Komponen mobil tidak hanya di cek saa melakukan servis berkala. Namun, komponen servis mobil juga harus sering dicek apabila musim hujan datang. Ada beberapa komponen mobil saat musim hujan membutuhkan perawatan yang lebih. Sehingga, tidak akan mengganggu fungsinya.

Saat musim hujan jalanan akan lebih licin atau bahkan tergenang air. Selain itu jarak pandang juga akan terganggu karena hujan turun. Sehingga, Anda harus memastikan bahwa kondisi mobil Anda prima untuk digunakan.

Untuk itu, kita perlu cek komponen mobil saat musim hujan. Pastika bahwa komponen tersebut berfungsi dengan baik. Apa saja komponen mobil yang harus di cek saat musim hujan? Berikut adalah ulasannya untuk Anda mengenai pengecekan komponen mobil saat musim hujan.

Cek Komponen Mobil Saat Musim Hujan

Melakukan cek komponen mobil saat musim hujan sangat diperlukan. Ada beberapa komponen yang harus dipersiapkan untuk berkendara secara aman. Persiapan tersebut adalah dengan memeriksa komponen-komponen penting di mobil yang dibutuhkan ketika menghadapi musim hujan agar dapat digunakan secara optimal.
Nah, berikut ini ada beberapa komponen mobil yang dapat Anda cek saat memasuki musim hujan.

Baca Juga: Apa itu V Belt Mobil? Kenali Fungsi dan Cara Merawatnya

Kondisi Ban Mobil

Dikarenakan ban merupakan komponen yang menyentuh aspal, maka ban mobil menjadi hal yang harus dicek. Ya, cek komponen mobil saat musim hujan harus kita lakukan pada ban mobil.

Tidak hanya memastikn bahwa ban terisi angin yang cukup, namun pastikan juga jika tapak ban dalam kondisi bagus. Perhatikan kembangan pada tapak ban. Bila sudah tipis atau bahkan menghilang, segera ganti ban dengan yang baru.

Sebab, tapak ban yang licin akan membuat laju kendaraan jadi kurang efektif karena tidak mampu mencengkeram jalan dengan baik. Berbahayanya lagi, ban tipis mampu membuat mobil slip terutama ketika berbelok atau mengerem.

Cek Komponen Mobil Saat Musim Hujan
Cek Komponen Mobil Saat Musim Hujan (Sumber Gambar: Google)

Lalu, cek juga tekanan anginnya, apakah sudah sesuai dengan standar pabrikan atau belum. Pastikan bahawa kondisi ban harus dalam keadaan yang baik ketika musim hujan agar tidak terjadi selip yang menyebabkan mobil kehilangan traksi, bahkan bisa melintir.

Kondisi Wiper

Agar tidak meghalangi pandangan saat menyetir di musim hujan, wisper menjadi komponen yang mempunyai peranan penting untuk itu. Wisper sendir berfungsi sebagai penyapu air pada kaca depan mobil. serta kotoran yang mengganggu dari kaca kendaraan dan berdampak pada visualisasi pengendara. Untuk itu, pengecekan wiper wajib dilakukan ketika memasuki musim hujan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa kondisi karet wiper. Apa ciri karet wisper dalam kondisi bagus? Kriteria karet wiper yang baik adalah karet yang mampu menyapu air secara bersih tanpa menimbulkan butiran air. Standarnya, karet wiper hanya perlu diganti setahun sekali, jadi periksa selalu kelenturannya.

Selain wiper, penting juga untuk mengisi air wiper. Air berfungsi sebagai media pembasah kaca sehingga kotoran mudah dibersihkan. Cukup isi tangki dengan air biasa saja. Hindari mencampurkan air dengan sabun karena efeknya akan merusak kondisi karet sehingga lebih cepat mengering dan pecah-pecah.

Cek Komponen Mobil Saat Musim Hujan
Cek Komponen Mobil Saat Musim Hujan (Sumber Gambar: Google)

Pastikan kondisinya selalu bersih agar air yang disemprotkan tidak kotor karena endapan lumpur, lumut, atau kotoran lainnya.Jadi, saat melakukan cek komponen mobil saat hujan jangan lupakan wisper, ya.

Cek Kondisi Rem

Cek komponen mobil saat musim hujan tidak dapat terlepas dari rem. Memastikan Kondisi Rem mobil saat musim hujan datang sangat penting. Sebab kondisi jalan yang licin, Anda butuh rem yang pakem untuk mobil Anda. Lakukan cek pada bagian kampas dan minyak rem.

Cek apakah kampas rem perlu dilakukan penggantian atau tidak. Ada beberapa cara untuk memastikan kondiis kampas mobil Anda. Cara pertama adalah apabila terdengar bunyi decitan dari bagian rem, maka kemungkinan besar kampas rem mobil Anda sudah tipis dan menyebabkan bunyi gesekan antara dua logam.

Cara selanjutnya adalah akan terdeteksi ketika Anda sedang menginjak pedal rem. Dimana, pada saat melakukan pengereman, pijakan pedal rem akan terasa lebih dalam dari sebelumnya apabila kampas rem harus diganti.

Bagian rem selanjutnya yang harus dicek adalah mnyak rem. Pastika ketinggian minyak cukup. Caranya melaului reserviour. Pada reservoir, Anda dapat melihat tinggi atau rendahnya keadaan minyak rem mobil Anda.

Apabila volume minyak rem di bawah garis normal, ada baiknya Anda mengecek kondisi kampas rem Anda, karena kampas rem yang tipis dapat menyebabkan kurangnya minyak rem yang berada di reservoir.
Atau, periksa langsung kampas rem mobil Anda dengan cara melepas bagian roda untuk memastikan ketebalannya.

Memeriksa Kondisi AC

Cek komponen mobil saat musim hujan yang selanjutnya adal AC. Taukah kalian jika saat musim hujan juga akan mengganggu komponen yang ada di dalam mobil? Ya, hal ini disebabkan karena suhu udara di dalam dan di luar kabin berbeda saat hujan.

Akibatnya, kaca jadi mudah berembun sehingga penglihatan terganggu. Satu-satunya cara untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan menyalakan AC. Pastikan kondisi AC menyala dengan kondisi dingin sehingga suhu udara setidaknya sama dan embun tidak muncul.

Memastikan Kondisi Lampu

Cek Komponen Mobil Saat Musim Hujan
Cek Komponen Mobil Saat Musim Hujan (Sumber Gambar: Google)

Cek komponen mobil saat musim hujan yang selanjutnya adalah memastikan kondisi lampu. Seperti yang kita ketahui bahwa lampu tidak hanya berfungsi sebagai penerang jalan, namun juga sarana berkomunikasi antar pengendara.

Banyak orang yang menggunakan lampu hazard ketika kondisi hujan lebat. Sebaiknya hindari hal tersebut karena tanda itu hanya dibutuhkan ketika mobil dalam kendaraan darurat. Sebaiknya nyalakan saja lampu utama bila memang kondisi jalan benar-benar gelap dan membatasi pandangan pengemudi.

Keberadaan lampu pada mobil juga akan membantu visibilitas pengemudi lain ketika kondisi langit sedang gelap. Cek selalu lampu depan, lampu senja, lampu sein, lampu hazard, dan lampu rem. Bila ada yang tidak berfungsi, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Baca Juga: Yuk! Mengenal Komponen Mesin Mobil & Fungsinya

Cek komponen mobil saat musim hujan harus dilakukan terutama untuk komponen diats. Pastika juga bahwa kelistrikan mobil Anda juga bagus. Selain itu sediakan selalu payung di dalm mobil. Sehingga, Anda dapat terbantu keluar dari mobil ketika bertepatan dengan turunnya hujan.

Selai melakukan cek komponen mobil saat hujan, hal yang tidak kalah penting adalah tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan jangan memaksakan berkendara jika situasi cuaca tidak memungkinkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *