Syarat & Cara Perpanjang SIM Beda Alamat

Berpindah tempat tinggal sangat mungkin terjadi pada seseorang. Saat memutuskan pindah alamat, akan banyak sekali dokumen yang harus di urus. Salah satunya adalah SIM. Ya, Anda harus menyingkronkan alamat yang terbaru dengan SIM. Anda dapat melakukan sinkronisasi ini pada saat memperpanjang SIM.

Namun, perlu dingat bahwa ada cara dan cara perpanjang SIM beda alamat yang harus diperhatikan. Sehingga, perpanjang SIM Beda alamat dapat dilakukan dengan efektif. Kali ini, kami akan membahas mengenai syarat dan cara perpanjang SIM beda alamat yang penting untuk diketahui.

Untuk aturan mengenai SIM sebagai salah satu izin yang sah mengemudikan kendaraan bermotor tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 106 ayat (5) huruf b.

Lebih sejasnya peraturan tersebut ada dalam dalam UU LLAJ Pasal 288 ayat 2, yang berbunyi: “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dapat menunjukkan Surat Izin Mengemudi yang sah sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (5) huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan dan/atau denda paling banyak Rp 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)”.

Memang untuk denda akan disesuaikan dengan jenis pelanggaran. Untuk itu, jangan sampai melanggarnya, ya. Berikut adalah ulasan lengkapnya mengenai syarat dan ara perpanjang SIM beda alamat.

Syarat Perpanjang SIM Beda Alamat

Peraturan memiliki SIM telah diatur dalam peraturan resmi lalu lintas. Bahkan sangsi juga tertulis dengan jelas. SIM yang telah habis masa berlakukanya harus duilakukan perpanjangan. Sebab ketika ada tilangan dan masa SIM suadah tidak berlaku, maka Anda akan tetap terkena tilang.

Bagi Anda yang masa berlaku SIM- nya akan habis dan alamat domisili berubaha, maka Ada beberapa persyaratan dan cara yang perlu Anda perhatikan. Cara perpanjang SIM beda alamat pun tidaklah sulit, asalkan kalian melengkapi segala berkas yang dibutuhkan. Perpanjang SIM pun kini bisa dilakukan di mana saja, karena layanan SIM sudah online.

Syarat & Cara Perpanjang SIM Beda Alamat
Syarat & Cara Perpanjang SIM Beda Alamat (Sumber Gambar: Google)

Pertama kita akan membahas mengenai syarat untuk perpanjang SIM beda alamat. Apa saja sih, syarat yang harus dipersiapkan sebelum Anda memperpanjang SIM? Adapaun syarat perpanjang SIM beda alamat yang pertama adalah kartu identitas. Kartu identitas disi tidak harus KTP, Anda juga dapat menggunakan paspor. Siapakan dokumen ini dalam bentuk fotokopinya saja.

Syarat selanjutnya adalah dengan membawa SIM lama. Untuk syarat yang satu ini Anda diwajibkan membawa dalam bentuk aslinya. Syarat selanjutnya adalah surat keterangan sehat jasmai. Terakhir adalah siapakan uang untuk biaya perpanjangan.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil Bekas Yang Paling Dicari!

Perlu diperhatikan bahwa biaya perpanjangan berbeda- beda. Dimana disesuaikan dengan jenis SIM yang akan Anda perpanjang. Kira- kira SIM C senilai Rp 75 ribu dan SIM A senilai Rp 80 ribu, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016.

Setelah semua berkas lengkap maka Anda dapat melakukan perpanjangan SIM. Ada dua cara dalam memeprpanjang SIM, yaitu secara online dan offline. Untuk offline Anda dapat mendatangi Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) terdekat, gerai, atau SIM Keliling. Sedangkan untuk online, Anda dapat dengan mengakses http://sim.korlantas.polri.go.id.

Oh ya, Anda dapat langsung menganti alamat domisili yang baru tanpa harus menuggu masa aktif SIM habis. Jadi, ketika Anda sudah meamstikan alamat domisili yang benar maka Anda dapat langsung menggantinya.

Cara Perpanjangan SIM Beda Alamat

Nah, setelah memenuhi semua syarat maka selanjutnya Anda dapat melakukan perpanjangan SIM beda alamat. Caranyanya sangat mudah. Jadi, Anda cukup datang ke Satpas sesuai domisili yang baru. Dimana nanti akan ada pilihan, yaitu hanya mengganti domisili atau sekaligus perpanjang SIM.

Nanti, Anda tinggal menyerahkan semua dokumennya, lalu antri sesuai nomor urut yang Anda peroleh. Seanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran. Setelah itu, Anda juga akan diminta untuk mengambil foto. Lalu, Anda akan diminta menunggu kartu SIM nya dicetak. Ya, dapat dikatakan tidak akan memakan banyak waktu lah dalam perpanjangan SIM beda alamat ini.

Syarat & Cara Perpanjang SIM Beda Alamat
Syarat & Cara Perpanjang SIM Beda Alamat (Sumber Gambar: Google)

Jika Anda ingin menghindari antrean, mengunjungi layanan SIM Keliling jauh lebih disarankan. Apalagi setiap harinya selalu banyak masyarakat yang membutuhkan layanan pembuatan dan perpanjangan SIM. Dengan tersedia tiga opsi, Satpas, Gerai SIM, dan SIM Keliling, kepadatan dan antrean bisa lebih terurai. Pastikan untuk memiliki SIM yang berlaku sebelum mengendarai kendaraan Anda.

Lalu, apakah dapat dilakukan secara online untuk perpanjang SIM Beda alamat? Untuk saat ini layanan online perpanjangan SIM beda alamat hanya dilakukan untuk pembayaran, namun nantinya Anda tetap harus datang ke Satpas untuk mengambil foto.

Caranya juga tidak kalah mudah dan website dapat diakses dengan mudah dan aman. Untuk perpanjang SIM beda alamat pertama Anda tentu harus mengakses websitenya (sudah disebutkan diatas ya alamat websitenya).

Selanjutnya Anda dapat memilih opsi Perpanjangan SIM di dalam kolom isian jenis permohonan. Jika sudah maka Anda dapat mengisi formulir yang diberikan di sana dengan lengkap beserta data permohonan SIM baru.

Syarat & Cara Perpanjang SIM Beda Alamat
Syarat & Cara Perpanjang SIM Beda Alamat (Sumber Gambar: Google)

Nantinya, Anda akan dikirimkan kode verifikasi ke alamat e-mail yang dimasukkan dalam formulir tersebut. Jika sudah menerima kode verifikasi, maka segera masukkan kode verifikasi lalu klik tombol kirim. Langkah selanjutnya adalah, Anda akan diminta kiriminan bukti registrasi ke e-mail untuk dilanjutkan dengan proses pembayaran.

Baca Juga: Tips Touring Naik Motor Sport Tidak Cepat Pegal

Untuk pembayarannya sendiri dapat dilakukan melalui ATM, EDC, atau teller bank yang sudah bekerja sama dengan pihak kepolisian. Anda dapat mendatangi salah satu lokasi Satpas/Gerai/SIM Keliling terdekat untuk menyerahkan seluruh dokumen persyaratan (SIM dan KTP elektronik asli serta fotokopi, bukti pembayaran, bukti registrasi) ke petugas. Nantinya Anda hanya tinggal mengambil foto dan SIM segera dicetak. Tidak perlu lagi melakukan pembayaran.

Ya, itulah cara perpanjang SIM beda alamat. Bukankah sangat mudah dan tidak memerlukan banyak waktu?

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.