6 Fakta Menarik Tentang Ban Cadangan

Ban cadangan menjadi koponen yang biasanya selalu tersedia di mobil. Hal ini dilakukan, apabila ban bermasalah ditengah jalan, dan jauh dari bengkel maka kita tidak panik.

Namun, taukah kalian jika ada beberapa fakta menarik tentang ban cadang?

Ya, bebrapa fakta menarik ini mengenai hal-hal yang dapat dan tidak dapat diharapkan dari sebuah ban cadangan yang terdapat pada mobil.

Berikut adalah sederet fakta menarik seputar ban serep mobil yang perlu diketahui.

Fakta Menarik Tentang Ban Cadangan

Menurut kalin, apa sih pengertian dari ban cadangan? Ya ban cadangan adalah ban tambahan yang umumnya di bawa dalam mobil. Banyak yang menyebutnya ban serep. Fungsinya sebagi pengganti ban utama ketika mengalami masalah. Misalnya, ketika ban utama pecah atau hal lainnya.

Ban cadangan yang dimaksud adalah ban yang dapat dipasang pada seuruh bagian roda. Baik roda depan maupun roda belakang. Jadi, bukan asal sembarang ban, ya. Berikut adalah ulasannya.

1. Ukuran

Fakta Menarik Ban Cadangan
Fakta Menarik tentang Ban Serep (Sumber Gambar: Google)

Seperti yang dibahas sebelumnya, bahwa ban cadangan mempunyai ukuran yang dapat digunakan pada seluruh bagian ban. Dimana untuk mencocokan ban dengan roda diperlukan keterampilan profesional dan peralatan khusus.

Namun, bisanya hal tersebut dilakukan pada mobil keluaran lama. Dimana ban cadangan ini adalah ban dengan ukuran penuh, dimensinya harus sama dengan ban aslinya, ukuran ban disesuaikan dengan ukuran pelek. Namun, semakin lama ukuran ban serep semakin menciut.

Dimana beberapa pengemudi menggunakan ban kecil ketika bagasi kendaraan tidak cukup besar untuk membawa yang berukuran penuh. Seperti space saver untuk menghemat ruang kabin.

Namun, perlu diperhatikan bahwa versi ringkas ini hanya untuk penggunaan sementara dan tidak boleh dikendarai lebih dari 80 km. Itulah fakta menarik tentang ban cadangan yang harus Anda ketahui.

Baca Juga: Cara menyimpan ban mobil

2. Ban Bersifat Sementara

Fakta menarik ban cadangan yang selanjutnya adalah sifatnya yang sementara. Ya, sesuai ukuran ban yang sekarang, semakin lama semakin mengecil, maka tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Artinya ban serep seperti space saver, hanyalah bersifat sementara. Ukurannya yang mungil dengan pelek ‘kaleng’ tidak bisa disamakan dengan ban utama. Space saver juga memiliki batas kecepatan maksimal yang tertera pada dinding ban.

Jadi, Anda dapat menggunakannya hanya untuk perjalanan singkat. Jarak jauh Anda akan mengendarai ban kecil, semakin tinggi akan menjadi risiko pola aus buruk dan kecelakaan di jalan.

Ban-ban kecil direkayasa agar aman di kendaraan hanya untuk jarak terbatas. Jadi, bawa mobil Anda ke bengkel mobil segera setelah mengganti flat atau ban kecil.

Fakta Menarik Ban Cadangan
Fakta Menarik tentang ban serep mobil (Sumber Gambar: Google)

3. Mempengaruhi Jarak Tempuh Bahan Bakar

Fakta menarik lainnya adalah ban mampu menpengaruhi jarak tempuh bahan bakar. Apabila ban serep mobil Anda berukuran penuh, maka mobil Anda dapat lebih banyak mengeluarkan bahan bakar. Hal ini akan terjadi apabila pola tapak dari ban serep ini, tidak identik dengan yang sudah ada.

Selain itu, membawa pengganti, bahkan jika memiliki ukuran yang kompak, berarti membawa lebih banyak muatan. Ini pada akhirnya mempengaruhi jarak tempuh kendaraan per liter.

4. Tekanan Angin Ban Cadangan

Fakat menarik tentang ban serep adalah masalah tekanan angin ban. Anda mungkin perlu memeriksa tekanan ban serep secara rutin. Sebab, kehadirannya yang sering terlupakan, menyebabkan tekanan angin pada ban umumnya jarang diperiksa.

Saat benar-benar dibutuhkan, ternyata ban serep tidak dapat digunakan. Saat Anda mengisi angin pada ban yang dipakai, jangan lupa juga dengan mengisi ban serep mobil Anda. Apabila ban serep mobil memiliki ukuran yang kompak, pompa ban pada 60 psi.

Sebab ban yang kempes atau terlalu kencang dapat menyebabkan masalah keselamatan jalan yang serius. Anda harus memastikan bahwa ban dipompa pada tingkat tekanan yang tepat bahkan jika ban serep tersebut adalah jenis ukuran penuh.

Baca juga: Manfaat menjaga tekanan angin ban

5. Lokasi Menyimpan Ban

Fakta menarik tentang ban cadangan lainnya adalah terkait dengan tempat menyimpannya yang berbeda- beda. Pada umumnya terletak di bagasi belakang dan tertutupi oleh karpet.

Beberapa model SUV menyematkannya pada pintu belakang, selain menghemat ruang, penyematan ban di luar memperkuat kesan petualang dan mempermudah saat penggantian. Beberapa model juga menyematkannya di kolong mobil, untuk menurunkannya Anda membutuhkan kunci khusus.

6. Mobil Tanpa Ban Serep

Fakta menarik tentang ban cadangan yang terakhir adalah adanya beberapa jenis mobil yang tidak memerlukan ban cadangan ini. Artinya mobil tanpa ban serep. Yaitu mobil yang sudah mengadopsi ban RFT (Run Flat Tire) tau ban tubles tire design. Biasanya tidak disemati ban cadangan.

Sebab ban jenis ini tidak akan mengalami bocor meskipun tertusuk oleh benda tajam. Ban dengan desain ini hanya akan benar-benar harus diganti apabila mengalami sobekan fatal. Hal ini karena ada lapisan tambahan di dalam yang membuat ban yang bocor bertambah.

Fakta Menarik Ban Cadangan
Fakta Menarik Ban serep mobil(Sumber Gambar: Google)

Meskipun demikian, jika Anda dapati ban tubeless Anda terkena paku dan atau tekanannya berkurang jauh, segera periksakan ke tempat penampalan ban untuk diperbaiki atau diganti.

Jadi ketika Anda mengalami kebocoran, ban masih bisa digunakan hingga jarak tempuh tertentu dengan kecepatan maksimum yang bergantung kepada spesifikasi ban. Biasanya, pabrikan melengkapi alat penambal ban yang bisa digunakan bersama pompa ban.

Itulah fakta menarik tentang ban cadangan yang perlu Anda ketahui. Sehingga, Anda dapat memastikan ban serep yang Anda simpan telah tepat, selain itu Anda juga dapat memastikan bahwa ban serep dalam kodisi prima jika sewaktu- waktu dibutuhkan.

Perlu diketahui juga bahwa terkait ban serep, ternyata hal ini sudah diatur loh dalam peraturan pemerintah. Ya regulasi megenai ban cadangan telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012 pasal 47 ayat 1 dan 2.

Aturan itu menuliskan tentang syarat mengenai ukuran ban cadangan yang harus seragam dengan ban utama. Jika terpaksa menggunakan ban dengan lebar tapak yang berbeda, pastikan diameternya tetap sama dengan ban lain, sehingga tidak memincangkan laju kendaraan apabila telah terpasang. Bagimana. Sebuah fakta menarik mengenai ban cadang, bukan?

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *