Skip to content

Yuk Ketahui Fakta Menarik Air Radiator Motor!

Fakta Menarik Air Radiator Motor – Tidak hanya untuk mobil, air radiator juga mempunyai peranan yang penting untuk motor. Air radiator sendiri memiliki banyak fungsi untuk kendaraan. Sehingga, kita harus emmastikan jika air radiator pada kendaraan cukup dan tidak kurang.

Air radiator sendiri mempunyai fungsi sebagai penjaga temperatur atau suhu mesin agar tetap optimal. Senyawa kimia yang terdapat didalamnya juga berfungsi sebagai proteksi pada bagian sistem pendingin.

Terbuat perpaduan dua bahan utama, air radiator dapat mencegah logam di dalamnya terhindar dari korosi. Sebab kondisi motor yang sering mengalami overheat akan berdampak buruk bagi kesehatan motor itu sendiri.

Demi menghindari hal ini, Anda membutuhkan komponen air radiator untuk mendinginkannya. Tidak hanya itu saja, air radiator juga digunakan untuk menjaga karet agar tetap lentur dan tidak cepat mengalami pemuaian yang bisa menyebabkannya menjadi kaku.

Fakta Menarik Air Radiator Motor

Selain memiliki banyak fungsi, ternyata ada sejumlah fakta menarik air radiator motor yang perlu Anda ketahui, loh. Mari kita bahas secara menyeluruh mengani fakta menarik air radiator motor, sehingga Anda tidak keliru mengenalinya.

Yuk, langsung saja kita bahas mengenai fakta menarik air radiator motor. Selamat membaca!

Air Radiator Berbeda dengan Air Mineral

Fakta menarik air radiator motor yang pertama adalah air radiator berbeda dnegan air mineral. Hato, siapa yangs ering menggunakan air mineral untuk mengisi radiator? Banyak informasi tidak benar diluaran sana yang mengatakan bahwa peran dari air radiator dapat digantikan dengan air mineral.

Baca Juga: Kerusakan Pada Karburator & Cara Memperbaikinya

Bahkan beberapa pengendara motor beranggapan bahwa air mineral bisa menggantikan peran dan posisi air pendingin untuk membuat mesin motor menjadi lebih dingin. Selain itu, ada juga pemilik kendaraan beranggapan bahwa air mineral dapat membuat lebih tahan karat.

Fakta Menarik Air Radiator Motor
Fakta Menarik Air Radiator Motor (Sumber Gambar: Google)

Anggapan lain yang juga sempat terdengar adalah air mineral dapat menggantikan air pendingin dan membuat radiator menjadi lebih tahan karat. Padahal faktanyaair mineral tidak disarankan untuk menggantikan iar radiator.

Hal ini disebabkan karena air mineral memiliki kandungan garam yang notabene dapat menyebabkan karat pada bagian radiator motor. Bagian yang memiliki potensi besar mengalaminya adalah bagian sirip dan kisi radiator.

Nah, jika sudah berkarat tentu membuat proses pendinginan lambat. Sebab, karat yang ada pada radiator membuat sirkulasi pendinginan menjadi lebih lambat dan tersumbat. Alhasil, motor akan sering mengalami overheat parah. Namun penggunaan air mineral disarankan bagi Anda yang menggunakan motor untuk balapan.

Warna Asli Air Radiator

Fakta menarik air radiator motor yang selanjutnya adalah mengenai warna air radiator sendiri. Ya, apakah kalian sendiri tahu warna asli air radiator itu sendiri? Mungkin banyak orang masih penasaran sebenarnya apa warna dari air radiator motor.

Sebab, masih banyak yang belum mengetahui dengan benar seperti apa warna asli dari air radiator motor ini. Jika melihat pada asalnya, air radiator tidak memiliki warna. Nmaun, perlu diketahui bahwa warna pada air radiator tidak memiliki pengaruh pada kualitasnya.

Sehingga adanya beberapa warna pada air radiator bukan jadi indikasi apakah air tersebut berkualitas baik atau buruk. Hal ini dikarenakan warna hanyalah simbol yang digunakan oleh produsen dari produk tersebut.

Jadi, baik yang berwarna hijau maupun merah tidak masalah. Sebab, bagus atau tidaknya air radiator dilihat dari kandungan yang dimiliki yaitu Ethylene Glycol tinggi. Bahan inilah yang memiliki pengaruh tinggi pada titik didihnya.

Semakin tinggi titik didih dan kemampuan anti karatnya, maka performa dari air radiator tersebut juga semakin tinggi.

Fakta Menarik Air Radiator Motor
Fakta Menarik Air Radiator Motor (Sumber Gambar: Google)

Penggunaan Air Radiator Mobil untuk Motor

Fakta menarik air radiator motor yang lainnya adalah mengenai apakah air radiator mobil dapat digunakan pada motor? Ya, banyak orang beranggapan atau sempat melayangkan pertanyaan ini. Faktanya, air radiator untuk mobil bisa digunakan pada motor juga.

Bukan hanya lebih manjur, air radiator mobil yang digunakan pada motor juga dinilai lebih murah dari segi harga. Jadi air radiator yang dapat digunakan pada mobil dapat digunakan dalam mesin motor. Bahkan selain lebih efektif juga dianggap lebih murah juga.

Tetesan Air AC Efektif untuk Air Radiator

Fakta menarik air radiator mobil lainnya adalah mengenai tetsan air AC. Banyak sekali yang beranggapan bahwa sama-sama berperan sebagai pendingin, benarkah tetesan air AC juga efektif saat digunakan pada air radiator?

Kebanyakan beranggapan bahwa hal ini lumrah terjadi pada motor balap. Padahal, hal ini dinilai kurang bagus untuk diterapkan baik pada motor biasa maupun balap. Benarnya, air tetesan AC dapat dijadikan campuran untuk coolant atau air radiator.

Fakta Menarik Air Radiator Motor
Fakta Menarik Air Radiator Motor (Sumber Gambar: Google)

Tips ini bahkan direkomendasikan untuk air radiator dengan jenis concentrate. Sebagai tambahan, campurkan dengan perbandingan 50:50. Dengan menggunakan campuran ini, mesin Anda bisa mencapai titik didih sampai 129 derajat.

Jika ingin titik didih lebih tinggi, Anda bisa menambah concentratenya menjadi 70%. Dengan campuran tersebut, mesin motor Anda bisa mencapai titik didih 136 derajat.

Penggantian Air Radiator

Fakta menarik air radiator motor yang selanjutnya adalah mengenai pengganti air radiator. Jadi, sama dengan oli, air radiator juga punya waktu atau masa sehingga harus diganti sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengurasnya? Interval waktu pengurusannya juga tidak bisa sembarangan begitu saja. Waktu yang paling tepat untuk menggantinya adalah setiap 9.000 sampai 10.000 kilometer.

Melihat bagaimana air radiator memiliki rentang waktu seperti ini, Anda harus ekstra mengawasinya agar tetap berfungsi dengan baik. Terlebih lagi bagi Anda yang hobi touring atau berpergian jauh, mengecek air radiator harus menjadi agenda wajib setiap kali berangkat.

Baca Juga: Langkah- Langkah Mudah Membersihkan Karburator

Itulah fakta menarik air radiator motor yang perlu diketahui. Bagimana apakah fakta menarik air radiator motor diatas ada yang menjadi pertanyaan Anda? Hal yang plaing penting adalah jangan sampai air radiator habis, sehingga menimbulkan masalah pada kendaraan Anda.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *