Skip to content

3 Fitur Mobil Yang Menghemat Bensin

Mobil yang hemat bensin pasti merupakan idaman setiap pemilik kendaraan. Dengan menghemat bensin kita juga dapat menghemat anggaran untuk ini, bukan?

Menghemat bensin dapat dilakukan dengan cara penggunaan yang benar. Namun selain itu, Andadapat memanfaatkan beberapa fitur yang dapat mengehat bensin. Ya, ada fitur mobil yang menghemat bensin.

Ada beberapa fitur mobil yang menghemat bensin yang dapat Anda manfaatkan. Saat ini eco driving atau berekndara hemat bahan bakar sedang digalakan. Sebab mengemudi dengan cara eco diving, banyak sekali manfaatnya ketika Anda dapat dengan menerapkan cara berkendara eco driving.

Manfaat dari eco driving antara lain adalah menghemat BBM, menurunkan biaya pemeliharaan, mengurangi polusi udara dan emisi gas rumah kaca (CO2), dan meningkatkan tanggung jawab dalam berkendara.

Selain itu, katanya, Eco Driving juga akan mengurangi resiko kecelakaan dan meningkatkan kenyamanan penumpang saat berkendara. Keberadaan teknik mengemudi Eco Driving adalah salah satu perkembangan yang dianggap sebagai pionir berkendara ramah lingkungan.

Dalam penerapannya, banyak manfaat yang didapatkan oleh pengemudi, khususnya kendaraan roda empat. Sehingga, banyak pabrik yang menerapkan fitur mobil yang menghemat bensin.

Itu sebabnya, banyak mobil yang mulai menambahkan fitur canggih pada mobil produksi mereka untuk membantu menghemat bensin mobil. Artikel ini akan membahas mengenai fitur mobil yang menghemat bensin. Berikut ulasan lengkapnya.

Fitur Mobil Yang Menghemat Bensin

Kali ini kita akan membahas 3 fitur mobil yang menghemat bensin. Mobil yang dijual saat ini sudah banyak yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Salah satu fitur baru yang disematkan pada produksi mobil terbaru adalah fitur mobil yang menhemat bensin. Mengendarai mobil agar tetap irit bahan bakar tidak hanya bergantung pada kondisi kendaraan saja, tapi dipengaruhi oleh banyak hal. Jadi selain faktor pengemudi, juga fitur-fitur di mobil Anda dapat membantu untuk berkendara hemat BBM.

Wah, apa saja ya fitur mobil yang menghemat bensin? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Baca Juga: Simak Begini Cara Membedakan Suku Cadang Asli atau Palsu!

Eco Indicator

Eco Indicator adalah fitur mobil yang menghemat bensin yang saat ini sudah lazim tersedia. Jadi, jika Anda membeli mobil keluaran terbaru, fitur yang satu ini sudah disematkan juga. Jad, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk melihat bensin, apakah Anda termasuk yang boros atau tidak.

Bagaimana cara Eco Indicator bekerja? Fungsinya adalah dapat mendeteksi pengoperasian transmisi, untuk transmisi otomatis tentunya. Dimana apabila indikator pada Multi Information Display (MID) menyala warna hijau, maka tandanya Anda memiliki gaya berkendara yang irit. Biasanya tanda dari Eco Indicator bergambar daun atau tulisan.

Fitur Mobil Yang Menghemat Bensin
Fitur Mobil Yang Menghemat Bensin (Sumber Gambar: Google)

Fitur ini bekerja secara otomatis membuat ECU agar menghemat sistem bahan bakar. Seperti pengaturan suplai BBM, udara, dan proses perpindahan transmisi. Eco Indicator akan aktif pada putaran mesin 1.500-3.000 RPM. Artinya, putaran mesin mobil tidak tinggi dan konstan. Lampu tanda ECO juga akan tetap hidup, apabila pedal gas ditekan secara lembut. Jika lampu terus menyala, maka akan membuat konsumsi BBM lebih irit 4 persen.

Bagimana? Dengan adanya fitur ini, maka mobil Anda tetap terpantau secara otomatis. Apakah gaya berkendara baik atau tidak.

Cruise Control

Fitur mobil yang mengehmat bensin adalah Cruise Control. Untuk fitur yang satu ini mungkin ash jarang kita temui. Ya, sebab Cruise Control masih belum tersedia dalam semua mobil. Namun, fitur ini mempunyai fungsi yang sama dengan Ico Indicator.

Dimana fungsinya untuk membantu meningkatkan efisiensi BBM, terutama jika sering berkendara di jalan yang kondisinya lengang. Ya, bisa dikatakan bahwa fungsi utama dari fitur yang satu ini adalah mengatur laju kendaraan agar tetap konstan tanpa bantuan pengemudi untuk menginjak pedal gas.

Fitur yang satu ini sangat berguna jika sering melewati jalan tol. Sebab, fitur ini tidak selalu dalam keadaan aktif, pengemudi harus melajukan mobil pada kecepatan tertentu. Biasanya dapat berfungsi pada kecepatan 40 km/jam dan sebaiknya dilakukan di jalanan tol.

Fitur Mobil Yang Menghemat Bensin
Fitur Mobil Yang Menghemat Bensin (Sumber Gambar: Google)

Sehingga, dengan adanya fitur ini enggunaan konsumsi bahan bakar semakin efisien karena putaran mesin stabil yang diatur oleh ECU mobil seminimal mungkin. Cruise Control terletak pada di lingkar kemudi, agar mudah dijangkau oleh jar pengendara. Fungsi utamanya mengatur lanju kendaraan agar tetap konstan tanpa bantuan pengemudi utnuk menginjak pedal gas.

Fitur Auto Start-Stop

Fitur mobil yang menghemat bensin terakhir yang akan kita bahas adalah fitur Auto Start- Stop. Wah, fitur ini sedangan tren loh saat ini. Apa sih fungsi dari fitur Auto Start- Stop ini? Fitur auto start-stop berfungsi meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar kala mesin stasioner dalam jangka waktu tertentu.

Fitur yang juga dikenal sebagai idle stop ini bekerja mematikan mesinketik amobil berhenti. Dimana saat berada di tengah kemacetan yang kerap menguras bahan bakar, ia akan bekerja berdasarkan perintah dari komputer untuk mematikan mesin.

Fitur Mobil Yang Menghemat Bensin
Fitur Mobil Yang Menghemat Bensin (Sumber Gambar: Google)

Dengan teknologi ini, penghematan bahan bakar mencapai 5 hingga 14 persen. Begitu pula dengan reduksi emisi gas buang. Hanya saja fitur ini akan membuat daya tahan aki mobil menjadi lebih berat. Sehingga, biasanya aki yang digunakan akan berbeda dengan mobil biasanya apabila menggunakan fitur ini.

Baca Juga: Bingung Cari Mobil MVP Rp 100 Jutaan? Berikut 5 Rekomendasi Terbaik

Itulah fitur mobil yang menghemat bensin. Namun perlu diingat meskipun sudah ada fitur yang bertujuan untuk membantu pengemudi agar bisa lebih hemat BBM. Tapi sekali lagi irit tidaknya mobil masih tetap bergantung pada gaya berkendara dan juga situasi lalu lintas. Maka dari itu, perhatikan juga cara berkendara agar tetap hemat BBM.

Bagaimana sih cara berkendara yang baik? Dalam hal ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal yang harus diperhatikan, seperti menghindari akselerasi dan deselerasi mendadak yang terus menerus, berkendara dengan sering berhenti dan berangkat lagi atau stop and go akan membuat bahan bakar boros.

Kemudian hindari pengereman yang tidak perlu, pertahankan dengan kecepatan tetap dan jaga jarak yang tepat dari kendaraan di depan Anda untuk menghindari pengereman mendadak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.