Ciri Avanza Matik Mengalami Masalah & Cara Mengatasinya!

Artikel kali ini akan membahas mengenai ciri Avanza Matik mengalami masalah dan cara mengatasinya. Sebab, Mobil Avanza matik merupakan salah satu mobil yang paling diminati. Mobil MPV favorit ini juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat menambah kenyamanan saat berkendara.

Namun, jalanan ibu kota yang memiliki lalu lintas padat juga dapat menyebabkan masalah transmisi matic Avanza. Sehingga, sering sekali Avanza matik mengalami masalah. Namun, ada loh ciri yang dapat kita kenali ketika ada masalah pada Avanza matik.

Mengetahui ciri Avanza matik mengalami masalah adalah bentuk antisipasi agar tidak ada masalah yang lebih parah lagi.

Ciri Avanza Matik Mengalami Masalah

Ada beberapa ciri Avanza matik mengalami masalah yang dapat Anda kenali. Nah, artikel kali ini akan membahas secara lengkap beserta cara mengatasinya. Sehingga, Anda dapat melakukan pencegahan lebih awal agar tidak mengalami banyak masalah atau masalah pada mobil Avanza matik Anda menjadi lebih bermasalah.

Yuk, bagi Anda para pemilik Avanza matik baca sampai selesai. Sehingga, Anda dapat mengetahui ciri Avanza matik mengalmi masalah.

Baca Juga: Mobil Jarang Digunakan? Berikut 5 Tips Merawat Aki Agar Tetap Awet

Mengalami Sentakan dan Delay

Ciri Avanza matik mengalami masalah yang paling terasa adalah mobil mengalami sentakan dan delay. Munculnya sentakan kasar seperti ada tenaga yang mendorong mobil memang cukup sering terjadi pada mobil ini.

Matic Avanza nyentak seringkali terjadi setelah memasukkan gigi dan terdapat jeda sekitar 5 detik ketika digas. Masalah transmisi matik Avanza yang delay saat merespon juga memiliki beberapa gejala yang dapat dilihat, antara lain berupa tenaga yang tiba-tiba hilang.

Transmisi terasa berat saat digas, serta perpindahan gigi yang tidak stabil. Bagi kalian yang telah memiliki mobil ini dengan kondisi serupa, maka sebaiknya segera periksakan mobil kesayangan kamu ke bengkel untuk mengatasi masalah yang terjadi.

Namun, untuk kamu yang ingin membeli mobil dengan kondisi ini sangat disarankan untuk mencari unit lain, karena estimasi biaya perbaikan yang dikeluarkan bisa terbilang cukup besar bisa mencapai Rp2 juta hingga Rp3 juta.

Ciri Avanza Matik Mengalami Masalah
Ciri Avanza Matik Mengalami Masalah (Sumber Gambar: Google)

Adanya Getaran

Ciri Avanza matik mengalami masalah yang selanjutnya adalah adanya getaran yang tidak wajar. Penyakit pada Avanza ini sering terjadi akibat masalah pada sistem transmisi mobil yang bermasalah.

Jadi, ketika kendaraan digunakan maka kendaraan yang digunakan akan memiliki efek getaran seperti mobil merinding atau mesin ngelitik dapat disebabkan juga oleh pengisian bahan bakar sembarangan sehingga terjadi perbedaan kompresi yang menyebabkan perbedaan timing pada pengapian mobil.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menyesuaikan bahan bakar yang tepat sesuai dengan sistem kompresi mobil ataupun pengecekan pada transmisi mobil. Nah, berapa biaya yang diperlukan untuk perbaikan hal ini?

Ya, untuk estimasi perbaikan atas masalah ini biasanya dapat disesuaikan dengan biaya servis rutin mobil Avanza atau bisa menjadi lebih mahal tergantung kondisi kendaraan.

Sulit Memindahkan Transmisi

Ciri Avanza matik mengalami masalah yang selanjutnya adalah sulit dalam memindahkan transmisi mobil. Transmisi yang sulit dipindahkan juga merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada mobil Avanza, loh.

Masalah ini dapat diakibatkan adanya kendala pada switch dari sistem transmisi otomatis kendaraan sehingga menjadi tersangkut dan sulit dipindahkan, salah satunya pada mode parking.

Biasanya, masalah ini juga sering diikuti dengan tuas gigi yang tidak mengikuti perpindahan tuas. Pada kondisi ini, kamu dapat memeriksa gearbox mobil yang dapat disebabkan oleh kabel yang mengelupas atau bahkan putus sehingga gigi tidak mengikuti tuas transmisi.

Ciri Avanza Matik Mengalami Masalah
Ciri Avanza Matik Mengalami Masalah (Sumber Gambar: Google)

Jika mengalami masalah ini, sebaiknya kalian memanggil mekanik kepercayaan untuk memeriksa switch rem dan menganalisa transmisi kendaraan apakah harus di-overhaul atau tidak.

Pada kondisi ini juga perlu diperiksa masalah sekring pada fuse box di ruang mesin, jika mengalami putus maka harus diganti dengan ukuran yang sesuai.

Pemeriksaan menyeluruh sangat diperlukan untuk mengatasi masalah ini. Namun, tentu saja karena ini masalah yang cukup serius kalian juga perlu mempersiapkan biaya perbaikan Rp2 juta hingga Rp3 juta jika harus di-overhaul.

Tidak Dapat Mundur

Ciri Avanza matik mengalami masalah adalah mobil tidak dapat mundur. Ya, siapa sangka jika masalah salah satu mobil Avanza matik dapat mundur. Kenapa hal ini dapat terjadi?

Jadi, masalah ini biasanya disebabkan oleh sistem mekanik transmisi otomatis yang harus segera diperiksa agar tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan berkendara, khususnya ketika parkir.

Untuk memperbaiki permasalahan ini, biasanya mekanik memperhatikan perbaikan pada seal piston untuk gigi mundur dan kampas kopling yang harus di-overhaul. Jika Avanza matic Anda sama sekali tidak dapat mundur juga dapat disebabkan oleh rumah kopling yang pecah atau kerusakan pada pompa oli untuk gigi mundur.

Bagi Anda yang mengalami masalah ini sebaiknya segera periksakan mobil secara menyeluruh agar kondisi mobil tidak semakin parah dan merembet ke bagian-bagian lainnya.

Sedangkan untuk estimasi biaya perbaikan transmisi matic yang tidak bisa mundur ini dapat berkisar antara Rp4,5 juta hingga Rp8,5 juta tergantung tingkat parahnya kondisi yang dialami.

Ciri Avanza Matik Mengalami Masalah
Ciri Avanza Matik Mengalami Masalah (Sumber Gambar: Google)

Kaki-kaki Lemah

Ciri Avanza matik mengalami masalah yang terakhir adalah kaki kaki mobil lemah terutama jika dalam kecepatan yang tinggi. Nah, perlu diketahui masalah ini malah sering muncul pada mobil matik avanza generasi terbaru.

Dimana suspensi yang mudah lemah sehingga membuat mobil menjadi limbung pada kecepatan tinggi yang dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Selain itu, suara decit atau yang sering disebut rattling pada suspensi juga sering terdengar sehingga menjadi suara yang cukup menyebalkan dan mengganggu kenyamanan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Terbaik Dalam Menghilangkan Debu!

Maka apabila Anda mengalami masalah rattling tersebut dapat dilakukan perbaikan pada bagian suspensi agar dapat menambah kenyamanan saat berkendara.

Namun, meskipun kaki-kaki pada bagian suspensi Avanza matic dapat cenderung lemah, kalian tetap harus ingat bahwa mobil ini merupakan kendaraan keluarga jadi jangan dibawa terlalu kencang untuk meminimalisir dampak kerusakan pada kaki-kaki mobil.

Yups, itulah ciri avanza matik mengalami masalah. Jika, Anda merasakan hal- hal diatas pada mobil matik Avanza yang Anda miliki, maka segera bawa ke bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya.