Telusur Sejarah Custom Motor Scrambler! Awal Lahirnya Trail Motor!

custom motor scrambler
custom motor scrambler

Motor dua dunia mungkin julukan itu yang akan di sematkan ke custom motor scrambler.

Julukan itu sebenarnya mengacu pada hasil modifikasi yang memang di peruntukan untuk semua jenis medan, baik itu medan terjal dan menanjak maupun medan aspal.

Sebab di samping hasil modifikasi, kini sejumlah produsen kendaraan roda dua juga membuat motor model scrambler standar pabrikan.

Namun terlepas dari motor tersebut hasil modifikasi atau buatan pabrikan, sebenarnya seperti apa awal mula penamaan motor jenis ini?

Awal Lahirnya Custom Motor Scrambler

Ketika ditelusuri lebih jauh, penamaan custom motor scrambler ternyata diambil dari nama sebuah balapan sepeda motor yang berlangsung di Inggris sekitar tahun 1920-an.

Pada balapan tersebut yang berhak menjadi juara adalah motor yang mampu memperoleh catatan waktu tercepat dari jarak yang sudah ditentukan.

Meski yang dinilai adalah yang tercepat, namun tidak ada batasan lintasan yang akan dilewati, para pembalap bebas memilih jalur baik melewati perbukitan, jalan berlumpur, ataupun berbagai medan sulit dan terjal yang lainnya.

Karena pada waktu itu motor masih standar, para pembalap akhirnya meng custom motornya agar bisa diajak untuk melintasi berbagai kondisi medan jalanan.

Beberapa custom yang diberikan diantaranya, rodanya diganti dengan bahan yang berulir kasar atau istilah sekarang, dengan bahan ulir ‘tahu’ berbentuk kotak-kotak.

Kemudian postur motor juga ditinggikan untuk mendapatkan ground clearance yang lebih tinggi, biar motor tidak mudah nyangkut ketika melintasi beberapa gundukan.

Selain itu pada peredam gas buangnya juga diubah secara letaknya, knalpotnya diposisikan menjorok ke atas lebih tinggi.

Selanjutnya yakni bagian joknya, dibuat lebih tipis, modelnya dibuat merata antara tempat duduk rider dan boncenger.

Salah satu alasan banyaknya motor dengan gaya modifikasi ini di jalanan adalah pengaplikasian yang mudah.

Sebenarnya, custom motor scrambler ini punya banyak kemiripan dengan cafe racer. Di mana para biker memodifikasi motor mereka menjadi spek balap untuk balap jalanan dari cafe ke cafe.

Hampir sama, scrambler juga digunakan untuk balap jalanan tapi melewati jalur tercepat dari titik start menuju titik finish. Jalur tercepat tadi, tidak mempedulikan lintasan aspal, tanah, lumpur, sungai atau semacamnya.

Namun ternyata, custom motor scrambler yang sering kita lihat saat ini adalah versi 2.0 alias yang lebih mementingkan tampilan daripada fungsinya.

Sehingga scrambler saat ini, ditambah dengan nuansa vintage untuk nostalgia scrambler jaman dulu. Oh iya, aliran custom motor scrambler ini juga diadaptasi pabrikan motor dunia untuk produk-produknya.

Sebut saja, Ducati Scrambler, Triumph Bonneville Scrambler, Moto Guzzi V7 Stornello Scrambler, BMW RnineT Scrambler.

Perbedaan Custom Motor Scrambler dan Café racer.

custom motor scrambler
custom motor scrambler

Industri kreatif modifikasi kendaraan utamanya aliran custom makin banyak diminati masyarakat. Ragamnya sangat kaya gaya, sebut saja misalnya scrambler, bobber, japstyle, chopper, dan sebagainya.

Bahan motor custom pun tidak melulu mesin berkubikasi besar yang biasanya keluaran Eropa maupun Amerika.

Motor besutan Jepang dan India juga banyak dijadikan bahan modifikasi, sebut saja keluarga Honda dengan generasi mesin GL, Yamaha dengan Scorpio, Suzuki dengan Thunder 250.

Modifikasi sepeda motor bergaya retro bisa dibilang tengah naik daun saat ini. Cukup banyak pemilik motor jenis sport naked masa kini yang mengubah tunggangannya menjadi motor sport tempo dulu.

Modifikasi bergaya retro memiliki banyak aliran, di antaranya adalah scrambler dan cafe racer. Sepintas untuk ukuran orang awam, cukup sulit membedakan kedua jenis motor tersebut.

Berbeda halnya dengan chooper yang secara fisik dapat dikenali dari model setangnya yang tinggi.

Meski terkesan mirip, ada perbedaan diantara scrambler dan caferacer. Hal pertama yang membedakan scrambler dan cafe racer adalah setang.

Custom motor cafe racer menggunakan setang underyoke atau di bawah segitiga (fork). Sedangkan custom motor scrambler menggunakan setang model biasa seperti motor sport pada umumnya.

Bila menilik ke belakang, modifikasi cafe racer memang mengacu ke motor balap zaman dulu. Sehingga model setangnya juga menggunakan setang motor balap yang mengharuskan pengemudi berkendara dalam posisi membungkuk.

Perbedaan selanjutnya, terletak di ban. Scrambler adalah motor yang bisa dipakai on-road dan off-road. Sehingga ban yang digunakan menggunakan jenis dual purpose. Pakem yang ada pada scrambler dan cafe racer tidak sepenuhnya diterapkan.

Cafe racer yang saat ini banyak dipakai bukan lagi cafe racer murni. Tapi cafe racer bergaya brat style. Sehingga bagian belakang tak lagi menggunakan model buntut tawon. Demikian pula dengan scrambler.

Pakem dari motor scrambler seharusnya menggunakan posisi knalpot tinggi layaknya motor trail. Namun banyak pemilik yang merasa kurang nyaman. Sehingga posisi knalpot tetap dibiarkan seperti motor pada umumnya.

Sangat penting untuk diingat, walaupun secara visual model scrambler adalah menghilangkan fitur standar sepeda motor yang dirasa tidak perlu. Namun itu semua bertujuan untuk menggabungkan unsur simplisitas bersanding dengan kekuatan karakter dari model ini.

Secara umum, karakteristik sepeda motor scrambler adalah adaptasi dari sepeda motor jalan raya menjadi sepeda motor segala medan.

Custom motor scrambler harus memenuhi persyaratan seperti ringan, simpel, kuat dan dapat diandalkan. Adapun ciri yang menjadi karakter kunci Scrambler adalah :

  • Knalpot dipasang lebih tinggi
  • Jok pendek dan empuk
  • Torsi mesin yang merata
  • Tampilan simpel dan sederhana
  • Komponen tambahan yang ringan
  • Tangki yang lebih kecil dari aslinya
  • Panel dan indikator mini
  • Ban offroad dan roda jari-jari

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aliran ini memiliki tampilan yang mirip dengan motor bergaya café racer namun dengan stang normal layaknya motor sport biasa.

Karena custom motor scramble adalah motor yang bisa dipakai on-road dan off-road, motor ini harus menggunakan ban dual-purpose agar pakem lebih maksimal.

Setiap orang memiliki keinginan sendiri-sendiri dalam memilih kendaraan.

Melalui custom motor, orang bisa merubah tampilan kendaraannya sesuai karakter masing-masing. Itulah alasan yang membuat banyak orang menyukai custom motor.

Baca Juga : “Penting! Sejarah Sampai Dengan Biaya Custom Motor Bobber Di Kupas Disini!

Demikian tadi ulasan tentang sejarah custom motor scrambler yang dapat di paparkan untuk anda.

Semoga informasi tentang sejarah custom motor scrambler tersebut dapat menambah wawasan anda tentang perkembangan dunia otomotif dari awal sampai saat ini.

Jika informasi tentang sejarah custom motor scrambler tersebut bermanfaat bagi anda, jangan sungkan untuk membagikan kembali info tersebut ke orang dan teman di sekitar anda melalui akun media sosial yang anda punya.

Semoga Bermanfaat! Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.