Fitur Head Unit Yang Terintegrasi Dengan Smartphone

Saat ini head unit mobil terus mengalami perkembangan. Tidak hanya fitur head unit mobil yang semakin banyak. Namun, juga fitur head unit dapat terintegrasi dengan smartphone. Wah, tidak hanya mesin mobil saja ya yang mengalami perkembangan.

Fitur hiburan pada mobil juga semakin canggih dan semakin berkembang mengikuti teknologi. Mobil keluaran terbaru rata- rata sudah memiliki head unit yang semakin canggih. Fiturnya tidak hanya semakin lengkap namun juga dapat terintegrasi dengan smartphone.

Jadi bukan hanya untuk hiburan semata, tapi kehadiran head unit sudah mampu menunjang kenyamanan bahkan menjadi salah satu solusi keamanan dalam berkendara.

Fitur Head Unit Terintegrasi Dengan Smartphone

Artikel kali ini akan membahas secara engkap mengenai fitur head unit mobil yang terintegrasi dengan smartphone. Sehingga, Anda dapat memilih head unit yang sesaui dengan kebutuhan Anda.

Head unit mobil merupakan saah satu jenis fasilitas hiburan di mobil. Meskipun, head unit semakin canggih, namun beberapa keluaran mobil terbaru justru menurunkan standar head unit mobil.

Hal ini disebabkan semakin canggih head unit mobil tentu akan membuat harga mobil semakin tinggi. Untuk itu, banyak orang yang mengupgrade head unit mobil. Tentu saja hal ini disesuaikan dengan kebutuhan.

Baik, langsung saja berikut adalah ulasan lengkpan mengenai futur head unit mobil yang terintegrasi dengan smartphone.

MirrorLink

Fitur Head Unit
Fitur Head Unit (Sumber Gambar: Google)

Fitur head unit mobil yang dapat terintegrasi dengan smartphone yang pertama adalah mirrorLink. Mirrorlink adalah sebuah fitur yang dikembangkan oleh pengembang bernama Car Connectivity Consortium. Fitur ini berfungsi sebagai pengintegrasi antara aplikasi smartphone dan head unit dalam mobil.

Dimana MirrorLink mengubah smartphone menjadi platform aplikasi pada layar monitor head unit untuk semua aplikasi yang berjalan di smartphone. Sementara itu, driver dapat berinteraksi melalui kontrol kemudi, tombol dasbor dan layar sentuh yang menghadirkan sistem multimedia didalam kendaraan.

MirrorLink dapat bekerja karena menggunakan teknologi non-proprietary canggih seperti IP, USB, Wi-Fi, Bluetooth, Protokol Real-Time (RTP, untuk audio) dan Universal Plug and Play (UPnP). Selain itu,

MirrorLink juga menghadirkan protokol Virtual Network Computing (VNC) sebagai protokol dasar untuk menampilkan antar muka pengguna aplikasi smartphone pada layar monitor head unit untuk sistem infotainment. MirrorLink saat ini sudah mampu terhubung dengan sistem android maupun iOS.

Namun, MirrorLink juga memiliki kekurangan. Dimana Aplikasi yang diintegrasikan terbatas, hanya aplikasi yang memang cocok kegunaannya dalam kendaraannya seperti Navigasi, Musik, Internet Radio, SMS, dan lain-lain. Untuk aplikasi lain yang dapat menyita perhatian pengemudi tidak akan tampil di layar headunit.

CarPlay

CarPlay merupakan salah satu fitur head unit mobil yang terintegrasi dengan smartphone. Carplay merupakan perangkat yang Apple hadirkan sebagai perantara head unit untuk menjadi monitor display serta berfungsi sebagai pengontrol untuk iPhone.

Ketika pertama keluar, fitur Apple Carplay memang terbatas hanya ada di mobil mewah seperti Ferrari FF atau BMW. Namun saat ini mobil atau head unit aftermarket yang mendukung Apple Carplay semakin banyak dan bahkan beberapa mobil dengan harga terjangkau telah memiliki fitur ini seperti di Renault Triber.

Fitur Head Unit
Fitur Head Unit (Sumber Gambar: Google)

Apple Carplay sendiri saat ini sudah berada di versi iOS 14 dengan fitur-fitur baru. Untuk menggunakan Apple CarPlay tidakhlah sulit. Anda membutuhkan sebuah smartphone dengan sistem operasi iOS 7.1. Selain itu head unit di mobil sobat sudah harus mendukung sistem Apple CarPlay. Cara mengaktifkan Apple CarPlay tidaklah sulit.

Dimana Andda hanya perlu menghubungkan smartphone ke head unit dengan menggunakan kabel USB Lightning. Secara otomatis head unit akan langsung tersambung ke Apple CarPlay. Carplay memiliki fungsi untuk memindahkan fitur-fitur di dalam iPhone kita ke mobil

CarPlay memungkinkan Anda melakukan banyak hal seperti pemilihan musik yang akan diputar, membaca pesan sekaligus membalasnya, melihat rute jalan dengan Apple Maps, melakukan panggilan telepon, dan banyak lainnya.

Sebagian besar produsen kendaraan di seluruh dunia mulai menggabungkan CarPlay ke dalam sistem head unit infotainment mereka dari waktu ke waktu. CarPlay juga dapat terhubung pada sebagian besar kendaraan dengan perangkat keras audio mobil aftermarket.

Android Auto

Fitur head unit mobil yang dapat terintegrasi dengan smartphone yang terakhir adalah Android Auto. Fitur head unit satu ini merupakan fitur yang dikembangkan oleh Google. Dimana, memungkinkan perangkat Android menjalakan aplikasi seluler.

Android Auto difungsikan sebagai antar muka pengguna yang disesuaikan saat digunakan di dalam kendaraan, paling umum dengan menghubungkannya head unit dengan fitur Android untuk entertainment di kendaraan.

Fitur Head Unit
Fitur Head Unit (Sumber Gambar: Google)

Kedua display head unit layar sentuh mendukung pengoperasian hands-free melalui perintah suara atau Sirieyes untuk memastikan berkendara yang aman. Fungsinya menawarkan kontrol terhadap navigasi GPS, memainkan musik, SMS, telepon, dan pencarian web browser.

Itulah fitur head unit mobil yang dapat terintegrasi dengan smartphone. Dari hari ke hari teknologi semakin berkembang. Dulunya head unit agak sulit digunakan dan berperan hanya sebagai pelengkap saja tapi saat ini justru memiliki peranan penting bagi sebuah kendaraan.

Jika dulu, head unit merupakan hanya dipakai sebagai alat pemutar radio FM atau musik saja, kini head unit telah lebih dari itu. Ya, seperti dijelaskan sebelumnya, saat ini aksesoris hiburan ini juga dapat digunakan untuk mengangkat telepon serta digunakan sebagai alat navigasi.

Selain itu saat ini tidak sedikit mobil baru saat ini yang sudah menggunakan monitor touch screen multi fungsi.

Kalau dulu untuk mengintegrasikan head unit dengan smartphone cukup sulit, namun dengan hadirnya teknologi terbaru justru memberikan banyak manfaat. Anda bisa menggunakan wireless, mengisi daya baterai handphone, menggunakan GPS sebagai penunjuk arah bahkan menggunakan web browser.

Semoga semua kemudahan itu membuat Anda semakin nyaman dan aman dalam berkendara ya. Apabila Anda memilih varian mobil yang belum dilengkapi perangkat multimedia dengan konektivitasnya, sekarang ini telah banyak terdapat pilihan head unit aftermarket yang beredar di pasaran dengan kelebihan fitur serta sistem koneksinya.

Jadi, pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda. Diskusikan dengan ahlinya agar sesuai dengan kapasitas mobil juga , ya.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.