuhan manusia ketika berada di dalam mobil.

Nah, dikarenakan adanya kebutuhan tersebut maka hal ini menuntut pabrikan otomotif untuk putar otak dalam menyiapkan ragam fitur pendukung. Dengan sebagian besar pengguna mobil di dunia saat ini yang kebanyakan dari segmen menengah, mau tidak mau pabrikan harus menyediakan fitur-fitur di model mereka yang harganya terjangkau pasar.

Jadi, fitur-fitur yang sering ditemui pada mobil-mobil modern saat ini keberadannya tentu bertahap. Dimana fiturtersebut tidak langsung hadir begitu saja menyasar segmen menengah. Bahkan pada awal kemunculannya, fitur-fitur ini hanya tersedia untuk mobil-mobil kelas premium atau mobil yang diproduksi oleh merek kelas atas.

Baca Juga: Kelebihan & Kekurangan Menggunakan Angin Nitrogen Pada Ban Mobil

Pada perkembangannya, fitur-fitur ini dirasa juga perlu untuk model-model di bawahnya. Pabrikan otomotif lantas menyiapkan fitur tersebut sebagai nilai tambah kendaraan.

Lampu LED

Fitur mobil yang dulu hanya ada di mobil mewah adalah lampu LED. Ya, siapa yang menyangka bahwa saat ini lampu jenis ini telah digunakan oleh banyak jenis mobil. Lampu LED pertama kali dikenalkan oleh sebuah pabrikan asal Jermana bernama Audi.

Dimana sistem pencahayaan LED digunakan untuk menggantikan lampu halogen dan HID. Jadi, awal- awal lampu LED hanya tersedia di beberapa model premium. Contoh mobil yang dulu sudah menggunakan lampu LED adalah BMW, Mercedes-Benz, dan beberapa model mobil Jepang yang cukup premium.

Fitur Mobil
Fitur Mobil (Sumber Gambar: Google)

Sedangkan untuk mobil yang memiliki harga terjangkau hanya dilengkapi dengan lampu utama halogen. Namun pada perkembangannya, mobil di segmen menengah seperti Honda Accord atau Mazda6 turut menawarkan headlight LED sebagai fitur standar.

Kini, Daihatsu Sigra, Toyota Calya, hingga Toyota Avanza sudah dilengkapi dengan lampu utama LED. Sehingga saat ini, lazim dijumpai mobil-mobil kelas menengah telah didukung dengan sistem penerangan LED.

Sunroof

Fitur mobil yang dulu hanya ada di mobil mewah yang selanjutnya adalah sunroof. Ya, pasti kita semua tahu bahwa fitur yang satu ini sering kita lihat pada mobil mewah. Dulu hanya segelintir mobil yang menggunakannya dan biasanya mobil dari segmen kelas atas.

Bahkan di negara kita sendiri masih banyak mobil yang tidak melengkapinya dengan fitur yang satu ini. Sunroof menjadi pertimbangan keberadaanya sebab Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang diklaim tidak cocok jika menggunakan fitur tersebut.

Jika ada, maka fitur yang satu ini hanya digunakan pada mobil mewah. Itu saja mobil mewah lawas juga jarang yang menggunakan fitur panoramic sunroof atau atap terbuka. Namun, seiring perkembangan zaman, fitur ini bisa menambah kesan keleluasaan kabin.

Saat ini sudah menjadi fitur standar di banyak model kelas menengah. Mobil kelas menengah yang mulai menggunakan panoramic sunroof sebagai standar fitur adalah Scion tC pada 2005 lalu. Bahkan beberapa mobil terkikni dengan harga terjangkau sudah menggunakan fitur ini. Seperti KIA Picanto dan Wuling Cortez.

Sistem Navigasi

Sistem navigasi juga merupakan salh satu fitur mobil yang dulu hanya ada di mobil mewah, loh. Lagi- lagi perkembangan teknologi membuat fitur yang satu ini lazim ditemukan pada setiap kelas mobil keluaran terbaru.

Digital map yang terpampang pada panel tengah dashboard sudah menjadi fitur bawaan yang lazim pada mobil-mobil baru. Siapa sangka, fitur ini di awal kemunculannya berupa grafis sederhana.

Fitur Mobil
Fitur Mobil (Sumber Gambar: Google)

Pada dekade 2000an sistem navigasi hanya dapat memberikan arah tanpa adanya bantuan lain. Saat ini, sistem navigasi yang di antaranya didukung OS Android juga memberi laporan lalu lintas, rute alternatif, hingga SPBU dan rumah makan terdekat.

Electric Seat

Fitur mobil yang dulu hanya ada di mobil mewah yang selanjutnya adalah electric seat. Jadi, sam dengan fitur yang lainnya, electric seat bisa dikatakan fitur yang cukup langka dan hanya ditemukan di mobil-mobil Eropa sepert BMW dan Mercedes-Benz.

Namun saat ini electric seat bisa ditemukan pada mobil Tiongkok sekalipun. Seperti DFSK Glory 580, Wuling Almaz, dan Wuling Cortez. Jadi, saat ini fitur ini semakin merakyat ya, guys.

Baca Juga: Mengganti Karet Wiper, Begini Cara Mudahnya!

Engine Start Stop

Terakhir untuk fitur mobil yang dulu hanya ada di mobil mewah adalah engine start stop. Fitur ini dulunya haya hadir di beberapa mobil mewah. Seperti mobil Mercedes-Benz E-Class W211 varian Avantgarde yang diproduksi di tahun 2004 merupakan mobil pertama di Indonesia yang menggunakan fitur tersebut.

Fitur Mobil
Fitur Mobil (Sumber Gambar: Google)

Tidak hanya itu, BMW seri-5 dan seri-7 yang dilansir tahun 2004 juga telah menganut fitur serupa. Dan di tahun 2006, Toyota Yaris adalah mobil Jepang termurah pertama yang menggunakan fitur Engine Start Stop Button. Akan tetapi, untuk memiliki Yaris dengan fitur ini, Anda harus membeli varian termahalnya, yakni tipe S.

Kini, fitur Engine Start Stop Button ditemukan di beberapa model entry level, seperti Wuling Cortez, DFSK Glory 560, Suzuki Ignis, dll.

Itulah fitur mobil yang dulunya hanya ada pada mobil mewah. Namun, sekarang beberapa bahkan dapat ditemukan pada mobil kelas menengah. Ya, meskipun begitu produsen tetap akan mempertimbangakan kebutuhan dan kemampuan mobil.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.