Cara Merawat Cat Doff Motor agar Awet

Cara Merawat Cat Doff Motor – Saat ini tidak hanya model motor yang beragam, namun juga banyak sekali warna sepeda motor yang tersedia. Nah, saat ini warna yang sedang booming adalah warna doff.

Dimana warna doff ini menimbulkan kesan elegan pada sepeda motor. Maka tidak heran jika saat ini setiap produsen motor pasti mengeluarkan motor terbaru dengan warna ini. Sebab, banyak sekali yang menggemari wara doff ini.

Namun, bagi Anda yang ingin memiliki atau bahKAn sudah memiliki motor dengan warna ini, maka Anda harus memperhatikan betul cara merawat cat doff motor. Sebab, cara merawat cat doof motor ini tidak dapat sembarangan, loh.

Sebab, jika salah cara merawat cat doff motor maka dapat menimbulkan bercak- bercak putih. Apalagi jika bercak putih sudah muncul, lama-kelamaan cat bisa pudar dan jadi belang-belang.

Cara Merawat Cat Doff Motor

Motor bercat doff memang terlihat lebih garang dan sporty, namun perawatannya sedikit lebih ribet dibanding dengan motor bercat glossy atau kinclong. Selain itu perawatan pada motor yang menggunakan cat doff tentunya berbeda dengan cat glossy.

Cara Merawat Cat Doff Motor
Cara Merawat Cat Doff Motor (Sumber Gambar: Google)

Dimana, bodi motor yang menggunakan cat doff akan lebih kusam dan memudar apabila tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi pemilik motor untuk tahu bagaimana cara merawat motor dengan cat doff.

Artikel kali ini akan membahas secara lengkap mengenai cara merawat cat doff motor yang benar. Jadi, baca lengkap ya dan selamat membaca.

Menggunakan Sabun Cuci Khusus Motor

Cara merawat cat doff motor yang paling harus diperhatikan adalah penggunaan sabun ketika mencuci motor. Dimana, sangat disarankan untuk menggunakan sabun cuci khusus motor.

Perlu diketahui bahwa berbeda dengan cat glossy, cat doff biasanya tidak dilapisi pernis. Karena itu cat doff akan lebih mudah memudar dibandingkan glossy. Itulah mengapa disarankan untuk benar- benar menggunakan sabun cuci motor.

Hal ini dikarenakan sabun yang dikhusukan untuk mencuci motor pasti memiliki PH yang netral. Dimana, PH yang netral ini mampu membantu menjaga warna agar tidak cepat kusam. Selain itu, sabun cuci dengan pH netral memiliki bahan khusus yang tidak akan merusak cat motor.

Jadi, jika tidak ingin pusing karena motor terlihat kusam, pastikan Anda menggunakan sabun cuci khusus motor. Jadi apabila motor Anda berwarna doff maka penggunaan sabun cuci harus diperhatikan agar kondisi cat motor tetap prima.

Oh ya, pemilik motor disarankan untuk menghindari penggunaan sabun detergen. Bahan dalam sabun detergen dapat merusak cat bodi motor. Hal ini tentunya dapat membuat penampilan motor lebih kusam dan kurang baik.

Baca Juga: Cegah Kulit Jok Motor Pecah- Pecah: Yuk Simak Tipsnya!

Lebih tepatnya detergen memiliki sifat asam yang bisa membuat cat dua kali lebih cepat memudar dibandingkan motor dengan cat jenis metalik. Karena umumnya, cat doff tidak dilapisi zat vernis, sehingga memang mudah pudar.

Cara Merawat Cat Doff Motor
Cara Merawat Cat Doff Motor (Sumber Gambar: Google)

Menggunakan Carian Poles Water Base

Cara merawat cat doff motor yang selanjutnya adalah menggunakan cairan poles water base. Sekali lagi bahwa warna cat doff motor secara umum akan lebih cepat memudar. Hal ini dikarenakan cat tidak dilapisi dengan pernis.

Oleh karena itu, perawatan bagi cat motor berwarna doff tidak boleh asal pilih. Pemilik motor disarankan untuk menggunakan bahan poles untuk bodi motor berwarna doff. Nah, untuk Anda yang ingin memoles bodi motor maka pastikan jika bahan poles yang digunakan harus water based.

Sebab water based lebih ramah dan lebih aman terhadap cat doff karena tidak menimbulkan efek glossy. Untuk cara mengetahui apakah cairan poles tersebut water based atau tidak cukup gampang, kok. Jika cairan tersebut tidak terasa licin dan mudah menguap, maka cairan tersebut besar kemungkinan water based.

Penting sekali untuk menghindari bahan poles oil based. Pemilihan bahan poles yang salah dapat membuat cat motor lebih halus, sehingga tidak menunjukkan warna doff.

Mencuci dengan Teknik Yang Benar

Cara merawat cat doff motor yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan teknik mencucinya. Apabila motor dalam keadaan kotor, bersihkan motor menggunakan air bersih. Lakukan penyemprotan dan cuci bersih motor layaknya mencuci motor bercat biasa.

Apabila kotoran yang menempel cukup tebal, gunakan semprotan air bertekanan rendah. Setelah itu, lap motor menggunakan lap microfiber. Perlu diperhatikan bahwa Anda harus menggunakan kain lap berbahan halus ketika mencucui tau mengeringkan motor dengan cat doffa.

Untuk itu Anda dapat menggunakan lap jenis microfiber. Dimana lap bahan ini memiliki permukaan lap yang halus. Sehingga lap ini tik akan menimbulkan baret halus pada permukaan motor.

Cara Merawat Cat Doff Motor
Cara Merawat Cat Doff Motor (Sumber Gambar: Google)

Parkir Ditempat Teduh

Cara merawat cat doff motor yang selanjutnya adalah dengan menghindari paparan sinar matahari secara langsung dan terlalu lama. Jadi, hindarilah parkir di tempat yang terbuka dan lansgung terkena sinar matahari.

Usahakan mencari lokasi parkir di tempat yang tidak langsung tersorot sinar matahari. Terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung akan membuat warna cat bodi sepeda motor cepat kusam.

Bila perlu gunakan cover atau sarung motor untuk melindungi cat bodi motor dari sorotan sinar matahari. Jika harus parkir di bawah pohon, waspadai kemungkinan terkena getah, kejatuhan ranting atau buah serta kotoran hewan.

Baca Juga: Peraturan Ganti Warna Motor: Jangan Sampai Melanggar Peraturan!

Sebab, jika lupa dibersihkan maka bekas kotoran hewan yang menempel akan membuat warna doff juga pudar, loh.

Ada sedikit tips mengenai cara memberishkan kotoran yang menempel pada motor bercat doff. Yaitu apabila ada noda atau bercak di permukaan cat, bisa dibersihkan pakai waterspot remover.

Caranya yaitu semprotkan cairan itu, lap body motor secara perlahan dan sedikit ditekan hingga noda hilang.

Itulah cara merawat cat doff motor yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga warna tetap kinclong. Jangan malas untuk membersihkan motor dan jangan sampai terlalu menuggu sampai terlalu kotor, ya.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *