4 Tips Jitu Membuat Desain Pintu Garasi Minimalis & Serasi!

Desain Pintu Garasi Minimalis
Pintu Garasi Minimalis

Umumnya desain pintu garasi minimalis menjadi bagian dari fasad rumah yang sebenarnya punya peranan penting terhadap tampilan rumah minimalis anda.

Penggunaan desain dan material pintu garasi mobil yang tepat merupakan investasi bagi Anda sendiri.

Menampilkan hal tersebut anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mendapatkan desain pintu garasi mobil terbaik di rumah minimalis anda.

Membuat Desain Pintu Garasi Minimalis

Tentukan terlebih dahulu material yang cocok dengan iklim di area rumah Anda. Anda bisa memilih pintu besi, fiberglass, atau kayu.

Besi dan fiberglass relatif lebih kuat dan mampu bertahan selama bertahun-tahun. Namun, kedua bahan ini tidak cocok bagi Anda yang tinggal di dekat laut.

Besi rentan terhadap korosi, sehingga Anda memerlukan pelapis khusus atau bahkan material yang tahan terhadap udara laut. Sementara itu, kayu bisa tampak menarik dan memberikan kesan klasik.

Jika rumah Anda berada di daerah yang rentan terhadap rayap, kayu dapat keropos dalam waktu singkat.

Pilihlah fiberglass untuk solusi yang lebih kuat menahan udara panas dan dingin, serta lebih tahan terhadap retak ketimbang kayu.

Pemberian warna, material, atau aksen serupa dapat memberikan konsistensi pada fasad rumah. Misal anda bisa membuat tampilan yang sama antara pintu utama rumah dengan pintu garasi.

Bukan hanya nuansa, hal yang tidak boleh lepas dari perhatian dari pintu garasi mobil sebenarnya adalah standar keamanan.

Berbeda dari pintu rumah Anda, pintu garasi yang berukuran lebih besar lebih berisiko memberikan celah pada keamanan rumah Anda.

Berbagai benda, bahkan benda-benda berukuran besar sekalipun dapat dengan mudah diangkut keluar rumah Anda lewat pintu garasi.

Konsultasikan pada perusahaan pembuat pintu garasi mengenai jenis pintu yang tepat bagi rumah Anda. Rolling door, sliding, lipat, atau kanopi yang cocok bagi rumah dan mampu menjamin keamanan rumah.

Tentukan desain pintu garasi minimalis yang sesuai dengan gaya hidup keluarga anda. Selain keindahan dan keamanan, kecocokkan pilihan jenis pintu garasi dengan gaya hidup anda juga penting.

Sebaiknya lupakan penggunaan kaca ketika anda memiliki anak-anak kecil yang begitu aktif. Kaca rentan pecah karena bola dan berbagai mainan lainnya.

Memilih pintu untuk garasi membutuhkan proses yang tidak singkat. Banyak pilihan dan desain yang tersedia untuk dicermati.

Seperti yang anda ketahui bahwa pintu tersebut bisa menjadi pintu yang paling besar dan panjang di rumah anda.

Jadi semua hal yang melekat pada pintu itu seharusnya bisa mewakilkan rumah anda secara keseluruhan. Paling tidak, pintu garasi tersebut harus memiliki keunikan pada tampak luarnya.

Ada beberapa hal yang fokus pada kegunaannya dan ada beberapa yang fokus pada keindahannya. Tapi keduanya kemudian menjadi hal penting untuk diperhatikan dalam pemilihan tersebut.

Paling tidak, pintu garasi tersebut harus memiliki keunikan pada tampak luarnya. Untuk pintu yang terbuat dari kayu, perawatan yang dibutuhkan tentu saja akan berbeda dari pintu garasi besi.

Hal yang pertama adalah memilih tipe pintu. Ada berbagai jenis tipe pintu yang ada dipasaran. Ada pintu yang sudah jadi yang dibuat oleh pabrik dan siap untuk dipasang.

Satu contoh dari pintu jenis ini adalah pintu panel alumunium. Pintu jenis ini adalah pintu standar yang biasa dipasang di garasi. Biasanya pintu jenis ini sudah lengkap dengan frame yang juga siap dipasang.

Pintu setengah jadi ada dalam beberapa bagian yang bisa ditambah dengan fitur tambahan atau dikurangi sesuai dengan keinginan anda.

Beberapa fitur tambahan antara lain adalah jendela pada pintu atau tambahan frame pintu agar lebih kuat.

Berbagai macam desain dan fitur bisa diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan anda. bentuk setengah lingkaran, sistem buka tutup, atau slidding yang menggunakan jalur rel pintu garasi.

Pemilihan Bahan Material Pintu Garasi Mobil

Desain Pintu Garasi Minimalis
Pintu Garasi Minimalis

Hal kedua yang juga harus diperhatikan adalah memilih pintu yang bisa beradaptasi dengan berbagai macam jenis cuaca dan kondisi.

Pemilihan pintu yang didasari oleh cuaca dan kondisi juga penting. Hal ini berhubungan dengan usia penggunaan pintu pada garasi di rumah anda.

Untuk pintu garasi mobil minimalis yang terbuat dari kayu, perawatan yang dibutuhkan tentu saja akan berbeda dari pintu garasi besi.

Pintu kayu membutuhkan pelumas secara regular sedangkan pintu besi bisa berkarat pada kondisi cuaca yang dingin dan basah.

Walaupun pintu yang terbuat dari kayu terlihat lebih bagus tapi pintu yang terbuat dari alumunium akan bertahan lebih lama tanpa diberikan ekstra perawatan.

Mengingat fungsi garasi adalah tempat untuk menyimpan mobil atau kendaraan lainnya untuk melindungi dari derasnya air hujan atau pun teriknya panas matahari.

Disamping fungsinya untuk melindungi kendaraan dari cuaca yang ekstrim, garasi juga dibuat untuk menyimpan kendaraan dari hal yang tidak di inginkan seperti pencurian.

Ruang garasi sebenarnya juga memiliki fungsi lain misalkan bagi anda yang menyukai dunia otomotif atau mesin bisa untuk menyimpan perkakas dan suku cadang kendaraan.

Dari beberapa fungsi garasi mobil diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa garasi merupakan salah satu ruangan yang multifungsi untuk menyimpan mobil dan perkakas Anda.

Mengacu pada masalah aman atau tidaknya sebuah garasi tergantung pada bentuk desain pintu garasi minimalis tersebut, ya akses utama untuk masuk garasi yaitu pintu garasi.

Oleh sebab itu membuat desain pintu garasi minimalis yang kokoh perlu dilakukan supaya garasi anda tidak mudah untuk dijebol oleh orang yang berniat buruk.

Bicara tentang membuat desain pintu garasi minimalis, berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam membuat desain pintu garasi yang kokoh tersebut. Simak artikelnya dibawah ini.

Desain Pintu Garasi Minimalis
Pintu Garasi Minimalis

1. Tentukan Ukuran Garasinya

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu menentukan terlebih dahulu ukuran garasi yang akan anda buat pintunya.

Untuk ukuran pintu garasi lebih menyesuaikan dengan jenis kendaraan anda, apabila anda memiliki mobil berjenis sedan dan beberapa kendaraan motor lebih baik anda membuat pintu garasi lebih luas.

2. Menentukan Konsep Desain Pintu Garasi

Kalau ukuran garasi sudah anda tentukan, hal selanjutnya yang harus diperhatikan untuk membuat desain pintu garasi minimalis yaitu konsep desain garasi.

Membuat konsep desain pintu garasi merupakan hal penting yang harus direncanakan secara serius, jika dalam membuat konsep atau model pintu garasi asal asalan maka akan terlihat rancu dan tidak menarik.

3. Pilih Model Pintu Garasi yang Tepat

Langkah ketiga yaitu menentukan model pintu garasi. Sekarang banyak pilihan model desain pintu garasi yang bisa anda terapkan pada garasi anda.

Salah satu desain pintu garasi minimalis yang sekarang ini sedang trend di Indonesia yaitu desain pintu garasi lipat.

Tampilannya yang unik dan cara membukanya yang mudah membuat pintu garasi lipat banyak diminati oleh masyarakat.

4. Memilih Bahan Material Pintu Garasi

Langkah keempat yang bisa Anda lakukan dalam membuat garasi yaitu dengan menentukan bahan material yang akan digunakan untuk membuat pintu garasi mobil tersebut.

Beberapa bahan material yang bisa anda pilih untuk diterapkan dalam pembuatan pintu garasi diantaranya kayu, besi, aluminium dan uPVC.

“Baca Juga : Lantai Carport Batu Alam! Sederhana tapi Eksentrik!

Perlu anda ingat apabila akan membuat pintu garasi minimalis menggunakan bahan material kayu, kami sarankan pilihlah jenis kayu yang berkualitas dan tidak mudah lapuk seperti kayu jati yang terkenal kekokohannya.

Demikian tadi beberapa langkah yang harus anda lakukan dalam membuat desain pintu garasi minimalis agar aman, nyaman, & tetap menarik untuk dilihat. Semoga bermanfaat! (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.