Skip to content

Dinamo Stater Mobil: Cara Cek Yang Benar

Saat mobil Anda sulit distater, bisa saja hal tersebut karena dinamo stater mobil yang bermasalah. Ya. Tidak hanya aki mobil yang dapat menimbulkan tidka bisa nyalanya mobil ketika bermasalah, namun dinamo juga dapat memberikan efek tersebut.

Nah, untuk itu kita perlu megalakukan pengcekan pada dinamo mobil. Sehingga, dapat mecegah hal- hal yang tidak kita inginkan. Pada sebuah mobil, peran dinamo starter amat vital dalam menyalakan mesin. Tanpa adanya komponen ini, dinamo pada mesin mobil tidak akan dapat bekerja.

Namun, ada kalanya seiring dengan penggunaan mobil, dinamo starter pun mengalami gangguan. Kerusakan pada komponen merupakan masalah yang sangat serius.

Cara Cek Dinamo Stater Mobil

Tanpa adanya dinamo starter, mobil tidak akan bisa menyala dan dijalankan. Kinerja mesin mobil dipengaruhi oleh sehat atau tidaknya dinamo starter. Oleh karena itu, dinamo starter harus selalu dicek kondisinya agar mesin mobil dapat menyala dengan lancar.

Baca Juga: Ciri- Ciri Aki Mobil Lemah & Cara Mengatasinya

Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai cara cek dinamo stater mobil yang perlu Anda ketahui. Jadi, simak sampai selsai ya mengenai cara cek dianmo stater mobil.

Lihat Bagian Soket Otomatis

Cara cek dinamo stater mobil yang selanjutnya adalah dengan melihat bagian sonket otomatis. Untuk mengecek kondisi dinamo starter, Anda dapat melihat atau memeriksa soket otomatis. Langkah ini bisa dilakukan jika Anda kesulitan untuk menghidupkan mobil, tapi lampu indikator yang ada pada dashboard berkedip.

Cek kabel kecil yang menyambungkan dinamo starter dengan soket otomatis. Lihat apakah kabel tersebut masih tersambung atau sudah putus. Jika ini aman, maka periksa juga bagian sekring dan relay.

Cara Cek Dinamo Stater Mobil
Cara Cek Dinamo Stater Mobil (Sumber Gambar: Google)

Caranya mudah, starter mobil tersebut dahulu, jika terdapat bunyi ‘klek’ ketika mesin mobil dinyalakan, maka artinya kedua komponen tersebut masih baik. Artinya, kerusakan ada pada bagian atau komponen lainnya, bukan pada sekring atau relay.

Cek Klem Aki

Cara cek dinamo stater mobil yang selnajutnya adalah denag melakukan cek pada klem aki. Aki juga menjadi salah satu komponen yang dapat mempengaruhi kinerja dinamo stater mobil. Dimana, hal ini umumnya disebabkan oleh baut klem aki yang longgar.

Akibatnya, listrik dari aki tidak mengalir menuju dinamo starter, menyebabkan mobil tidak bisa menyala. Untuk mengetahui apakah hal ini memang terjadi pada mobil Anda, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Ya, sebagai langkah awal, buka dahulu kap mesin dan cari tahu keberadaan penyimpanan aki. Kemudian, Anda perlu memeriksa apakah klem kabel aki yang ada pada terminal positif atau negatif lepas. Apabila bagian tersebut longgar, maka cobalah untuk menjumper aki. Coba dorong mobil ke depan agar aki mobil terpasok dan bekerja secara maksimal.

Memeriksa Kabel Aki

Cara cek dinamo mobil yang selanjutnya adalah dengan memeriksa kabel aki. Selain kelm aki yang mungkin longgar, maka kerusakan juga dapat terjadi pada kabel aki. Sehingga, jika kelm baik- baik saja, maka coba cek kabelnya. Sebab adanya gangguan pada kabel aki memang bisa memengaruhi kinerja dinamo starter.

Kerusakan dinamo starter pada kendaraan roda empat juga dapat diakibatkan oleh kondisi kabel aki yang rusak. Akibatnya, indikator aki pada dashboard akan mati dan mobil tak bisa distarter. Biasanya, hal ini ditandai dengan mobil yang tidak bisa dinyalakan dan lampu indikator aki pada dashboard mati.

Untuk melakukan pemeriksaan pada kabel aki, ikuti langkah-langkah berikut. Pertama-tama, cek kabel yang terhubung pada aki. Lihat apakah ada kabel yang melonggar atau terputus. Jika memang tidak ditemukan kerusakan atau gangguan pada kabel aki, bisa dipastikan bahwa dinamo starter mobil Anda memang sedang bermasalah.

Segera datangi bengkel terdekat atau hubungi teknisi agar mobil bisa segera mendapat penanganan. Untuk menangani hal tersebut, lakukan pemeriksaan rutin dengan memeriksa apakah kabel longgar atau terputus.

Namun jika Anda tak menemukan adanya kerusakan pada bagian kabel, maka kemungkinan besar ada cara mengecek dinamo starter mobil melalui diagnosis bengkel.

Cara Cek Dinamo Stater Mobil
Cara Cek Dinamo Stater Mobil (Sumber Gambar: Google)

Mau tidak mau, Anda harus membawanya ke bengkel untuk pemeriksaan secara mendetail. Jika Anda tidak segera membawa mobil ke tempat servis, dikhawatirkan mobil akan mengalami turun mesin.

Memperhatikan Soket Otomatis

Cara cek stater dianmo yang selanjutnya adalah memperhatikan soket otomatis. Selanjutnya, silahkan cek pada bagian dinamo starter yang merupakan bagian soket otomatis. Coba untuk melihat bagian tersebut apabila kesulitan menghidupkan mobil. Biasanya, masalah tersebut diikuti dengan lampu indikator di dashboard mobil yang sering berkedip.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk memastikan kondisi soket otomatis. Coba cara mengecek dinamo starter mobil pada bagian kabel kecil yang menyambungkan soket otomatis, apakah bermasalah atau tidak.

Apabila hal tersebut tidak terjadi, maka periksa bagian relay dan juga sekring. Caranya adalah dengan starter mobil terlebih dahulu. Jika terdengar suara klek, maka relay dan sekring dalam kondisi yang baik. Namun, terdapat masalah kerusakan pada komponen lain.

Cara Cek Dinamo Stater Mobil
Cara Cek Dinamo Stater Mobil (Sumber Gambar: Google)

Meperhatikan Putaran Mesin

Cara cek dinamo stater mobil yang terakhir adalah memeriksa putaran mesin. Dinamo starter akan bermasalah jika putaran mesin menjadi lemah atau bahkan mengalami malfungsi. Cobalah mengecek dinamo starter mobil dengan menjalankannya.

Caranya adalah dengan men-starter mobil, jika mesin tidak kunjung bekerja maka bisa jadi dinamo starter mobil Anda memang sedang bermasalah. Biasanya, hal ini disebabkan oleh aki mobil yang melemah (atau bahkan tekor).

Bisa juga karena kabel dinamo starter mengalami gangguan, entah itu karena longgar, kotor atau bahkan lepas. Untuk memastikan, Anda sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel atau menghubungi teknisi. Mengetahui penyebab rusaknya dinamo starter dengan pasti akan menghasilkan langkah penanganan yang tepat.

Baca Juga: Yuk Rawat Baterai Mobil Listrik Agar Awet!

Selain itu Anda juga bisa menerapkan cara lainnya yaitu memperhatikan putaran mesin mobil. Namun, jika tidak kunjung bekerja dipastikan kondisi dinamo starter sedang terganggu. Masalah tersebut biasanya terjadi akibat aki mobil yang mulai melemah atau karena kabel dinamo mengalami gangguan.

Biasanya kabel dinamo starter ini mengalami longgar, kotor, maupun lepas. Sebab, dinamo starter yang bermasalah akan menyebabkan putaran mesin menjadi lemah atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Itulah cara melakaukan cek pada dinamo stater mobil. Lakukan cek secara berkala untuk menghindari mobil sulit distater. Sehingga, Anda tidak akan mengalami kesulitan jika hal tersebut terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.