Ketika mobil jarang digunakan, tidak hanya bagian mesin yang perlu kita perhatikan,loh. Namun, ada bagian interior mobil yang perlu kita perhatikan juga. Salah satunya adalah Dashboard mobil. Kita harus memperhatikan agar dashboard mobil tetap bersih selama tidak digunakan.

Perawatan seperti apa yang dapat kita lakukan untuk menjaga dashboard mobil tetap bersih? Ya, berikut adalah perawatan sederhana dan rutin yang dapat Anda lakukan.

Dashboard Mobil Tetap Bersih

Setiap pemilik mobil seharusnya tahu cara membersihkan dashboard mobil yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan kebersihan dashboard tidak hanya berpengaruh terhadap penampilannya mobil, namun juga pada usia pakainya.
Dengan rutin dibersihkan, maka dashboard mobil bisa lebih nyaman untuk dilihat dan awet digunakan. Selain itu, interior mobil akan terasa nyaman apabila dashboardnya bersih.

Selanjutnya, dalam merawat dashboard mobil tidak diperlukan keahlian khusus, hanya dibutuhkan kemauan dan ketekunan dari pemilik mobil itu sendiri. Sebenarnya untuk melakukan perawatan pada dashboard tidak perlu menunggu hingga kotor.

Sebab, jika noda atau kotoran di dashboard sudah terlanjur sulit untuk dibersihkan, makan dibutuhkan energi ekstra untuk melakukan proses pembersihan. Jika terlalu keras dalam membersihkan justru akan merusak dashboard itu sendiri.

Dalam membersihkan dashboar mobil, Anda hanya memperlukan alat untuk membersihakan dan juga pembersih khusus. Apa saja alat dan pebersih yang dimaksud? Berikut tips & triknya untuk Anda agar dashboard mobil tetap bersih.

Menggunakan Kemoceng

Cara dashboard tetap bersih adalah dengan menggunakan kemoceng. Ya, sangat sederhana bukan alat yang dibutuhkan? Kemoceng sangat ampuh untuk membersihkan debu yang membandel.

Selain itu resiko timbulnya goresan-goresan halus pada dashboard sangat minim. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan dengan cara menyapu debu ke arah keluar mobil. Jangan lupa untuk membuka pintu mobil agar debu yang berterbangan tidak kembali masuk ke dalam mobil.

Dashboard Mobil Tetap Bersih
Dashboard Mobil Tetap Bersih (Sumber Gambar: Google)

Sikat Berbulu Halus

Cara dashboard mobil tetap bersih yang selanjutnya adalah dengan menggunakan berbulu halus. Jadi, sika ada debu yang tidak dapat dibersihakn dengan kemoceng, Anda dapat menggunakan sikat bulu halus untuk membersihakn debu.
Keunggulan dari penggunaan sikat ini adalah bisa menjangkau bagian yang sulit tercapai oleh tangan. Dashboard mobil pun tidak akan lecet juga karena bahan bulunya suka pasti lebih halus ketika digunakan.

Baca Juga: Persiapan Road Trip: 5 Tips Untuk Perjalanan Menyenangkan

Mini Vacum Cleaner

Cara dashboard mobil tetap bersih selanjutnya adalah menggunakan mini vacum cleanner. Alat ini digunakan untuk memaksimalkan pembersihan yang tidak dapat dilakukan oleh kemoceng. Biasanya digunakan untuk membersihkan sudut sempit dashboard.

Selain itu, vacum cleaner digunakan apabila kondisi dashboard mobil yang anda miliki tidak terlalu kotor atau terdapat noda yang cukup bandel, maka penggunaan vacum cleaner masih dirasa cukup. Ya, meskipun mungkin hanya dapat digunakan untuk membersihkan noda debu saja, sehingga hasil yang didapatkan juga tidak cukup maksimal.

Dashboard Mobil Tetap Bersih
Dashboard Mobil Tetap Bersih (Sumber Gambar: Google)

Kanebo Basah

Cara dashboard mobil tetap bersih selanjutnya adalah menggunakan kanebo basah. Seperti yang kita bahas selanjutnya dimana kemoceng dan vacuum cleaner tidak dapat membersihkan debu yang memandel. Maka, Anda dapat menggunakan kanebo basah untuk membersihkan noda yang membandel tersebut.

Caranya cukup basahi dashboard dengan sedikit air dan sikat menggunakan sikat tersebut sampai kondisi dashboard bersih. Apabila noda atau kotoran pada dashboard masih sulit dibersihkan, maka anda bisa menggunakan cara yang selanjutnya.

Kanebo basah sangat efektif digunakan untuk mengangkat kotoran seperti halnya debu dan noda yang mebandel. Jangan lupa untuk mengulangi pengelapan secara berkala (cuci bilas cuci bilas) dengan kanebo yang sudah dibasahi terlebih dahulu.

Dashboard Mobil Tetap Bersih
Dashboard Mobil Tetap Bersih (Sumber Gambar: Google)

Interior Cleaner

Cara dashboard mobil tetap bersih selanjutnya adalah menggunakan interior cleaner. Cara yang satu ini adalah tindakan pertama yang harus diterapkan ketika dashboard terkena noda. Ya, interior cleaer dapat digunakan bersamaan dengan kanebo basah.

Dalam menggunakan interior cleaner, pastikan anda meratakannya agar hasil yang didapat bersih maksimal. Setelah itu, biarkan selama 15 menit agar cairannya bekerja dengan baik. Langkah selanjutnya, bersihkan dengan kain lap atau kanebo. Apabila nodanya sulit hilang, anda bisa mengulangi cara ini sampai beberapa kali.

Untuk anda yang menginginkan dashboard mobil tampak berkilau, anda bisa gunakan interior cleaner yang berbahan water base. Sementara untuk kain lapnya, anda sangat disarankan untuk menggunakan kain perca atau bisa juga lap microfiber yang dikenal bertekstur halus dan lembut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Aki Mobil Soak: Tips Mudah Yang Dapat Dilakukan!

Pastikan terlebih dahulu terbuat dari material apa dashboard. Pada umumnya dashboard mobil terbuat dari bahan plastik, tapi sebagian mobil ada yang telah dilapisi oleh kulit. Karena beda bahan beda juga perawatannya loh. Untuk membersihkan dashboard berbahan dasar plastik banyak produk yang bisa digunakan seperti dashboard cleaner.

Sedangkan jika dashboard dilapisi oleh bahan kulit. Gunakan lotion khusus untuk selalu melembabkan permukaan dashboard, jika dibiarkan tanpa dirawat akan merusak tekstur dari dashboard itu sendiri.

Interior cleaner merupakan sebuah cairan khusus yang memang dibuat untuk membersihkan interior mobil. Sehingga komposisi yang berada didalam cairan pembersih tersebut juga sudah pasti akan aman untuk digunakan pada bagian interior dan pastinya juga dapat membersihkan berbagai macam noda atau kotoran yang terdapat pada bagian interior.

Itulah tips dan trik untuk merawat dashboard mobil agar tetap bersih. Pastikan kebersihan mobil tetap terjaga. Sehingga, Anda akan nyaman ketika akan menggunakan kembali mobil. Ingat, mobil yang lama atau jarang digunakan juga memiliki risiko kerusakan yang sama. Jadi, perhatiakn betul perwatan untuk dashboar mobil Anda.

Sebelum diputuskan mobil tidak akan digunakan dalam waktu yang cukup lama. Maka, Anda dapat membersihkannya terlebih dahulu. Ya, Anda dapat membersihkannya terlebih dahulu pada saat akan digunakan dan juga setelah digunakan. Dengan cara tersebut debu tidak akan cepat menumpuk dan juga bekas sisa-sisa makanan yang rontok tidak mengundang semut pada bagian dashboard.

Rekomendasi alat di atas merupakan alat sederhana yang bisa kita dapatkan dimana saja ini ampuh untuk membersihkan debu yang membandel. Selain itu resiko timbulnya goresan-goresan halus pada dashboard sangat minim. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan dengan cara menyapu debu ke arah keluar mobil. Jangan lupa untuk membuka pintu mobil agar debu yang berterbangan tidak kembali masuk ke dalam mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *