Skip to content

Ciri- Ciri Aki Mobil Lemah & Cara Mengatasinya

Ciri Aki Mobil Lemah – Ketika aki mobil mengalami kerusakan, maka dapat menimbulkan masalah juga pada bagian komponen mobil yang lain. Untuk itu jangan sampai aki mobil lemah atau soak agar tidak mengalami kerusakan dan menimbulkan banyak masalah.

Fungsi aki mobil adalah untuk menyalurkan daya listrik bagi komponen-komponen mobil, seperti lampu-lampu dan starter untuk menyalakan mesin. Namun terkadang, tidak sedikit dari kita yang menyepelekan fungsi aki.

Alhasil, aki mobil lemah atau soak, sehingga membuat komponen mobil tidak bekerja dengan baik. Parahnya lagi, kalau sampai aki mobil lemah membuat kendaraan jadi mogok.

Ciri- Ciri Aki Mobil Lemah

Ada beberapa ciri aki mobil lemah yang perlu Anda ketahui. Sehingga nantinya Anda dapat melakukan pencegahan agar tidak sampai soak dan mengganggu komponen lain. aki mobil lemah menjadi pertanda bahwa tidak ada suplai listrik yang mengalir ke seluruh komponen mesin yang membutuhkan listrik.

Akibatnya, kendaraan akan sulit dinyalakan. Aki mobil bertanggung jawab pada kerja kelistrikan yang ada di mobil sehingga hal ini tidak dapat disepelekan. Lalu apa saja ciri aki mobil lemah? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda. Selamat membaca, ya.

Baca Juga: Tips Aman Berkendara Melewati Jalan Berlubang: Waspada Saat Berkendara!

Mesin Mobil Sulit Dihidupkan

Ciri aki mobil lemah yang paling sering terasa adalah mobil sulit distater. Jadi apabila mesin tidak mampu menyala saat distarter, kemungkinan besar terjadi masalah pada aki mobil. Listrik yang pertama kali teraliri dari aki akan mengarah ke sistem penghidupan mesin.

Bila starter bisa bunyi namun mesin tidak kunjung menyala, itu pertanda bahwa aliran listrik pada aki mulai melemah. Umumnya, mesin mobil tidak bisa dihidupkan terjadi karena guncangan yang merusak cell di dalam aki atau karena umur yang sudah terlalu lama.

Ciri Aki Mobil Lemah
Ciri Aki Mobil Lemah (Sumber Gambar: Google)

Hal itu mungkin terjadi karena air aki berada di bawah batas minimal, sehingga tidak bisa mengalirkan daya listrik. Meski begitu, bukan berarti untuk Anda para pengguna aki mobil kering bisa santai.

Jadi, cek kembali apakah aki yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan. Bila terlalu rendah sudah pasti tidak dapat mendorong mesin untuk menyala. Cara mengatasi aki mobil soak untuk jenis aki basah bisa dengan mengisi kembali air aki sampai ke titik normal. Tunggu beberapa menit, sampai elektrolit pada air aki menyerap di dalam kotak aki.

Klakson Melemah & Lampu Meredup

Ciri aki mobil lemah yang selanjutnya adalah klakson melemah dan lampu mobil meredup. Jadi, suara klakson akan mulai melemah dan akan terdengar brebet. Hal ini terjadi karena Tidak ada aliran listrik yang cukup dari aki ke sistem klakson sehingga suaranya lemah atau tidak kencang.

Selain berpengaruh pada klakson, aki mobil yang lemah juga akan berpengaruh pada lampu mobil. Dimana menyebabkan sinar yang dipancarkan lampu menjadi redup atau kurang terang. Jadi ketika lampu mobil kamu sinarnya redup selain usia lampu yang terlalu tua juga dapat disebabkan oleh aki mobil yang mulai melemah.

Maka dari itu, Anda perlu memeriksanya secara seksama. Suara klakson yang melemah serta lampu yang mulai redup berisiko bagi pengemudi dalam berkendara. Klakson berfungsi juga sebagai pertanda ketika kamu membutuhkan perhatian dari kendaraan lain atau pejalan kaki.

Ciri Aki Mobil Lemah
Ciri Aki Mobil Lemah (Sumber Gambar: Google)

Kurangnya Tegangan Aki

Ciri aki mobil lemah yang selanjutnya adalah kurangan tegangan aki. Jadi, untuk mengetahui apakah aki mobil Anda mengalami tegangan maka Anda dapat melakukan pengetesan. Anda dapat menggunakan alat bernama load tester atau menggunakan cranking.

Nah, ciri-ciri aki mobil bermasalah dapat dikenali dari aliran listriknya. Caranya dengan meletakan load tester atau cranking. Bila hasilnya menunjukan angka di bawah 10 Volt berarti aki tersebut telah soak.

Jadi, normalnya aki mobil keadaan baik berada pada 12,45 Volt (Idle/Mati) dan 13-14 Volt (On/Nyala). Kekurangan maupun kelebihan aki dapat merusak komponen lainnya. Pergunakan aki mobil sesuai kebutuhannya.

Tercium Bau Saat Mesin Dinyalakan

Ciri aki mobil lemah yang selanjutnya adalah akan tercium bau saat mesin dinyalakan. Jadi, aki yang lemah akan mengeluarkan bau. Dimana bau tersebut berasal dari sel-sel di dalam aki mobil lemah yang mulai rusak.

Sehingga saat mesin mobil dinyalakan maka akan menghidupkan dan terlihat seperti air mendidih. Jika Anda sudah menemukan tanda-tanda tersebut, maka itu tandanya Anda harus segera mengganti aki mobil kamu.

Usia Aki Mobil Telah Habis

Ciri aki mobil lemah yang selanjutnya adalah usia aki mobil yang telah habis. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa aki adalah salah satu komponen mobil yang memiliki masa usia pakai. Nah, apabila aki sudah lama digunakan maka lama kelamaan aki akan lemah.

Ciri Aki Mobil Lemah
Ciri Aki Mobil Lemah (Sumber Gambar: Google)

Umumnya, aki mobil memiliki usia pakai sekitar dua tahun. Namun, hal tersebut juga bergantung terhadap bagaimana cara perawatan dan pemakaian kendaraan Anda. Perawatan aki yang baik dapat membantu aki tidak mudah soak.

Seperti diketahui, biaya penggantian aki mobil baru tergolong mahal. Jadi, mengingat harga aki mobil yang terbilang mahal, maka Anda harus pintar-pintar merawatnya. Oh ya, biasanya, saat Anda membeli aki baru, bengkel akan memberikan tanggal pembelian sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan pengecekan tentang usia pakai aki.

Itulah, ciri aki mobil lemah. Meskipun aki mempunyai masa gunanya dengan perawatan yang sesuai dan berkala maka aki mobil dapat mempunyai usia guna yang maksimal. Apabila Anda mengalami ciri- ciri aki mobil lemah diatas maka segera bawa kebengkel.

Baca Juga: Rawan Pencurian Motor: Tips Agar Motor Aman Dari Pencuri

Sebab salah satu hal yang menyebalkan untuk memulai hari ini adalah kendaraan tidak mau menyala akibat aki soak. Hal ini kerap terjadi jika jarang memperhatikan kondisi aki. Nah, jangan sampai hari Anda jadi bad mood karena aki.

Jadi, Mengetahui ciri-ciri aki mobil harus diganti penting agar mobil kamu tidak bermasalah saat sedang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.