Dampak Pengharum Mobil Pada AC – Pengahraum mobil dan AC merupakan komponen mobil yang memberikan kenyamanan pada kabin mobil saat Anda berkendara. Bahkan pengemudi akan merasa terganggu ketika kedua komponen ini tidak ada. Namun, taukah kalian jika ada dampak pengharum mobil pada AC? Untuk itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Sehingga keduanya dapat menjadi pelengkap dan tidak merusak.

Memilih pengharum mobil tidak boleh sembarangan. Dengan memilih pengharum mobbil yang tepat tidak hanya akan berdampak pada kenyamanan kabin, namun juga akan menjaga AC mobil Anda. Tidak hanya dalam memilih, meletakan pengharum mobil juga perlu diperhatikan. Sebab, salah meletakan pengharum ruangan juga dapat merusak AC.

Memilih Pengharuman Mobil Yang Tepat

Memilih pengharum mobil tidak bisa sembarangan. Selain wanginya yang harus disesuikan dengan kesukaan pengendara mobil serta tiak menimbulkan pusing. Ternyata masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih pengharum mobil. Sebab ada dampak pengharum mobil pada AC yang tidak baik. Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan untuk menghindari kesalahan dalam memilih pengharum mobil.

Hal yang paling utama dalam memilih parfum adalah perhatikan kandungan yang terdapat dalam pengharum mobil yang akan dipilih. Hal ini dilakukan karena akan berhubungan dengan AC mobil. Dimana ada beberapa pengharum mobil yang justru dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mobil Anda. Salah satu kandungan yang dapat membuat bagian dalam mobil Anda terganggu adalah silikon. Kandungan silikon dapat membuat kisi-kisi AC menjadi bau apek dan bercak kuning. Jadi, Anda perlu memperhatikan secara betul kandungan dalam pengharum mobil.

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah memilih pengharum ruangan dengan aroma yang tepat. Pada kenyataannya, tidak semua wangi pengharum mobil dapat menimbulkan kenyamanan. Malh sebagian ada yang menimbulkan rasa mual. Jadi, usahakan untuk tidak memilih jenis parfum yang aromanya terlalu menyengat. Untuk kenyamanan Anda dan keluarga selama dalam perjalanan, ada baiknya menggunakan jenis pengharum dengan aroma terapi. Disini Anda dapat memilih pengharum dengan aroma kopi maupun teh untuk relaksasi.

Dampak Pengharum Mobil Pada AC
Dampak Pengharum Mobil Pada AC (Sumber Gambar: Google)

Sehingga kabin Anda benar- benar akan nyaman untuk berkendara lama- lama. Sebab, aroma yang kurang tepat, justru akan membuat Anda sebagai pengendara dan penumpang lainnya justru merasa mual dan pusing sehingga tidak dapat menikmati perjalanan.

Dampak Pengharum Mobil Pada AC

Setelah membahas tips dalam memilih pengharum mobil. Selanjutnya kita akan membhas dampak pengharum mobil pada AC. Sebab, ternyata pengharum mobil merupakan salah satu hal sepele yang dapat merusak AC mobil. Padahal kedua komponen ini dapat menciptakan kenyamanan pada kabin mobl apabila digunakan secara tepat. Dampak yang ditumbulkan dari pengharum ruangan terhadap AC biasanya disebabkan oleh salah penmpatan pengharum pada AC. Berikut adalah ulsan mengenai dampak pengharum mobil pada AC yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 5 Jenis Pengharum Mobil: Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Dampak Pada Kisi- Kisi AC

Dampak negatif pertama adalah timbulnya bercak kuning pada kisi- kisi AC mobil. Dampaknya akan muncul kerak serta bau apek pada mobil Anda. Untuk mengatasi timbulnya bercak kuning pada AC, ada baiknya apabila Anda tidak meletakkan parfum pada bagian kisi-kisi AC. Anda dapat menyemprotkan parfum tersebut pada bagian sudut bawah jok mobil agar wanginya juga lebih awet.

