Dashboard Mobil: Apa Sih Fungsi Interior Mobil Yang Satu Ini?

Dashboar mobil adalah interior yang apsti ada di setiap mobil. Namun, taukah kalian jika dashboard mobil juga memiliki fungsinya sendiri? Ya, jadi produsen tidak hanya asal menaruh dashboard pada mobil. Sebab, tetap saja ada fungsinya.

Selain itu, meskipun bentuknya seperti itu saja ternyata dashboard mobil memiliki bagian- bagiannya tersendiri loh. Iya, bagian yang memiliki nama dan fungsinya sendiri. Dashboard mobil adalah bagian dalam interior yang bisa langsung perhatikan ketika berada di dalam kabin mobil.

Jadi, posisi dashboard mobil sangat penting di dalam keseharian Anda. Tanpa adanya kehadiran dashboard, maka Anda tidak akan bisa menggunakan mobil dengan nyaman. Di dalam dashboard sendiri terdapat banyak sekali bagian atau komponen yang sangat penting untuk mendukung aktivitas berkendara.

Selain itu desain dashboard sangatlah bervariasi, tergantung dari brand dan fitur yang dipakai. Makin canggih penerapan fiturnya, maka kondisi dashboard akan makin berkualitas.

Artikel kali ini akan membahas mengenai fungsi dan bagian dari dashboard mobil. Ya, siapa sangka bahwa interior yang satu ini mempunyai fungsi dan banyak bagian. Jadi, baca sampai akhir, ya. Selamat membaca, guys!

Fungsi Dashboard Mobil

Jadi, dashboard memang memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah mobil, karena performa dan tampilan mobil akan terlihat jelek tanpa adanya dashboard. Apabila mobil Anda tidak menggunakan dashboard, maka saat berkendara akan terasa tidak nyaman.

Lalu apa sih fungsi dari dashboard itu sendiri? Jadi, fungsi dari dashboard mobil sendiri adalah agar pengemudi bisa memegang kontrol penuh dari kendaraan yang mereka kendarai selama perjalanan. Tanpa harus bergeser tempat duduk ataupun mengalihkan pandangan dalam waktu lama.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Dashboard Mobil! Yuk Cek Apa Saja Yang Harus Dilakukan

Selain itu kegunaan lainnya adalah menjadi “rumah” berbagai bagian mobil beserta panel indikator. Fungsi lainnya adalah sebagai batas antara pengendara dengan bagian depan mobil.

Bagian- Bagian Dashboard Mobil

Selain memiliki banyak fungsi, dashboard mobil juga memiliki bagian- bagian penting, loh. Jadi, di dalam dashboard sendiri terdapat banyak sekali bagian atau komponen yang sangat penting untuk mendukung aktivitas berkendara.

Dashboard Mobil
Dashboard Mobil (Sumber Gambar: Google)

Wah, apa saja bagian dashboard? Berikut adalah bagian dashboard secara lengkap. Selamat membaca.

Tuas Mobil

Bagian Dashboard mobil yang pertama adalah tuas mobil. Yups, ternyata tuas merupakan bagian dari dashboard, loh. Tuas mobil biasanya berada di bagian sisi kiri dan kanan setir mobil.

Letak tuas ini untuk mempermudah pengemudi untuk menyalakan beberapa fungsi kendaraan dengan cepat. Tuas yang berada di kanan kiri setir memiliki fungsi berbeda. Dimana ada tuas yang berfungsi untuk menyalakan lampu sein kanan dan kiri.

Tuas terakhir di bagian setir berfungsi untuk menyalakan wiper. Jadi ketika posisi sedang hujan atau tampilan kaca buram pengemudi bisa menyalakannya. Selain tuas yang terdapat di bagian setir, ada juga tuas transmisi yang letaknya di samping pengemudi, tepatnya di pembatas antara penumpang dan pengemudi.

Tuas transmisi ini memiliki tujuan untuk memindahkan gigi saat mobil sedang berjalan. Dengan adanya tuas transmisi, maka Anda bisa menambah laju kendaraan atau menurunkan laju kendaraan dengan cara memindahkan gigi. Hanya saja untuk jenis kendaraan manual dan otomatis jenis tuas yang digunakan berbeda.

Pusat Kontrol Fitur Mobil

Bagian dashboard mobil yang lainnya adalah pusat kontrol fitur mobil. Pusat kontrol fitur mobil ini terletak dibagian tengah dashboard. Sehingga, pengendara akan sangat mudah untuk menjangkau bagian ini.

Bagian dari dashboard mobil satu ini juga merupakan elemen penting. Biasanya terdiri dari beberapa bagian. Pusat kontrol ini biasanya terdiri dari kontrol audio, kontrol AC, lampu hazard dan lain-lain.

Bagian dashboard mobil ini yang biasanya paling sering digunakan karena mendukung kenyamanan berkendara. Beberapa fungsi yang tersemat dalam pusat kontrol fitur mobil ini juga membuat perjalanan tetap aman.

Seperti lampu hazard yang berfungsi untuk mencegah tabrakan, speedometer untuk mengukur kecepatan, dan lain-lain.

Dashboard Mobil
Dashboard Mobil (Sumber Gambar: Google)

Tempat Penyimpanan Mobil

Tempat penyimpanan mobil selanjutnya merupakan salah satu bagian dashboard mobil juga. Bisa dibilang jika bagian ini juga disebut sebagai laci. Sebab fungsinya memang untuk diambil ketika dengan cepat dibutuhkan oleh sang pengendara.

Bagian dashboard yang satu ini biasanya berada tepat di bagian depan penumpang dan berfungsi untuk menyimpan berbagai jenis barang. Biasanya barang yang disimpan pada bagian ini adalah barang- barang yang kecil.

Sebenarnya, ada beberapa barang yang wajib disimpan di dalam laci mobil, namun banyak pengendara yang mengabaikannya. Barang yang wajib disimpan di laci mobil biasanya charger ponsel, senter, peralatan P3K, buku manual dan buku dokumen asuransi mobil.

Keberadaan barang-barang tersebut sangatlah penting, sehingga laci mobil perlu diperhatikan.

Headunit

Bagian dashboard mobil yang selanjutnya adalah headunit. Headunit merupakan pusat entertainment di mobil. Namun selian itu, headunit mobil juga biasanya berisi kontrol penuh dari keadaan dalam mobil.

Ukurannya pun berbeda-beda. Biasanya terdiri dari double DIN atau single DIN. DIN merupakan singkatan dari Deutsche Institut fur Normung yang merupakan satuan resmi yang digunakan untuk mengatur headunit.

Anda bisa memasang lagu atau menyambungkannya ke smartphone untuk menelepon tanpa perlu memegang alat komunikasi itu. Jadi, jika mobil tidak dilengkapi dengan headunit, maka nuansa di dalam mobil akan membosankan.

Dashboard Mobil
Dashboard Mobil (Sumber Gambar: Google)

Tempat Airbag

Bagian dashboard mobil yang terakhir adalah tempat airbag. Ya, saat ini mobil keluaran terbaru pasti telah melengkapi keselamatan berkendara dengan fitur yang satu ini. Biasanya tempat ini memang terletak di bagian depan mobil. Namun dewasa ini, tempat airbag tidak hanya di depan mobil. Namun juga berada di kursi belakang.

Baca Juga: Jenis Air Radiator Mobil: Yuk Kenali Setiap Kekurangan & Kelebihannya!

Nah, untuk air bag yang di bagian depan, pasti ditaruh di bagian dashboard mobil. Dengan adanya air bag maka akan mengurangi luka atau cidera jika terjadi kecelakaan.

Itulah fungsi dan bagian dashboar mobil yang perlu diketahui. Ternyata dashboard tidak hanya interior mobil. Namun fungsi dan bagiannya juga begitu banyak. Nah, untuk merawat dashboard jangan lupa untuk membersihkan interior yang satu ini, ya.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *