Penting! Sejarah Sampai Dengan Biaya Custom Motor Bobber Di Kupas Disini!

custom motor bobber
custom motor bobber scorpio

Anda mungkin masih mengira bahwa custom motor chopper itu yang lebih dulu terlahir ketimbang custom motor bobber.

Ternyata setelah di investigasi ke beberapa sumber dan menelisik dari sejarah perkembangan motor Bobber lah yang terlahir dahulu baru kemudian chopper menyusul.

Sebelum muncul era chopper hadir terlebih dahulu era “bobber”. Di mana istilah bobber muncul berasal dari kata “bobbed” atau melepaskan sebagian besar beban dari motor.

Sejarah Custom Motor Bobber

Pada umumnya dilakukan dengan melepas atau memotong fender depan dan belakang dengan tujuan membuat motor menjadi lebih ringan.

Selain itu, penampilan motor sendiri menjadi lebih unik dan eye cacthing bagi para bikers.

Selain itu penampilan motor itu menjadi lebih unik dan enak dipandang mata dan aliran bobbed ini juga adalah asal mula dari aliran minimalist rider contoh pendahulu bobber yaitu 1940 indian sport bob-job.

Aliran bobbed mengawali lahirnya modifikasi custom chopper di daratan Amerika Serikat (AS), yaitu negara yang memproduksi motor Harley Davidson.

Pada akhir Perang Dunia II, para tentara bermotor Amerika Serikat dan mekaniknya memperbaiki seluruh kendaraan motor dan mobil mereka.

Pada masa itu, perang sudah selesai dan banyak sekali motor dan mobil yang masih berfungsi dengan baik tetapi kondisi bodi sudah rusak.

Kemudian para tentara dan mekaniknya mulai membuang bagian dari motor dan mobil yang rusak agar tidak mengganggu fungsi mesin.

Bagian motor yang biasa dilepas, di antaranya fenders depan dan belakang, bagian saddle, lampu depan dan belakang. Selain itu, bagian engine guard depan dan belakang.

Pada masa itulah berbagai ide awal dari Bobbers, Minimalist dan Hotrods banyak muncul, begitu juga dengan chopper yang sampai saat ini memiliki penggemar tersendiri.

Kepopuleran bobber ataupun chopper semakin terkenal lantaran beberapa artis Hollywood dan selebriti memiliki koleksi motor chopper di dalam garasinya. Sebut saja Keanu Reaves, David Beckham, John Travolta, Brad Pitt dan sebagainya.

Nah berikut ini adalah tampilan original motor Harley Davidson the American Classic 750cc WLC tahun pembuatan 1943 yang disinyalir sebagai awal mula ide custom motor bobber muncul di dunia otomotif.

custom motor bobber

Harley Davidson the American Classic 750cc WLC

Seperti yang anda bisa lihat pada gambar tersebut penampilan nya yang besar dan berkesan berat nampak sekali dari situ lah para builder otomotif berupaya menodifikasi bagian bagian motor atau meminimalisnya.

Nah bagi anda yang minat dengan custom motor bobber style ini, silahkan anda simak sedikit ulasan tentang konsep custom motor bobber berikut ini.

Konsep Custom Motor Bobber

Custom Motor Bobber
Custom Motor Bobber Frame

Konsep custom motor Bobber cenderung mengusung tema klasik vintage maka sudah tentu tanki motor pun harus dirubah total, bentuk tanki pun sebaiknya dibuat menjadi sedikit lebih kecil dengan bentuk yang lebih simple

Setelah tanki di ganti, maka selanjutnya adalah sasis, sasis pun akan ikut dirubah untuk menyesuaikan tanki yang dipakai nantinya, posisi sasis juga akan menjadi penentu dari model jok yang digunakan apakah single seater atau double seater.

Pada suspensi depan masih dapat menggunakan original bawaan pabrik, dan kalau mau di ganti maka sebaiknya ganti dengan barang ori juga demi keselamatan.

Kemudian untuk suspensi belakang dapat menggantinya dengan part kustom karena arm belakang juga akan ikut diganti dengan model klasik.

