Drawing Tablet: Rekomendasi Terbaik Untuk Desainer Grafis dan Hobi Gambar

Drawing tablet kini semakin populer. Dimana awalnya drawing tablet digunakan oleh profesional kini bagi pemula yang hobi menggambarpun sudah menjadi barang wajib. Drawing tablet juga menjadi alat tidak hanya menjadi alat yang akan mengembangkan bakat dan minat, namun juga merupakan alat pendukung yang penting.

Dikarenakan drawing tablet semakin diminati, maka tidak heran jika sekarang semakin banyak merk yang mengelurakannya. Wah, bagi profesional mungkin sudah tahu drawing tablet mana yang akan dipilih.

Namun, beda ceritanya untuk para pemula yang baru akan menggunakan alat ini untuk pertama kali. Pasti dengan kelebihan dan kekurangan masing- masing produk, Anda sebagai pemula akan bingung dalam memilihnya.

Jenis Drawing Tablet

Sebelum kita masuk ke daftar rekomendasi, ada beberapa jenis drawing tablet yang perlu Anda ketahui, ya tepatnya ada tiga jenis. Pertama adalah Graphics Tablet, dimana jenis ini perlu dihubungkan ke PC atau laptop.

Selain itu memiliki harga yang paling terjangkau dibandingkan dengan jenis lainnya. Meskipun diawal penggunaan, bagi yang belum terbiasa akan merasa kesulitan. Jenis yang kedua adalah pen displays. Nah, untuk jenis pen yang satu ini Anda dapat secara langsung.

Pen displays menggambar atau membuat desain dengan pen di layar tablet. Tentunya, jenis yang satu ini lebih mudah digunakan oleh semua orang karena Anda akan langsung melihat layar saat menggambar.

Yang terakhir adalah tablet computer. Untuk jenis yang satu ini sebenarnya hanya tablet dengan keyboard tambahan. Perpaduan ini akan membuat Anda mendapatkan dua fungsi dalam satu alat.

Baca Juga: Merawat Rantai Motor Saat Musim Hujan: Apa Yang Pelru Dilakukan?

Rekomendasi Drawing Tablet

Berikut adalah daftar rekomendasi drawing tablet baik untuk desain grafis profesional ataupun pemula. Yuk, simak daftar lengkapnya!

Samsung Galaxy Tab S4

Rekomendasi drawing tablet yang pertama adalah Samsung Galaxy Tab S4. Meskipun bukan seri terbaru dari Samsung, namun tidak ada salahnya tetap menjadikan tablet yang satu ini sebagai opsi.

Ya, hal ini dikarenakan Samsung Galay Tab S4 memiliki performa yang baik jika digunakan untuk menggambar dan melakukan desain yang ringan. Layar yang dihadirkan Samsung punya layar smooth untuk digunakan menggambar atau sekadar membuat catatan.

Ditambah lagi, Anda dapat menikmati berbagai beragam aplikasi dari Google Play dari gadget ini. Tablet keluaran merek terkemuka asal Korea Selatan ini sudah dilengkapi dengan S-Pen, jadi pengguna tidak perlu membelinya secara terpisah.

Harganya juga masih terbilang ekonomis. Jadi, memilih seri lama untuk mendapatkan harga terbaik merupakan ide yang dapat dicoba.

Rekomendasi Drawing Tablet
Rekomendasi Drawing Tablet (Sumber Gambar: Google)

iPad Pro 12.9

Rekomendasi yang selanjutnya adalah iPad Pro 12.9. Apabila kita membicarakan teknologi PC maupun tablet sangat kurang rasanya jika tidak menyebutkan produk dari Apple, bukan?

Meskipun seperti yang kita tahu, bahwa produk dari Apple mempunyai harga yang lumayan, namun tetap saja produknya menjadi pilihan yang harus dipertimbangkan. Seprti drawing tablet iPad Pro 12.9 yang tntu saja memiliki harga yang lumayan, namun sebanding dengan kualitasnya.

Pasalnya ada banyak kelebihan dan fitur yang ditawarkan Apple pada iPad Pro 12.9. Ditambah drawing tablet yang satu ini memiliki desain yang elegan dan cantik. Selain itu, drawing tablet ini telah menggunakan prosesor M1, yang setara dengan prosesor Mac. Chip ini membantu tablet untuk berjalan denga lebih cepat dan lebih mulus.

Menggambar dengan Apple Pencil diketahui menjadi sebuah experience yang unik dalam berkarya. Walau tidak memberikan ilustrasi “menggambar di atas kertas”, layar iPad 2021 mampu meningkatkan kontrol Anda dalam membentuk definisi pada karya Anda.

Rekomendasi Drawing Tablet
Rekomendasi Drawing Tablet (Sumber Gambar: Google)

Wacom Cintiq 22

Wacom cintiq 22 merupakan salah satu tablet drawing yang dapat kalian pertimbangkan juga untuk memilikinya. Ya, meskipun namnya tidak sepopuler Samsung maupun iPad, namun kualitasnya juga sangat mumpuni.

Dimana spesifikasinya tergolong bagus dan tidak kalah dengan brand-brand lain. Wacom Cintiq 22 hadir dengan fitur-fitur canggih yang memberikan kemudahan berkreasi bagi para seniman profesional.

Desainnya cukup sederhana dengan layar 21,5 inci, tetapi dilengkapi dengan kualitas Full HD untuk melihat konten nyata. Sehingga Anda dapat berkreasi untuk membuat gambar dengan detail yang luar biasa.

Selain itu tersedia fungsi film anti-silau untuk menghindari gangguan saat Anda bekerja. Dikombinasikan dengan Pro Pen 2 dengan tingkat tekanan 8192, memberikan perasaan yang sama saat melukis di atas kertas.

Tingkat presisi yang sangat tinggi juga memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk melukis garis yang rumit dengan mudah. Dapat dikatakan bahwa Wacom Pen 2 yang mempunyai sensitivitas terbaik di kelas harganya. Kelebihan lainnya, harganya masih sangat bersaing dengan drawing tablet lain yang berukuran di atas 22 inci.

Rekomendasi Drawing Tablet
Rekomendasi Drawing Tablet (Sumber Gambar: Google)

Microsoft Surface Book 3

Microsoft Surface Book 3, menjadi rekomendasi drawing tablet yang selanjutnya. Tablet multifungsi buatan Microsoft ini menjadi drawing tablet dengan spesifikasi terbaik, dari segi kualitas warna yang dihasilkan hingga daya tahannya.

Rekomendasi Drawing Tablet
Rekomendasi Drawing Tablet (Sumber Gambar: Google)

Microsoft Surface Book 3 ini merupakan perangkat hybrid yang dapat difungsikan, untuk mendesain dan menggambar dengan sangat baik. Belum lagi fungsi one-to-one-nya, perangkat hybrid bisa menjadi salah satu perangkat yang diinginkan banyak orang.

Namun, untuk menggunakannya sebagai drawing tablet perlu membeli Surface Stylus Pen secara terpisah, untuk harganya sendiri tergolong cukup mahal dibandingkan drawing tablet sebelumnya.

Baca Juga: Naik Motor Saat Hujan: 4 Tips Melakukan Pengereman Agar Aman

XP-Pen Artist 15.6 Pen Display

Rekomendasi yang terakhir adalah XP-Pen Artist 15. 6 Pen Display dengan layar. Terlepas dari harga yang ditawarkan cukup terjangkau, kualitas dari tablet yang satu ini tidak perlu dipertanyakan.

Area menggambar yang nyaman, pen yang ringan dan mudah digunakan, layar yang terang, sampai konfigurasi mudah untuk terhubung dengan Windows ataupun Mac menjadikan XP-Pen Artist 15.6 Pen Display sebagai tablet yang disorot para desainer pemula.

Rekomendasi Drawing Tablet
Rekomendasi Drawing Tablet (Sumber Gambar: Google)

Tablet ini adalah pilihan yang cocok dengan monitor gambar sebesar 15.6 inch dan 8192 level pressure. Tingginya tingkat pressure memberikan inovasi besar dari segi sensitivitas pada saat menggambar, membuat Anda merasa sedang menggambar di atas kertas. Selain itu, stylus yang disediakan tidak perlu dicas dan tidak menggunakan baterai.

Itulah rekomendasi drawing tablet yang dapat dijadikan pilihan baik oleh para pemula maupun yang sudah profesional. Tipsnya adalah tetap memiih sesuai kebutuhan dan anggaran yang telah disediakan.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.