Fungsi Carbon Cleaner Mobil, untuk Apa?

Saat ini segala hal tetang otomotif semakin berkembang. Bahkan cara membersihkan mobil pun ikut berkembang. Dimana saat ini ada carbon cleaner mobil, loh. Wah apa ini? Jadi, apabila performa mobil menurun dikarenakan kotoran yang menumpuk di ruang bakar, maka Anda dapat menggunakan carbon cleaner mobil.

Ya, Anda dapat mengatasi masalah kotoran yang menumpuk di ruang bakar hanya di rumah cukup dengan bermodal carbon cleaner mobil. Dengan menggunakan cairan ini, semua kotoran dan kerak yang menumpuk dari sisa pembakaran akan terangkat dengan mudah.

Jadi, carbon cleaner merupakan cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan kerak serta kotoran yang menumpuk dalam ruang bakar kendaraan. Sehingga dapat digunakan untuk menjaga performa mobil selalu dalam yang bersih.

Apabila ruang bakar kotor dan berkerak, dapt membuat performa kendaraan menurun secara keseluruhan sehingga harus segera diatasi dengan menggunakan carbon cleaner ini.

Fungsi dari Carbon Cleaner Mobil

Carbon cleaner mobil biasanya dijual dalam dua bentuk. Yaitu carbon cleaner dengan bentuk busa atau foam dan yang kedua adalah dengan konsep semprot. Cairan semprot dan busa ini dimasukkan ke dalam piston, karburator, atau throttle body untuk menghilangkan kerak-kerak pembakaran karbon.

Mana yang lebih baik? Keduanya memang sama-sama bisa mengatasi karbon dan memiliki fungsi yang sama. Nah, apa saja sih fungsi dari carbon cleaner mobil? Yuk, simak artikel yang satu ini sampai selesai, ya.

Selamat membaca!

Membersihkan Kerak yang Menempel

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa fungsi carbon cleaner mobil yang utama adalah untuk membersihkan kotoran yang menempel pada ruang bahan bakar mesin. Mobil yang sering digunakan biasanya ruang pembakarannya akan menumpuk demo dan karbon sisa pembakaran.

Kotoran ini harus dibersihkan agar performa mesin tetap maksimal. Nah, mengenai hal ini ada beberapa pendapat mengenai jenis carbon cleaner mana yang paling efektif untuk membersihkan kerak yang menempel.

Jadi, banyak orang yang mengatakan bahwa untuk membersihkan klep, silinder, dan piston, lebih baik menggunakan tipe foam. Pembersih karbon dari busa sejauh ini lebih aman dan menyeluruh untuk bagian-bagian tersebut.

Carbon Cleaner Mobil
Carbon Cleaner Mobil (Sumber Gambar: Google)

Lagi pula, pembersih karbon yang cair mengandung lebih banyak zat kimia. Sehingga, hal tersebut dapat merusak beberapa komponen jika digunakan terlalu intens. Namun, untuk bagian karburator, pembersih karbon semprot memang lebih baik.

Karena, ia mampu membersihkan hingga ke sela-sela, sehingga karburator bisa lebih bersih.

Menghilangkan Kandungan Air dalam Ruang Bakar

Fungsi carbon cleaner mobil yang selanjutnya dalah menghilangkan kandungan air dalam ruang bakar. Biasanya, kandungan air bisa masuk ke dalam ruang pembakaran, terutama pada saat melewati genangan atau musim hujan. Masuknya air ke dalam ruang pembakaran bisa membuat kendaraan mengalami konsleting.

Hal ini tentu berbahaya bagi kendaraan. Maka, untuk menghindari hal tersebut, secara rutin bersihkan bagian ruang pembakaran dengan pembersih karbon. Biasanya kondisi ini biasanya terjadi jika kendaraan digunakan untuk berkendara saat musim penghujan.

Air yang masuk ke dalam karburator bisa membuat performa mesin menjadi tidak maksimal sehingga harus dibersihkan.

Meningkatkan Performa Kendaraan

Fungsi carbon cleaner mobil yang terakhir adalah dapat membuat performa kendaraan menjadi lebih optimal. Dapat dikatakan bahwa fungsi ini adalah efek dari ruang mesin yang bersih dari kerak atau kotoran yang membandel.

Ruang bakar yang bersih membuat tarikan mesin menjadi lebih ringan sehingga mobil menjadi lebih bertenaga saat digunakan. Tidak hanya itu, karburator yang bersih juga membuat efisiensi bahan bakar menjadi meningkat.

Carbon Cleaner Mobil
Carbon Cleaner Mobil (Sumber Gambar: Google)

Cara Menggunakan Carbon Cleaner Mobil

Setelah mengetahui fungsi carbon cleaner mobil, lalu bagimana dengan cara penggunaan carbon cleaner? Setelah mengetahui fungsi diatas, rasanya cukup penting untuk membersihkan kendaraan dengan carbon cleaner, bukan?

Nah, untuk waktu peggunaannya sendiri lakukanlah secara berkala. Artinya, sebaiknya memang Anda tidak membersihkannya terus-menerus. Sebab, apabila Anda melakukannya sangat sering maka hal tersebut justru dapat mengikis lapisan di ruang pembakaran dan justru membuat performa mobil menjadi tidak baik.

Sehingga, Anda dapat menggunakan carbon cleaner untuk membersihkan ruang pembakaran dengan menggunakan carbon ceaner setiap kira-kira 3.000 kilometer atau maksimal 20.000 kilometer.

Jika dihitung- hitung pembersihan ruang pembakaran kendaraan dengan menggunakan carbon cleaner ini dapat Anda lakukan sekitar setiap dua tahun sekali.

Nah, selanjutnya adalah bagimana cara untuk menggunakan carbon cleaner mobil yang satu ini? Sebelumnya perlu diingat bahwa, ada beberapa jenis carbon cleaner yang tersedia di pasaran yaitu yang berbentuk semprotan dan ada juga yang berbentuk foam atau busa.

Meski bentuknya berbeda, tetap sama dan mudah. Berikut adalah cara pakai carbon cleaner untuk membersihkan mobil. Langkah yang pertama adalah hidupkan mesin kendaraan kemudian diamkanuntuk di[anskan selama 10 -15 menit dan apabila sudah panas maka Anda dapat mematikan mesin.

Carbon Cleaner Mobil
Carbon Cleaner Mobil (Sumber Gambar: Google)

Lalu, setelah itu Anda dapat membuka ruang filter pada kendaraan dan juga buka busi yang terpasang pada kendaraan. Langkah selanjutnya adalah posisikan semua piston sejajar dengan benar.

Jika sudah, maka Anda dapat menyemprotkan carbon cleaner ke dalam masing-masing lubang busi mobil hingga cairan muncul ke permukaan. Jika sudah, maka diamkan cairan carbon cleaner selama 15 menit untuk membantu merontokkan kerak yang menempel pada ruang pembakaran.

Langkah yang selanjutnya yaitu sedot cairan carbon cleaner di dalam ruang bakar menggunakan pompa hisap hingga benar-benar kering. Yang terakhir adalah pasang kembali busi seperti semula dan hidupkan mesin kendaraan hingga terasa hangat.

Baca Juga: Rekomendasi Merk Sabun Cuci Mobil: Dijamin Mobil Mengkilap

Itulah fungsi dan juga cara menggunakan cairan carbon cleaner mobil. Jadi, mulai sekarang coba cek bagian ruang mesin mobil kalian. Apakah sudah bersih atau belum?

Jika belum maka segera bersihkan. Sehingga performanya tidak akan terganggu. Jadi Carbon cleaner diciptakan memang untuk fokus dalam membersihkan kerak dan kotoran yang menempel pada ruang pembakaran. Jadi, gunakan carbon cleaner, ya.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *