Cara Simple Merawat Car Seat Anak, Berikut 6 langkahnya!

merawat car seat

Keberadaan Car Seat anak memang sangat diperlukan terutama ketika anda mengajak si kecil bepergian menggunakan mobil.

Dengan adanya car seat anak di mobil anda berarti anda turut serta memperhatikan keselamatan buah hati anda dari bahaya yang mengancamnya ketika di dalam kendaraan bersama anda.

Namun ada beberapa hal yang kadang di sepelekan para orang tua yang mempunyai car seat anak, terutama untuk merawat car seat anak tersebut supaya tetap bersih.

Cara simple merawat car seat anak

Karena car seat anak yang kotor akibat remah remah atau sisa makanan anak ketika menggunakan car seat tersebut dapat membuat anak mudah terkena kuman dari sisa sisa makanan tersebut.

Banyak dari para orangtua yang kurang perhatian dalam hal merawat car seat anak yang mereka miliki.

Car seat anak yang tidak dibersihkan dan dirawat dengan baik akan menngakibatkan kotor dan penuh dengan kuman.

Membersihkan car seat merupakan aktivitas wajib dan pastikan dilakukan secara teratur.

Remah-remah makanan, tumpahan minuman, robekan kertas atau mungkin kotoran si kecil bisa membuat car seat jadi sarang bakteri dan kuman.

Kuman yang muncul di car seat anak dapat menyebar dengan mudah di mobil yang tidak sering dibersihkan, terutama jika sering makan di kendaraan atau meninggalkan sampah dan makanan.

Remahan atau sisa makanan anak yang tidak segera dibersihkan tersebut akan menarik semut, kecoa bahkan belatung.

Bisa anda bayangkan jika ada makanan basah yang tumpah di car seat. Jika tidak segera dibersihkan maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Disaat buah hati anda duduk di car seat anak yang kotor, tentu nya bakal mengancam kesehatannya.

Bisa saja tiba tiba anak digigit semut atau hewan lain karena banyak sisa makanan. Belum lagi jamur yang menempel di kulitnya.

Jadi biasakan Anda selalu membersihkan car seat, idealnya setiap habis digunakan.

Memang, cukup rumit membersihkan car seat, Anda pasti akan kesulitan menghapal letak dan bagian-bagian nya yang harus dilepas, dibongkar dan dipasang kembali.

Karena itu luangkan waktu anda yang cukup untuk proses pembersihan car seat lalu bagaimana caranya membersihkan car seat anak yang mudah, simple, baik dan benar? Simak langkah langkahnya berikut ini:

Walau hampir setiap saat digunakan untuk membawa anak saat mengajaknya berkendara, car seat anak pasti jarang dibersihkan.

Jika dibersihkan pun, anda cenderung melakukan pembersihan sederhana, yaitu hanya mengelap bagian luar car seat. Padahal ada cara mudah untuk membersihkannya.

1. Foto Semua Bagian Car Seat

Hal tersebut perlu anda lakukan karena biasanya untuk mengingat kembali bagian bagian dari car seat anak yang tadi sudah kita bersihkan akan cukup sulit disaat anda memasangnya kembali.

Oleh sebab itu sebaiknya sebelum car seat dilepas semua untuk dibersihkan sebaiknya foto dulu dengan smartphone anda.

Dan jika nanti anda lupa posisi merangkai bagian bagian car seat anak anda tersebut anda hanya tinggal melihat foto foto bagian car seat yang tadi sudah anda simpan di smartphone.

2. Lepaskan car seat dari mobil.

Setelah semua bagian car seat anak anda terdokumentasi di smartphone langkah selanjutnya adalah melepas tiap bagiannya dengan hati-hati.

Anda dapat melepaskan tali pengikat car seat dan seat belt dari tempatnya (jok mobil) dan letakkan di atas alas yang telah anda siapkan.

Lalu, balik posisi car seat secara perlahan untuk menghilangkan remah-remah, debu, kotoran, dan makanan yang mungkin terselip.

Bagian sela-sela car seat membutuhkan perhatian ekstra. Gunakan kain dan pembersih lalu bersihkan bagian sela-sela car seat.

3. Sebaiknya mencuci car seat dengan tangan

Pada beberapa jenis car seat anak di buku petunjuk penggunaannya tidak melarang mencuci & merawat car seat anak menggunakan mesin cuci.

Jika anda memiliki car seat yang dapat menggunakan mesin cuci, kamu tinggal melepaskan penutup dan letakkan ke dalam mesin cuci.

Namun, kebanyakan produsen car seat anak melarang penggunaan mesin cuci dan menyarankan untuk mencucinya dengan tangan.

Jika anda memiliki car seat anak yang harus dicuci dengan tangan lakukan merawat car seat tersebut dengan cara memasukkannya ke dalam ember berisi air hangat.

Kemudian larutkan seperempat cangkir baking soda dan seperempat cangkir cuka sebagai larutan pembersihnya.

Sebaiknya anda bersihkan dahulu kotoran yang ada sebelum di masukkan ke ember berisi air hangat.

Gunakan spons untuk menggosok noda yang membandel. Gosok secara perlahan agar bahan car seat tetap awet. Setelah itu keringkan car seat tetapi tidak di bawah matahari langsung.

4. Jangan mencuci menggunakan air yang terlalu panas

Pada bagian sebelumnya jika kamu memiliki car seat yang harus dicuci menggunakan tangan yaitu dengan memasukkan ke dalam bak berisi air hangat. Ingat ya, air hangat.

Karena kebanyakan car seat menggunakan bahan kulit seperti jok mobil atau bahan lain yang tidak tahan panas.

Disarankan bagi anda untuk tidak menggunakan air panas. Car seat pun sebaiknya tidak dicuci menggunakan jasa dry clean.

Karena dry clean adalah proses membersihkan barang dengan uap panas.

Hal tersebut tidak disarankan untuk membersihkan car seat karena alasan yang sama, yaitu bahan car seat akan cepat rusak jika menggunakan suhu panas.

5. Jangan terlalu sering mencuci car seat

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah rentang waktu anda membersihkan car seat anak tersebut.

Sebaiknya car seat dibersihkan setiap kali sebelum atau pun sesudah dipakai, namun hanya sebatas melepaskan car seat dari tempatnya (jok mobil) dan letakkan di atas alas yang telah anda siapkan sebelumnya.

Lalu, posisikan car seat anak secara terbalik untuk menghilangkan remah-remah, debu, kotoran, dan makanan yang mungkin terselip.

Tidak dianjurkan untuk terlalu sering mencucinya dengan air karena dapat merusak permukaan car seat.

Lakukan pencucian car seat setiap 1-2 bulan. Hal lain yang dapat anda lakukan dalam hal merawat car seat anak supaya tidak mudah kotor adalah dengan memasang seat liner.

Seat liner berfungsi untuk menutup sela-sela yang ada di car seat sehingga tidak mudah kemasukan remah-remah, debu, kotoran, dan makanan yang mungkin terselip.

6. Semprot lah dengan cairan antiseptik

Merawat Car Seat
ilustrasi Cairan Antiseptik

Langkah terakhir merawat car seat anak yang dapat anda lakukan supaya car seat anak bersih dan aman saat digunakan adalah dengan menyemprotkan cairan antiseptik.

Setelah anda membersihkan dan merawat car seat baik itu hanya melepas, membalik posisinya, atau mencucinya menggunakan air dengan tangan kemudian semprotkan antiseptik.

“Baca Juga : Tips Menggunakan Car Seat Anak, Perhatikan 3 Hal Penting Berikut

Lakukan penyemprotan cairan antiseptik tersebut ketika car seat anak tersebut telah dipasang sehingga bersih dan aman digunakan anak.

Setelah semua langkah diatas dilakukan kemudian segera pasang dan rangkai kembali car seat anak seperti sediakala atau anda bisa membuka buku petunjuk penggunaan car seat anak tersebut.

Demikian tadi informasi cara merawat car seat anak, semoga informasi tersebut dapat membantu anda yang masih mencari informasi tentang cara merawat car seat anak yang simpel. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.