Agar bobot motor tidak terlalu berat maka penggunaan velg jari – jari alumunium lebar dapat menjadi pilihan.

Dalam konsep custom motor bobber style ini ban yang digunakan akan cenderung memiliki ukuran yang besar sehingga cenderung lebih berat.

Untuk aksesories lainnya seperti stang hingga handle rem dan lain lain dapat menggunakan produk custom bergaya vintage pula,

Pada bagian penerangan dapat menggunakan headlamp standar dari pabrikan atau bisa juga menggunakan produk custom yang masih ber ciri khas bobber alias berbentuk lingkaran.

Bahan Custom Motor Bobber

Sebagai bahan custom motor bobber sebenarnya berbagai macam motor dapat anda gunakan.

Namun, umumnya para builder atau penggemar modifikasi menggunakan Yamaha Scorpio, Suzuki Thunder 250 atau Honda Tiger.

Alasannya rata-rata karena motor tersebut memiliki kapasitas mesin di atas 200 cc sehingga dari segi tenaga tidak loyo, serta tampilan lebih padat.

Di pasaran, harga bekas motor tersebut juga cenderung bersahabat. Umumnya ada pada kisaran Rp 5-10 juta, tergantung tahun dan kondisi. Misal Yamaha Scorpio harganya sekitar Rp 8 jutaan untuk tahun 2005-2010.

Banderol harga yang ramah kantong ini bukannya tanpa alasan juga menjadi pertimbangan, karena sisa budgetnya dapat dialokasikan untuk biaya modifikasi.

Sementara untuk Honda Tiger mulai dari Rp 4-20 jutaan tergantung tahun dan kondisi dan populasinya sangat banyak.

Sedang Suzuki Thunder 250 bahannya masih cukup mahal, mulai di angka Rp 15 jutaan dan populasinya langka.

Menariknya, Kawasaki W175 juga jadi rujukan sebagai bahan custom motor bobber.

Desainnya yang sudah oldschool dan fiturnya yang sederhana membuat W175 enak untuk menjadi bahan custom motor bobber.

Kalau untuk pemula sebaiknya pakai Kawasaki W175, karena pertimbangannya dari pabrikan sudah klasik dan ubahan tidak terlalu berat.

Terus kalau mau dijual lagi harganya masih tinggi karena tidak banyak rombakan, dibanding Merk lain.

Selain itu, motor ini relatif trouble free karena terhitung baru, tak perlu direpotkan dengan pekerjaan rumah tambahan yang biasanya melekat pada motor keluaran lawas.

Ditawarkan dalam dua varian, Standar dan SE dengan banderol sekitar Rp 29,8 juta serta Rp 31,1 juta. Biasanya yang menjadi pilihan custom versi Standar, karena lebih murah dan basic.

Waktu Pengerjaan

Membuat sebuah motor custom bobber atau aliran lainnya harus sabar! Karena butuh ketelitian dan sebuah kepresisian agar hasilnya maksimal.

Rata-rata pengerjaan sekitar 2 – 3 bulan tergantung dari antrian yang ada di bengkel custom tersebut, Kalau custom motor nya lebih simpel pengerjaan pun lebih cepat sekitar 1 bulan atau sekitar 5 minggu.

Rentang waktu 2 sampai 3 bulan untuk pengerjaan custom motor di beberapa bengkel custom tersebut terdiri dari belanja barang, merapihkan kaki-kaki, bodywork, finishing cat, perakitan, sampai quality control. Setelah itu baru motor bisa dikirim.

Nah, Bagaimana? Sudah tahu kan dari mana asal muasal custom motor bobber tersebut? Jadi jangan salah lagi ya..

OK, Semoga ulasan tersebut dapat membantu anda untuk menambah ide tentang custom motor bobber style dan menambah wawasan anda tentang perkembangan dunia otomotif saat ini.

Jika informasi tentang custom motor bobber tersebut bermanfaat silahkan anda share ulang ke orang atau teman di sekitar anda. Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.