Mengenal Bebagai Fitur Keselamatan Pada Sepeda Motor

Saat ini fitur keselamatan pada sepeda motor sudah jauh berkembang seiring berkembangnya teknologi dalam dunia otomotif. Tentu saja fitur keselamatan ini disematkan untuk menunjang keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Saat ini kendaraan sepeda motor memiliki berbagai fitur keselamatan yang setiap tahunnya di gunakan agar keselamatan dan keamanan berkendara menjadi lebih aman. Selain lebih aman, tentunya teknologi ini akan lebih nyaman untuk digunakan sehingga menarik perhatian untuk membelinya dan digunakan sebagai pengendara sepeda motor.

Apa saja sih fitur keselamatan pada sepeda motor? Artikel kali ini akan membahas secara lengkap mengenai fitur keselamatan pada sepeda motor. Berikut ulasan lengkapnya.

Fitur Keselamatan Pada Sepeda Motor

Beberapa dari fitur keselamatan pada sepeda motor mungkin sudah sering Anda dengar bahkan mungkin sudah dimiliki pada motor Anda. Fitur-fitur akan mempermudah pemakaian sekaligus meningkatkan keamanan. Pengoperasiannya pun mudah sehingga para pengemudi wanita pun bisa menggunakannya.

Tentu semakin lengkap fitur keselamatan yang disematkan pada sepeda motor tentu akan berpengaruh pada harga jualnya. Sehingga, ptodusen akan memikirkan betul hal ini. Dimana pengendara motor akan tetap merasa aman dan nyaman serta harga motor yang terjangkau.

Berikut adalah daftar fitur keselamatan pada sepeda motor yang sering disematkan pada motor keluaran terbaru saat ini.

Fitur ABS (Anti-lock Braking Systems)

Fitur keselamatan pada sepeda motor yang akan kita bahas pertama kali adalah fitur ABS. Yups, Anti- lock Braking Systems. ABS atau Anti-lock Braking Systems adalah sebuah sistem pengereman yang digunakan oleh kendaraan (sepeda motor, mobil, dan sebagainya).

Sistem yang satu ini memastikan pengereman berjalan dengan baik tanpa mengunci gerak roda yang bisa menimbulkan selip. ABS merupakan teknologi pengereman yang satu ini sangatlah populer untuk diterapkan pada sepeda motor beberapa tahun kebelakang.

Rata- rata sepeda motor keluaran terbaru sudah menggunakan ABS. Sebab sistem pengereman ABS dipercaya akan menurunkan tingkat kecelakaan karena masalah pengereman sebanyak 18% di jalan raya dan juga 35% di jalan yang tidak memiliki aspal.

Jadi, fitur sepeda motor yang satu ini sangatlah mendukung keselamatan berkendara. Sebab dengan menggunakan ABS tentu akan membuat sepeda motor menjadi lebih aman dibandingkan dengan menggunakan sistem pengereman konvensional seperti biasanya.

Fitur Keselamatan Pada Sepeda Motor
Fitur Keselamatan Pada Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Traction Control Systems

Fitur keselamatan pada sepeda motor yang satu ini masih belum banyak digunakan pada sepeda motor di Indonesia. Padahal Traction Control Systems berguna untuk menghindari selip yang terjadi pada ban.

Ya, fungsi dari Traction Control System hampir sama dengan ABS, yaitu untuk mencegah terjadinya selip. Namun jika ABS bekerja pada sistem pengereman, Traction Control System bekrja pada ban.

Dimana Traction Control System akan mencegah selip dan roda berputar lebih cepat dari yang seharusnya, khususnya di jalan yang tidak memiliki aspal atau jalan tanah dan penuh pasir. Ya, dapat diatakan bahwa Teknologi ini akan membantu memberikan keseimbangan lebih dalam berkendara.

Saat ini teknologi yang satu ini belum populer di Indonesia, hal ini mungkin dikarenakan fungsinya yang hampir sama dengan ABS. Namun, cepat atau lambat pasti akan banyak sepede motor keluaran terbaru yang menggunakan teknologi yang satu ini.

Fitur Keselamatan Pada Sepeda Motor
Fitur Keselamatan Pada Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Slipper Clutch

Slipper Clutch menjadi fitir keselamatan pada sepeda motor selanjutnya. Slipper Clutch merupakan sebuah teknologi yang sering ada di beberapa sepeda motor dengan cc besar. Dimana Teknologi dan fitur yang satu ini berfungsi untuk mendukung keselamatan berkendara yang satu ini berfungsi untuk menghindari selip kopling saat memindah gigi.

Khususnya fitur keselamatan yang satu ini agar mampu memberikan engine brake yang maksimal untuk sebuah sepeda motor guna membantu proses pengereman sepeda motor.

Menggunakan engine brake untuk membantu pengereman tentunya lebih bisa memaksimalkan pengereman saat kita berada di jalan raya, salah satunya adalah di jalan turunan pengunungan dan juga daerah jalan ekstream lainnya.

Nah, engine brake ini juga terkadang menjadi buah simalakama karena terkadang selipnya kopling ini bisa menjadikan sangat berbahaya. Untuk itulah fitur keselamatan sepeda motor yang satu ini ada. Slipper Clutch ini bisa mengurangi resiko terjadinya selip sehingga engine brake akan sangat maksimal.

Teknologi Injeksi

Teknologi injeksi juga menjadi fitur keselamatan pada sepeda motor yang populer. Teknologi ini menggunakan sensor canggih yang mampu mengatur berbagai kondisi terkait dengan keamanan sepeda motor yang berhubungan dengan aliran bahan bakar.

Fitur Keselamatan Pada Sepeda Motor
Fitur Keselamatan Pada Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Berkaca dari beberapa tahun yang lalu dimana karburator sepeda motor masih digunakan secara konvensional menggunakan katup. Walaupun sampai sekarang masih banyak yang menggunakan teknologi Injeksi ini menjadi salah satu fitur keamanan baru yang sangat populer dan sudah pasti digunakan oleh sepeda motor baru yang ada di pasaran sekarang ini.

Beberapa kelemahan yang dimiliki oleh karburator konvensional terutama produksi tahun – tahun lama adalah seringnya bocor, kemudian sering juga katup yang “nyangkut” sehingga sehingga bisa membahayakan pengendara dan juga pembakaran bahan bakar yang kurang efektif.

Beberapa hal ini diselesaikan dengan fitur injeksi sekarang ini sehingga kalian tidak perlu khawatir mengenai beberapa masalah ini. Teknologi ini menggunakan sensor canggih yang mampu mengatur berbagai kondisi terkait dengan keamanan sepeda motor yang berhubungan dengan aliran bahan bakar.

Sensor tersebut juga terbukti menambahkan tenaga yang lebih baik kepada sepeda motor lho, karena tentunya pembakaran bahan bakar akan menjadi sangat maksimal.

Itulah berbagai fitur keselamatan pada sepeda motor yang beberapa diantaranya telah disematakan pada sepeda motor keluaran terbaru. Mungkin satu motor hanya akan memiliki beberapa fitur kemanan diatas, jadi tidak semuanya.

Dimana produsen akan menyesuaikan dengan kebutuhan, sehingga tidak mempengaruhi harga motor. Selain itu, dalam pemasangan fitur keselamatan pada sepeda motor produsen juga akan memperhataikan kapasitas mesin motor.

Jadi, apabila motor memiliki kapasitas mesin kecil tentu tidak semua fitur keselamatan diatas disematakan. Namun tenang saja, sebab produsen akan melengkapinya dengan fitur keselamatan sederhana yang akan mampu menunjang untuk kegiatan sehari- hari.

Ngomoong- ngomng fitur keselamatan pada sepeda motor, dari fitur keselamatan motor diatas, adakah yang sudah digunakan pada sepeda motor kalian?

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.