Dampak Apabila Menaruh di Ventilasi AC

Sangat tidak disarankan untuk meletakkan atau menggunakan pewangi atau parfum pada bagian ventilasi AC mobil. Sebab, bahan kimia dari pewangi tersebut terserap ke dalam evaporator AC. Sehingga, bahan kimia seperti parfum terserap oleh evaporator pendingin dalam ruangan kabin mobil. Dampaknya bisa menimbulkan kerak pada bagian pipa yang berfungsi langsung dalam menyalurkan udara dingin ke seluruh kabin. Dan pada saat terjadi penumpukan, maka kesejukan kabin dalam mobil anda tentunya akan berkurang, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kenyamanan kabin mobil anda tersebut. Dampak lain yang ditimbulkan jika menaruh pengharum mobil pada ventilasi AC yaitu sebagai berikut.

Baca Juga: Alasan Knalpot Mobil Mengeluarkan Air dan Asap, Apakah Normal?

Membuat Evaporator Berlendir dan Rusak

Dampak selanjutnya adalah evaporator berlendir. Hal ini terjadi akbit kita memsang pengharum mobil pada ventilasi mobil. Banyak pengaruh negatif yang akan timbul jika Anda menaruh pengharum mobil pada ventilasi AC. Hal ini akan mudah terjadi jika Anda menggunakan jenis pengharum gel, hal ini dapat membuat zat-zat yang terkandung di dalam parfum mengendap pada AC. Pengendapan zat-zat tersebut dapat membuat bagian evaporator menjadi berlendir dan aroma wanginya akan berubah menjadi asam setelah beberapa minggu.

Setelah anda mengetahui hal di atas, maka baiknya mulai dari sekarang berhentilah menggunakan parfum pada ventilasi AC mobil. Karena jika tetap anda biarkan begitu saja, maka bisa berpotensi merusak komponen evaporator mobil anda tersebut. Yang mana jika hal itu terjadi pada AC mobil anda, maka biaya yang harus anda keluarkan pun cukup besar untuk proses perbaikan atau penggantian evaporator yang rusak tersebut. Perlu anda ketahui, jika sudah rusak, maka akan sangat berpengaruh pada kenyamanan anda saat berkendara, karena AC mobil tentunya tidak akan bisa berfungsi lagi seperti semula. Sebagai montir Indonesia yang berpengalaman, kami cukup prihatin atas ketidakahuan yang banyak dilakukan oleh masyarakat pada poin ini.

Baca Juga: Fungsi dan 3 Jenis Kaca Spion Mobil yang Penting Untuk Diketahui

Berbahaya Untuk Kesehatan Anda

Dampak selanjutnya adalah terhadap kesehatan pengguna mobil. Apabila evaporator mobil terlalu banyak menyerap bahan kimia dari pewangi mobil. Maka akan membuat evaporator tersebut menjadi lebih cepat kotor. Sehingga, evaporator akan mudah ditumbuhi oleh bakteri dan jamur. Sehingga saat menyalakan AC, secara langsung bakteri dan jamur yang sudah berkembang biak di evaporator, akan keluar dan menyebar ke seluruh bagian kabin mobil anda. Jika hal ini terus berlangsung, maka akan berbahaya bagi kesehatan anda. Karena anda sudah pasti akan menghirup udara yang penuh dengan jamur dan kotoran tersebut.

Itulah dampak pengharum mobil pada AC. Hal yang paling penting dan perlu diperhatikan adalah cara Anda meletakan pengharum mobil. Ternyata menaruh pengharum mobil di dekat AC akan menimbulkan hal negati daripada positifnya. Jadi, bagi Anda yang masih meletakan pengharum mobil di dekat AC segera pindah. Taruhlah ditempat yang lebih aman. Sehingga tida ada dampak pengharum mobil pada AC yang merugikan. Misalnya digantung di dekat spion mobil.

Baca Juga: 5 Perlengkapan Mobil Yang Harus Selalu Dibawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *