Skip to content

6 Cara Merawat Motor Matic Injeksi Dengan Mudah dan Lebih Gesit!

Semakin bertambahnya usia penggunaan suatu kendaraan, maka akan semakin menurun juga performanya. Hal itu juga berlaku bai motor injeksi. Sehingga mau tidak mau merawat motor matic injeksi harus di lakukan sejak awal pembelian.

Sama dengan yang lainnya, merawat motor matic injeksi juga bertujuan agar motor tetap lincah meskipun sudah lama digunakan. Merawat motor matic injeksi dilakuakn untuk mecegah kerusakan yang terlanjur parah.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai cara merawat motor matic injeksi dengan mudah dan menjaga motor agar tetap lincah. Yuk, simak sampai selesai ya ulsan yang satu ini.

Cara Merawat Motor Injeksi

Cara merawat motor saat ini sudah menjadi wawasan yang wajib dipahami semua kalangan. Apalagi mengingat saat ini motor sudah termasuk dalam kebutuhan primer, bukan kebutuhan sekunder lagi. Alasannya karena ia memiliki nilai guna dan sangat dibutuhkan hampir semua kalangan.

Hal ini termasuk mengetahui mengenai cara merawat motor matic injeksi. Mengingat, banyak masyarakat yang memilih motor jenis ini karena kemudahan dalam mengendarainya. Selain itu, motor matic injeksi ini dipilih untuk membantu mempermudah aktivitas sehari- hari.

Nah, tentu saja mencegahnya agar tidak terjadi masalah sangat penting dilakukan sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari- hari. Bagi Anda yang belum mengetahui cara merawat motor matic injeksi, berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Jadi, berikut adalah cara dalam merawat motor matic injeksi agar motor tetap gesit. Selamat membaca!

Mengganti Oli Secara Berkala

Cara yang paling dasar atau yang tidak boleh terewatkan dalam merawat motor matic injeksi adalah mengganti oli secara berkala. Mengganti oli motor Motor Matic Injeksi secara berkala menjadi salah satu cara agar motor kalian tetap dalam kondisi prima dan awet.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi
Cara Merawat Motor Matic Injeksi (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, penggantian oli ini juga mencegah kondisi mesin motor mengalami overheat yang dapat menyebabkan komponen mesin motor rusak serta membuat pemakaian bahan bakar jadi boros.

Baca Juga: Jenis Air Radiator Mobil: Yuk Kenali Setiap Kekurangan & Kelebihannya!

Jadi, maksimal setiap telah menempuh jarak 5000 km Anda harus mengganti oli, dan setiap 1000 km Anda harus mengganti oli mesin. Nmaun, apabila Anda sudah merasa mesin berbunyi lebih kasar dari biasanya, Anda dapat mengganti olinya sebelum sampai ke kilometer yang dianjurkan.

Oh ya, pastikan juga kalian menggunakan oli matic yang berkualitas untuk membuat motor kalian awet.

Memanaskan Mesin di Pagi Hari

Cara merawat motor matic injeksi yang selanjutnya terasuk perawatan yang paling murah. Sebab Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Ya, jangan lupa untuk memnaskan esin di pag hari atau setidaknya sebelum Anda gunakan.

Perlu diketahui bahwa mengendarai motor yang belum di panasi sama aja dengan membunuh motor Anda secara perlahan. Tujuan dari hal ini adalah agar oli bisa mencapai suhu optimal saat melumasi seluruh bagian mesin, sehingga komponen baja yang ada didalamnya dapat bekerja lebih optimal.

Kalian hanya butuh waktu sekitar 5-10 menit saja untuk melakukan hal ini. Selain itu perlu diperhatikan untuk tidak memanasi motormu dengan electric starter ya. Pakai kick starter untuk memanasinya di awal hari.

Jadi, luangkan waktu di pagi hari, hanya beberapa menit untuk memnaskan motor sebelum digunakan.

Merawatan Aki & Busi

Merawat motor matic injeksi yang selanjutnya adalah dengan cara merawat aki dan juga busi motor. Usahakan jangan sampai aki mengalami soak. Jadi, agar motor matic awet maka kontrol kondisi aki dan businya. Jika kondisi aki dan busi sudah tidak mumpuni lagi untuk digunakan, belikan sparepart yang sesuai standar dari motormu.

Selain itu, untuk mencegah aki soak maka jangan sampai menggunakan aksesoris berlebihan. Nah, biasanya ini sering terjadi pada yang menyukai modifikasi. Perhatikan ketika akan memodifikasi, jangan asalah memodifikasi, ya.

Penyebab aki soak yang lainnya seperti air aki kurang, hingga usia dari aki. Maka dari itu, pengecekan aki pada Motor Matic Injeksi memang sangat dianjurkan, agar nantinya sistem kelistrikan pada motor kalian bisa bekerja optimal.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi
Cara Merawat Motor Matic Injeksi (Sumber Gambar: Google)

Mengecek Kondisi Vanbelt dan Roller

Melakukan cek pada Vanbelt dan Roller juga merupakan salah satu cara merawat motor matic injeksi. Bagian ini fungsinya sama dengan rantai yang terdapat pada motor manual atau pada motor sport, yakni untuk pengantar daya yang berasal dari dalam mesin.

Perlu diketahui bahwa Vanbelt maupun Roller merupakan bagian yang rentan terkena kotoran, sehingga Anda harus melakukan pengecekan rutin. Jika terdapat bunyi dari bagian ini maka gantilah dengan van belt dan roller yang baru.

Motor Matic Injeksi ini menggunakan Vanbelt untuk menggabungkan mesin dan roda. Dimana Vanbelt ini terbuat dari bahan karet yang sewaktu-waktu bisa putus. Perlu kalian ketahui, jika masa pakai Vanbelt ini sekitar 20.000 sampai 25.000 KM.

Jadi jika kalian rasa sepeda motor kalian sudah melakukan perjalan jauh, sudah saatnya ganti Vanbelt tersebut. Selain itu juga periksa kondisi roller yang jadi satu dengan vanbelt. Penting diketahui jika Anda akan melakukan perjalanan jauh maka pastikanlah jika kedua bagian ini berfungsi dengan baik.

Sebab bila kedua bagian ini tidak diperiksa, bisa saja motor Anda akan mengalami gangguan di tengah jalan. Ini akan lebih menyulitkan jika bengkel jauh dari lokasi Anda.

Bijak Dalam Mengendarai

Tips selanjutnya dalam merawat motor matic injeksi adalah dengan cara bijak dalam mengendarainya. Pertama, jangan gunakan motor untuk ugal- ugalan. Ketika Anda sedang mengendarai motor, lakukanlah dengan cara yang sewajarnya agar motor tetap awet dan berumur panjang.

Alangkah baiknya jangan sering menggunakan motor dengan kecepatan di atas rata-rata. Jangan pula sering melakukan pengereman mendadak.

Selain itu, perhatikan juga beban yang di bawa oleh motor. Jika beban yang diangkut terlalu berat, maka bisa menyebabkan shockbreaker rusak dan membuat mesin motor bekerja extra. Maka dari itu, dianjurkan kalian tidak menggunakan Motor Matic Injeksi membawa beban berlebihan, apalagi motor tipe ini menggunakan shockbreaker tunggal disamping.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi
Cara Merawat Motor Matic Injeksi (Sumber Gambar: Google)

Lakukan Service Secara Rutin

Cara merawat motor matic injeksi yang terakhir agar awet adalah dengan melakukan servis secara rutin. Jadi, agara motor matic dapat dapat berjalan secara optimal dan menemani aktifitas dengan lancar, maka melakukan perawatan rutin sangat direkomendasikan.

Dengan melakukan pengecekan berkala saja, namun juga bisa mengetahui kondisi bagian motor, dan tahu apakah ada yang mengalami kerusakan apa tidak.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Dashboard Mobil! Yuk Cek Apa Saja Yang Harus Dilakukan

Ya, itulah cara merawat motor matic injeksi yang dapat Anda lakukan agar tetap awet dan juga motor tetap lincah. Jadi, luangkan wkatu yuk untuk merawat motor Anda. Sehingga performanya tetap maksimal.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *